Tunjukkan Kemampuanmu Yamaha Aerox ! (Kalau Punya)…

 

Yamaha Aerox 2016

 

Suzuki & Yamaha adalah 2 produsen asal Jepang yang jadi pionir skutik mid-end 125cc di Indonesia – Xeon, Skywave, Skydrive, dan Sky-sky lainnya itulah pokoknya. Tapi lucunya, Yang merasakan buah manis dari terobosan ini, Justru adalah Honda, yang merupakan pendatang baru saat itu… Ibarat Suzuki & Yamaha yang naik ke atas pohon untuk memetik buah, Kemudian justru dibawa lari oleh Honda yang cuma menunggu di bawah. Sedih ya ??

Berbagai percobaan telah dilakukan 2 pabrikan pionir ini untuk setidaknya mencuri sedikit pasar yang manis tersebut… Sayang, Tak lama kemudian, Suzuki angkat bendera putih, Menyerah – Meninggalkan Yamaha yang terseok-seok, berkorban harga diri, terus memperjuangkan apa yang mereka awali di kelas ini.

Dan kali ini, Mereka kembali lagi dengan kontender anyarnya, Yamaha Aerox 125 ! Mungkinkah skutik terbaru Yamaha di 2016 ini mampu setidaknya menyaingi kompetitor ? Sudah cukupkah “modal” yang diusungnya ?? Yuk, Sama-sama kita bahas aja deh Brosist. Cekidots !

 

GT125

 

Masih ingat sudah berapa kali percobaan Yamaha menjungkalkan Vario 125 (Sampai sekarang ada versi 150cc nya juga) ?? Yup, Seingat saya sih 2 kali – Xeon RC & GT125 Bumblebee… Yang satu mengandalkan mesin powerfull, dan yang lainnya memanfaatkan desain headlamp ala Chevy Camaro SS yang impresif. Hasilnya ? Keduanya gagal total ! Jangankan untuk menyamai, Total penjualan keduanya pun hanya sekitar 10% sang Vario 1/8 Liter. Maka Yamaha Aerox ini adalah attempt ketiga mereka. Apabila ternyata gagal maning gagal maning son, Maka gelas cantik bergambar dora sudah menunggu sebagai reward.

 

Yamaha Aerox 2016

Yamaha Aerox 2016

 

Balik ke topik semula… Ibarat gado-gado, Yamaha Aerox lebih merupakan kombinasi dari beberapa produk Pabrikan Garputala yang happening di pasaran. Ada instrumen & dashboard ala X-Ride, serta buritan belakang yang terinspirasi dari New Vixion – Series, yang kemudian dipadu bersama mesin 125cc ala Xeon RC – GT125. Desainnya sendiri nampak sporty, Yang mungkin juga alasan mengapa skutik terbaru Yamaha ini disebut “Sport Matic”.

Dilihat dari spesifikasinya (Thanks untuk bocoran brosur), Mesin ini mampu memuntahkan power sebesar 11,2 HP. Dan yang bikin saya pura-pura bingung, Ternyata belum Blue Core euy… Hmmm, Tapi not bad lah, Mengingat powernya juga masih sedikit diatas Vario 125 eSP. Hanya saja, Yang satu ini agak EA’s Blog sayangkan… Karena tentunya kita lebih berharap mesin 150cc VVA ala NMAX yang ada di sektor dapur pacunya. SOHC 4-Valve + VVA dalam produk mid-end ? Wuih, Dijamin galau deh para matic-ers…

 

Dan jangankan lupakan juga soal fitur terbarunya seperti Lampu LED, Lampu sein terpisah, Ban belakang ukuran 100/70, Setang kemudi luas, dan lain sebagainya… Sayang, Diantara bejubel nya fitur anyar tersebut, Ternyata Yamaha masih saja “bebal” dengan menggunakan Velg CW yang kita tahu sendiri reputasinya… Not bad, Hanya jika Brosist nganggep itu sebagai “Fitur Tambahan“. . . So, Apakah yang disebutkan diatas tadi cukup sebagai modal Yamaha Aerox untuk (setidaknya) menempel Vario 125 eSP ?

 

 

 

Well… Berat mengatakannya, Terlebih bila mengingat effort Yamaha yang tak kenal lelah di kelas ini… Tapi let’s be realistic ! EA’s Blog nggak yakin kalau apa yang diusung Yamaha Aerox bakal mampu menjungkalkan nama besar Vario 125. Bahkan untuk sekedar menyaingi pun sepertinya sulit. Sektor mesin yang harusnya bisa lebih advance, serta Kaki-kaki yang (Oh please Yamaha…) benar-benar harus dirombak, adalah beberapa yang bisa diperhatikan lebih jeli… Euforia laris-manisnya NMAX harusnya bisa jadi acuan untuk skutik Yamaha kedepannya dong yaa… Atau mungkin ini cuma wujud eksistensi mereka aja kali ya di kelas skutik mid-end ? So then, Gelas cantik bergambar Dora juga lumayan koq buat ngopi.

 

Yamaha Aerox 2016

 

Baca juga seputar Yamaha yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Yamaha M-Slaz

Ini Minor Fighter, Bukan “Near” Fighter… Yamaha M-Slaz !

 

Yamaha M-Slaz

Yamaha M-Slaz, Minor Fighter versi Masspro !

 

New Vixion Advance

Yamaha MT-15 Saja Takkan Cukup !

 

Motor Konsep Yamaha Tokyo Motor Show 2015

Ini Dia 3 Motor Konsep Unggulan Yamaha di Ajang Tokyo Motor Show 2015 !

 

Sport Honda vs Yamaha

Berkat Kehadiran Sonic, Segmen Sport Honda Saingi Yamaha !

 

Livery 60th Anniversary Yamaha

Fakta Dibalik Livery 60th Anniversary Yamaha !

 

Yamaha XS-1

Yamaha & Motor 4-Tak !

 

YZF R15 Dealer

Yamaha Bukanlah Pecundang…

 

Sport Honda vs Yamaha

Honda & Yamaha Saling “Meniru” !

Iklan

30 comments

  1. Kayaknya ini bakalan lebih laku dibanding matic yamaha yang lain…..image sport matic-nya sangat kuat…boleh dibilang ini versi vixion matic….

  2. Serba nanggung sih, kok nggak sekalian vva? mau 125 atau 150 terserah, pokoknya vva! Urusan model memang relatif subyektif, tapi urusan speed & power jelas vva jawara. Kenapa YIMM masih bingung juga?

  3. Klo motor batangan yamaha demen gedein velg (bahkan bebek aja ikut2an gede velgnya..)
    Tapi kenapa klo matic yamaha demennya pake velg cungkring yak..apa biar dikasih ban cacing..wkwkwk

  4. Yg aku bingung motor ninja 250: 60 jutaan
    mobil Lcgc: 100 jutaan
    mobil Lcgc mesin lbih besar lbih bnyk part, body lebih butuh bnyk material..
    masak cuma beda 40 jutaan..
    Ada yg mau jelasin?

  5. kalo gak vva, ane gak jadi minat..
    kyknya cuma buat rame2 aja nih akerox, biar varian di red ocean makin runyam 😀

    mungkin lebih fokus untuk develop turunannya nmax (semoga), buat ditubrukin ke pario150 di harga 20jutaan.. maybe..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s