Apaan Sih : Tipe Motor Custom-Classic Part 5, Rat Style !

 

Rat Style

 

Dalam memodifikasi sepeda motor, Nggak jarang empunya mengeluarkan dana berpuluh bahkan beratus-ratus juta demi motor yang diinginkan… Buat beli apa aja ? Tentu untuk menebus part modifikasi yang berkualitas wahid, ataupun yang sifatnya rare-item, dll. Tapi, Apa jadinya kalau ada genre modifikasi yang justru menggunakan dana yang super-duper minim (bahkan kadang nggak pake modal), mengutamakan part yang sudah berkarat, atau memakai part yang masuk kategori “sampah” lainnya ?? Bloody hell !! Eits, Tapi kenyataannya itu memang ada koq Brosist… Dan juga bakal kita bahas di kesempatan kali ini : Rat Style ! Cekidots…

 

 

Rat Style

 

 

Rat Style

 

Entah “orang aneh” darimana yang pertama kali mencetuskan filosofi modif seperti ini, Tapi yang jelas menurut beberapa sumber, Rat Style ini ternyata ter-influence oleh genre Rat Bike yang secara fisik memang banyak kesamaan. Rat Bike yang berasal dari kata “Rat” yang berarti tikus, adalah Sepeda Motor yang sudah dimakan jaman, penuh karat, kotoran, namun masih tetap dioperasikan layaknya motor sebagaimana mestinya… Layaknya tikus pada umumnya, yang menyukai tempat kotor. Menjadikan styling ini cukup unik, namun juga IMHO terkesan membahayakan.

 

Nah, Rat Style mengusung konsep Modifikasi ala Rat Bike. Artinya ? Bila modifikasi lain membuat finishing dan tampilan motor makin berkualitas, Maka genre custom-classic yang satu ini justru bertujuan untuk menjadikannya beda dari yang lain, tanpa mempedulikan unsur quality, apalagi estetika… Dan pastinya, Me minimalisir budget, Bahkan para pecinta Rat Style sih bilangnya “Mods for No Budget !” alias “Modif tanpa modal !“… Aneh kan ?? Lah wong EA’s Blog aja bingung koq…wkwkwk

 

Tahukah Brosist ??

Rat Style

Genre Rat Style nggak cuma ada di dunia sepeda motor saja… Tapi juga ada di Roda 4 (mobil), Sepeda gowes, bahkan sampai Truk sekalipun !

 

 

 

 

Rat Style

 

Memangnya banyak yang demen genre motor beginian #eh maksudnya Rat Style atau Rat Bike ini ya Kang Eno ?? Ya nggak usah ditanya Brosist… Udah sering banget karya modifikasi bergenre Rat Style yang masuk ke web modifikasi kelas dunia seperti Bike EXIF… Menurut sebuah situs Rat Style yang EA’s Blog baca, Uang yang dimiliki bikers seharusnya lebih layak untuk dibelikan Makanan, Beer, atau Untuk keperluan BBM… Dibandingkan dihabiskan untuk biaya modifikasi semata. Wah, Bagus juga ya idenya ??

 

Rat Style
Ratfighter !

 

Dalam bentuk genre basisnya, Rat Style terbagi menjadi beberapa sub-kategori diantaranya sebagai berikut :

 

Junkdresser : Berasal dari kata “Junk” yang berarti sampah, dan “Dress” yang berupa pakaian… Jenis ini menggunakan sampah atau benda yang sudah tak terpakai sebagai penghiasnya.

Survival : Terinspirasi dari film Mad Max, atau Motor setelah Pasca hancurnya dunia… Biasanya identik dengan Headlamp bulet 2 seperti mata, Spatbor ala Motor Dirt-Bike, GPS, Masker Anti Gas, Radio Tuner, dll. Brosist bayangin aja kondisi motor habis perang yang bikin dunia ini hancur lebur, Nah itu dia maksudnya…

Ratchoppers : Genre Chopper yang bertema Rat Style (Chopper bakal kita bahas di edisi selanjutnya), Kebalikan dari genre Chopper yang penuh chrome blink-blink, dan part custom yang serba mahal.

Ratfighters : Persis seperti Ratchoppers, yang satu ini adalah Streetfighter yang bertema Rat Style… Kebalikam dari genre Streetfighter dengan desain aduhai, plus Part yang serba eksotik, dan mahal.

Rat Look : Menggunakan motor modern serta Part yang lebih baik (lebih mahal), namun dibuat seakan-akan bergaya Rat Style… Contohnya Cat berwarna coklat untuk menggambarkan visual seakan berkarat, dan sebagainya…

Ratscooter : Nah ini nih yang sering banget kita lihat contohnya di tanah air… Berupa skuter/skutik yang disulap jadi Rat Style, Contohnya : Komunitas Vespa (maaf) “Gembel”  Indonesia.

 

Rat Style
Rat Look

 

Nah, Dalam perbandingannya dengan genre Custom-Classic lainnya semisal Cafe Racer, Tracker, Scrambler, ataupun Bratstyle… Jelas nggak ada yang mampu menyamai identitas / ciri khas dari Rat Style, Yakni :

 

– Penuh karat, Rembesan Oli, dll

– Dihiasi dengan part “sampah” atau benda yang sudah tak terpakai lagi

– Ya pokoknya nyentrik deh ah ! Pasti pada bisa ngebedain deh… wkwkwk

 

 

Mungkin Rat Style ini slah satu yang membuat kita berfikir tentang pepatah jaman dulu yang berbunyi : “Kepala sama berbulu, Pendapat berlain-lain“, yang artinya Setiap orang punya pendapatnya masing-masing… Mungkin bagi orang yang kontra, Melihatnya bagaikan tumpukan sampah berjalan, Buat apaan sih ?? Tapi bagi orang yang memang pro, Mungkin ini sebuah ide dan filosofi modifikasi yang mereka suka… Masing-masing bebas berpendapat koq ! Yang penting tetap safety, dan nggak membahayakan orang lain… Setuju ??

Nah, Kita bertemu di genre Custom-Classic selanjutnya yaa Brosist… Tentang apa ya untuk edisi berikutnya ?? Yuk ah, Coba diisi di kolom komentar, Apa lagi yang ingin diketahui oleh Brosist sekalian…

 

Rat Style
Vespa Gembel : Masuk Kategori Rat Style !

 

 

Baca juga soal genre motor yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Brat Style

Tipe Motor Custom-Classic Part 4, Brat Style !

 

Motor Scrambler

Tipe Motor Custom-Classic Part 3, Scrambler !

 

Honda FTR250 Tracker

Tipe Motor Custom-Classic Part 2, Tracker !

 

Tribsa Cafe Racer

Tipe Motor Custom-Classic Part 1, Cafe Racer !

 

YZF R1 2015 Main

Jenis Sepeda Motor Sport Bike, Era Perang Teknologi !

 

CB650F

Jenis Sepeda Motor Naked-Bike & Streetfighter, Lahirnya Sepeda Motor Modern !

 

KTM 1290 Super Adventure 6

 Jenis Sepeda Motor Adventure Bike ?

 

FJR 1300

 Jenis Sepeda Motor Sport Tourer, Perpaduan 2 Jenis Motor Legendaris !

 

Goldwing 1800

Jenis Sepeda Motor Tourer Bike, Saat Jarak Tak Lagi Berarti !!

 

CRF

Jenis Sepeda Motor Dual Sport, Sang Pemilik Kepribadian Ganda !

 

Skuter 1

Jenis Sepeda Motor Skuter & Skutik, Sang Fenomena yang Tak Terbendung !

 

Cruiser Main

Jenis Sepeda Motor Cruiser Bikes, Original Style ala Amerika !

21 comments

  1. Siang bro eno, mau konfirmasi aja ni, di olx ada yang jual cbr fi 2015 harganya mencurigakan, dan sepertinya pasang bro eno, apa bro eno beneran yang pasang iklannya atau oknum? Bisa cek di olx untuk cbr fi 2015. Sekian trims.

  2. pernah baca dulu…..rat bike berasal dari biker nomaden amrik, ( banyak diantaranya veteran perang). karena nomaden itulah mereka bawa benda2 kenangan di motor mereka, sehingga lama2 numpuk katak sampah. jadi bukan asal bawa rombengan, tapi memang benda yg punya kenangan buat mereka.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s