Devil Motorcycles, Pabrikan Roda 2 Berlogo Iblis Merah !

 

Devil Motorcycle

 

Oke, Koleksi Daftar pabrikan motor jadul ala EA’s Blog yang unik, menggelitik, dan pastinya menarik (menurut saya sih) terus berlanjut… Setelah sebelumnya kita bahas soal Lucifer & Satan, Nah rasanya nggak lengkap kalau kita nggak membahas saudara dekatnya, Devil ! Eits, Bukan tentang kisah misteri koq… Tapi tentang sebuah pabrikan sepeda motor yang namanya beneranDEVIL“. Bahkan, Kalau dibanding dengan 2 saudaranya yang notabene (namanya) merupakan sesama penghuni kegelapan, Produsen yang satu ini benar-benar blak-blakan dengan menggunakan logo perusahaan berupa Iblis Tulen berwarna Merah (Sengaja saya nggak pakai sebutan “Setan Merah“, Takut disangka ada hubungannya dengan M.U, wkwkwk) ! Nah lho, Pada penasaran kan ?? Yuk, Langsung aja kita bahas bareng-bareng Brosist… Cekidots !

 

Devil Motorcycle

 

Devil Motorcycles, Adalah sebuah brand sepeda motor yang pertama kali diperkenalkan tahun 1953 silam di Fiorano al Serio, Bergamo, Sebuah distrik kecil di utara Italia. Perusahaan yang menaunginya adalah OCMA, Pemain ulung di Industri Logam bahkan sejak Perang Dunia II belum dimulai. Sebelum berkecimpung di dunia sepeda motor di tahun 1953, OCMA terlebih dahulu dikenal sebagai penghasil sparepart metal-casting yang berkualitas tinggi, Lantaran produk mobil Fiat menggunakannya (dan saat itu Fiat adalah salah satu produsen roda 4 terbaik soal Kualitas)… Entah apa yang melatar belakangi OCMA mengusung Nama Devil untuk divisi Roda 2 nya, plus Logo yang rada menakutkan tersebut… Tapi yang jelas sih bukan karena Red Devils a.k.a Manchester United loh yaa, wkwkwk…

 

Devil Motorcycle
Devil Motorcycle 160 cc 2-Tak

Devil Motorcycle Devil Motorcycle

 

Dalam perkembangannya, Devil mendevelop beberapa motor berkubikasi mungil dengan tipe Sport & Luxury-Sport… Ada yang bermesin 50 & 160 cc 2-Tak, serta produk 125 & 180 cc bertipe 4-Tak. Perlu diakui, Motor-motor buatan Devil saat itu punya desain yang brilian ! Bahkan kalau kita bandingkan dengan 2 pabrikan lain yang bernama nyeleneh, Produsen berlogo Iblis Merah ini tampil sebagai yang terbaik. Salah satu produknya yang fenomenal, ngehits, dan sempat booming dipasaran adalah Devil 160 cc 2-Tak yang dibekali 5-Speed Gearbox, Plus punya muntahan power hingga 15 HP @ 7.800 RPM & Top speed hingga 130 Km/h !

Cukup sukses dipasar domestik, Devil mencoba peruntungan dengan memasuki pasar Dual-Sport & Mopeds dengan basis produk yang sudah ada sebelumnya… Nggak cuma itu saja, Bahkan mereka juga pernah membuat Motor Roda 3 berkubikasi 250cc, Layaknya Motor niaga yang beredar di era modern ini ! Devil hanya mengganti beberapa part (Velg, Suspensi, Ban, serta Rangka motor Roda 3) untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal tersebut, Menjadikan mereka sebagai salah satu pabrikan pertama yang menerapkan strategi “Derivatif” di Dunia Roda 2… Brilian ! Apalagi yang roda 3 nya, Biasanya sih di tahun segitu kalau bicara roda 3 pasti rujukannya ke Sidecar

 

Devil Motorcycle
Salah Satu Poster Pamflet Devil Motorcycles tahun 1954

Devil Motorcycle

 

Setelah 3-4 tahun mengalami pasang surut penjualan, Akhirnya Musim keemasan mereka harus berakhir di tahun 1957 silam. Lahirnya motor-motor asal Jepang, plus gempuran motor berkubikasi mungil dari penghuni benua Eropa lain, menjadi mimpi buruk bagi Devil – Karena semua produk yang disebutkan tadi berada di kelas yang sama, Motor Berkubikasi mungil… Di tahun 1957, Akhirnya mereka terpaksa gulung tikar, lantaran produknya makin sulit diserap pasar.

Puncaknya, di bulan September 1957, Devil terpaksa menarik kembali sekitar 2.000 produknya yang akan disistribusi – demi mencegah kerugian yang lebih besar. Motor-motor tersebut berada di Gudang Devil di Bergamo, Italia… Salah satu perusahaan bernama Rumi, memanfaatkan keadaan ini (nyari kesempatan dalam kesempitan gitu deh Brosist) dengan membeli seluruh stok Devil 50, 125, 75 & 180 Sport, Luxury-Sport & Dual-Purpose dengan harga yang sangat murah. Motor-motor tadi kemudian dilabel ulang dengan nama Rumi, menanggalkan logo Iblis Merah yang ada di tangkinya. Uniknya, Motor yang sudah dibranding ulang oleh Rumi tersebut, Dijual ke Argentina & Negara Amerika Latin lain, dan ludes hanya dalam waktu 2 bulan saja ! Definitely Not a wise choice, Devil !!

 

 

 

Well… Lebih beruntung ketimbang 2 pabrikan nyeleneh sebelumnya, Kini Motor-motor buatan Devil Motorcycle masih banyak sliweran dan jadi simpanan para kolektor Italia, bahkan negara Eropa lain… Bahkan, Setiap ada pameran beraroma motor klasik di Italia, Produk Devil tak pernah absen menghiasi deretan motor legendaris… Karena terbukti, Devil Motorcycles bukan hanya sekedar Produk Kontroversial yang memancing reaksi beragam dari pengamat Roda 2, Tapi karena Devil memang punya nilai estetika yang mumpuni ! Kalau saya ingat-ingat, Produk Devil Motorcycles ini mirip-mirip kayak motor yang dipakai di film Captain America : The First Avenger euy… Klasik & Menarik banget modelnya !

 

Nih Dia salah satu Video dari Devil 160cc 2-Tak, Cekidots !

 

 

User HP ? Download Videonya Disini

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Satan 540 Motorcycle

Satan Moto 540, Nasibnya tak Seseram Namanya…

 

Lucifer Motorcycle

Lucifer Motorcycles, Pabrikan Legendaris yang Tanpa Sihir !

 

Tohatsu PA55 1955

Tohatsu Motor, Pabrikan Legendaris Jepang yang Terlupakan !!

 

Jawa 350 GP

Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Anda ??

 

Ariel Logo

Ariel Motors, Tahukah Anda ?

 

BMW

Fakta Sejarah Unik, Tentang Pabrikan Roda 2 !

 

Meguro Motorcycle

Meguro Motorcycle, Pabrikan Legendaris Jepang Yang Terlupakan !!

 

Bridgestone GTO 350 5

Bridgestone GTO 350, Motor Legendaris dari Produsen Ban Ternama !

28 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s