MTT Y2K Turbine Superbike, Motor Jelmaan Pesawat Jet !!

 

MTT Y2K Turbine Superbike

 

Pernahkah Brosist berfikir kalau Kawasaki Ninja H2R Supercharger adalah satu-satunya motor “tergila” di dunia ? Well, Nggak salah juga sih, Mengingat motor ini dibekali mesin Forced-Induction yang punya power menembus 300 HP ! Sebuah angka yang pastinya bakal bikin mental EA’s Blog nge-down, bahkan sebelum menaikinya… Tapi, Itu belum seberapa jika dibandingkan dengan motor yang akan kita bahas dikesempatan kali, MTT Y2K Turbine Superbike ! Eh, Tunggu dulu deh, Maksudnya Turbine Pesawat Jet gitu Kang Eno ?

Yap ! Artikel Historical Bike kita kali ini bakal membahas tentang sebuah motor “gila” bermesin ala Pesawat Jet, MTT Y2K Turbine Superbike… Yang pernah menyandang gelar sebagai Motor (Produksi) tercepat di Dunia ! Plus desiran “nguing-nguing” ala mesin Jet yang bakal bikin bulu kuduk ridernya merinding !! Penasaran ?? Yuk sama-sama kita bahas Brosist… Cekdisot !

 

 

MTT Y2K Turbine Superbike

 

Bukan Honda, Bukan Kawasaki, Apalagi Ducati… Tapi adalah MTT (Marine Turbine Technologies), Sebuah rumah produksi dan daur ulang Mesin Turbin berpengalaman yang bermarkas di Louisiana, Amerika Serikat. Semua berawal saat Ted McIntyre, CEO MTT, Ingin menambah sebuah sepeda motor sebagai salah satu list produknya. Kemudian di tahun 1998, Ia mengutus Christian Travert, Seorang Pebalap & Builder Motor untuk menangani project anyar tersebut, yang kini kita kenal dengan nama MTT Y2K Turbine Superbike !

Sebenarnya sih, Kalau kita bicara Ide untuk membuat sepeda motor bermesin Turbin, MTT Y2K ini jelas bukan yang pertama menggunakannya… Sebelumnya, Cukup banyak motor drag bike custom-build yang menggunakan salah satu tipe mesin pesawat jet ini. Namun, Karena Ted McIntyre berbicara soal “Motor Turbine yang diproduksi Massal“, Nah disitulah letak masalahnya… Kenapa ? Ya, Karena tim dalam project ini harus bisa membuat motor bermesin gila tersebut untuk bisa digunakan di Jalan Raya, Masuk akal untuk dikendarai, dan Bertahan lama. Alias bukan “Sekali pakai buang“, ataupun sebatas “Show Off di Pameran Otomotif”, layaknya motor Drag yang sebelumnya menggunakan mesin ini. Dan pada akhirnya, Di tahun 2000 mereka berhasil menyelesaikan proyek tersebut, dan mulai menjual ke Khalayak Umum…

 

 

Tahukah Brosist ?

MTT Y2K Turbine Streetfighter

Di Tahun 2008, MTT Mengadakan Project baru untuk me “reborn” Y2K terbaru yang dinamai ” MTT Y2K Streetfighter”… Model ini bakal menggunakan genre Naked/Streetfighter, Detail yang jauh lebih mumpuni, plus Mesin baru Rolls-Royce Allison 250-20B yang lebih modern dan bertenaga – serta diklaim mampu memuntahkan tenaga 420 HP & Torsi 680 N.m !! Sayangnya, Motor tersebut hingga kini belum masuk tahap produksi massal, dan baru sebatas tes internal semata…

 

 

 

 

 

MTT Y2K Turbine Superbike MTT Y2K Turbine Superbike MTT Y2K Turbine Superbike

 

Sekarang, Yuk kita bahas detailnya satu persatu… Dari sektor desain, Kelihatannya sih nggak ada yang spesial dari motor ini. Malah, Honda NR750 & Ducati 916 buatan 1 dekade sebelumnya malah keliatan lebih eksotis – dibanding motor ini yang nampak bak Ikan Koi super besar yang klepek-klepek kehabisan air… Iya nggak ?? Eits, Tapi jangan salah, Dibalik bodywork nya yang simple, Ternyata MTT Y2K Turbine Superbike banyak menggunakan detail mengagumkan loh Brosist !

Pertama, Motor ini sudah dibekali dengan unit frame Twinspar Alumunium-Alloy yang jauh lebih kekar (baca : lebih besar) dibanding Superbike lainnya. Tujuannya, untuk menahan & menstabilkan performa Mesin Turbin yang kita kenal sangat mengerikan… Kedua, MTT Y2K Turbine juga sudah dibekali bodywork berbahan Carbon Fiber, Dimana material ini selain sangat kuat, Juga sangat ringan… Dan ketiga, Motor gokil ini juga sudah dibekali layar LCD di bagian dashboard & Kamera kecil di buritan motor. Fungsinya untuk menampilkan kondisi di belakang rider pada Layar LCD, atau sebagai pengganti kaca spion (MTT mengaku ogah menggunakan kaca spion, karena ditakutkan mengganggu aerodinamika & kestabilan – meskipun pada akhirnya sih dipake juga)… Edan nggak tuh Bro-Sist !?

 

MTT Y2K Turbine Superbike

MTT Y2K Turbine SuperbikeMTT Y2K Turbine Superbike Engine 2

 

Beralih ke sektor permesinan, Disinilah excitement bakal kita mulai ! MTT Y2K Turbine Superbike menggunakan mesin turbin Rolls-Royce Allison 250 C-18B yang sebelumnya diketahui digunakan oleh Helikopter Bell 206A. Ya, Mesin Helikopter yang dipasang di Motor ! Mesin yang dipakai di motor ini sebenarnya merupakan mesin bekas, yang didapatkan dari Helikopter yang sudah memasuki batas jam terbang oleh Federasi Penerbangan Amerika.

Berbeda dengan motor bermesin turbin lain yang menggunakan daya dorong mesin turbin sebagai penggeraknya, MTT Y2K Turbine Superbike memberikan pengalaman berbeda. Para engineer MTT menambahkan mesin ini Final-Drive Rantai, plus Transmisi 2 Speed – Automatic (Cruising & Hi-Speed) – sehingga karakter sepeda motor di Y2K tetap terasa. Meskipun aslinya sih lebih mirip pesawat jet berbentuk motor, wkwkwk… Secara penggunaan, Mesin Helikopter ini disarankan menggunakan Bahan Bakar Diesel, ataupun Bio-Diesel dengan kualitas terbaik…

 

 

Tahukah Brosist ?

Bell Helicopter 206A

Helikopter Bell 206A adalah Heli yang pertama kali diperkenalkan tahun 1966. Helikopter ini cukup popular, dan digunakan di banyak Negara, baik sebagai Helikopter Komersil hingga Militer, Termasuk Militer Negara tetangga kita, Thailand… Bell 206A punya kapasitas 1 orang pilot & 5 orang penumpang, dan punya berat kosong 1.057 Kg… Bandingkan dengan berat MTT Y2K Turbine Superbike yang hanya 230 Kg saja.

 

 

 

 

MTT Y2K Turbine Superbike

 

Secara spesifikasi, Mesin MTT Y2K Turbine Superbike ini mampu memuntahkan power hingga 320 HP ! What ?? Beneran tuh Kang Eno ?? Iya beneran koq Brosist, Tapi jangan terkejut dulu sampai mendengar torsinya yang mampu menembus 425 Lb.ft atau 526 N.m ! Alias hampir 4 kali lipat Ninja H2R !! Bloody Hell…! Dan yang perlu diingat, Mesin ini nggak langsung memperlambat lajunya secara signifikan saat throttle gas ditutup. Kenapa ? Karena ini Motor bermesin Jet !

Dan bukan cuma itu saja, Mengingat MTT Y2K Turbine ini menggunakan Mesin Jet, Maka suara desiran dan “teriakan” nya terdengar sangat luar biasa, Lantaran mampu menembus 52.000 RPM ! Alias 2,5 kali lipat lebih gokil dibanding suara “F1-Sound” ala CBR250RR / Ninja ZXR-250 / GSX-R250SP yang hanya mampu menembus 19.250 RPM… Suaranya dijamin bakal bikin orang satu kampung ngelirik semua deh, Karena dikira ada pesawat lagi mendarat, wkwkwk… Detail video suaranya bakal EA’s Blog sertakan di akhir artikel.

 

Tahukah Brosist ?

MTT Y2K Turbine Superbike

Saat memperkenalkan dan menjualnya ke khalayak umum, MTT Y2K Turbine Superbike ini memberikan “garansi” yang sangat unik… Yakni garansi top speed yang mencapai 250 Mph / 402 Km/h (Itupun kalau ada yang mau mencoba) & garansi mesin seumur hidup pemiliknya !! Para reviewer majalah kenamaan dunia kemudian membuat joke nya yang berisi ” Jika motor ini jebol dan membutuhkan mesin baru, Itu berarti pemiliknya juga akan segera berganti, 402 Km/h terdengar mematikan bukan ?”….

 

 

 

 

Nah, Sebagai tambahan… Nih dia Spesifikasi MTT Y2K Tutbine Superbike, Spesial untuk Brosist sekalian. Cekidots !

 

Manufaktur : Marine Turbine Technologies (MTT)

Model : Y2K Turbine Superbike

Tahun Pembuatan : 2000 – 2005

 

Engine : Rolls-Royce Allison 250 C18-B Gas Turbine

Transmisi : 2 Speed – Automatic (Cruising & Hi-Speed)

Starter : Elektrik Starter

Max Power : 320 HP @ 52.000 RPM

Max Torsi : 526 N.m @ 2.000 RPM

 

Jarak Sumbu Roda : 1.803 mm

Tinggi Jok : 800 mm

Berat Kosong : 230 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 34 Liter

 

Frame : Alumunium Alloy Twinspar – Frame

Suspensi Depan : Upside Down Fork 36 mm, Ohlins Fully Adjustable

Suspensi Belakang : Ohlins Monoshock, Alumunium Alloy

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Disc 320mm, Kaliper 6 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 320mm, Kaliper 6 Piston

Ban Depan : 120/60 – 17

Ban Belakang : 200/50 – 17

 

 

 

Well… Meskipun punya segudang kemampuan yang membuat motor ini berada 1 step diatas Superbike “konvensional” lainnya, Tapi sesungguhnya MTT Y2K Turbine juga punya kelemahannya tersendiri. Yang pertama, Motor ini belum mampu membuktikan klaim top speednya yang dikabarkan mampu menembus 250 Mph (402 Km/h)… Sejauh ini, Hasil top speednya hanya mampu tercatat di angka 227 Mph (376,8 Km/h). Kedua, Meski dinobatkan sebagai “Motor Produksi tercepat di Dunia” kala itu,Tapi Y2K ini juga dianugerahkan gelar “Motor Produksi Termahal di Dunia” di waktu yang sama… Motor ini dijual seharga $150.000 alias Rp. 2,1 Milyar alias setara Honda RC213V-S yang baru lahir 14 tahun setelahnya dan jadi motor produksi termahal saat ini !

Selanjutnya, MTT Y2K Turbine ini juga mempunyai konsumsi BBM yang bener-bener edan banget deh Brosist, Yakni 34 Liter untuk 30-45 menit riding doang ! Kalau untuk kelas mesin jet sendiri, Mesin ini cukup irit, Tapi kalau dibandingkan dengan Superbike pada umumnya ? Lebih terlihat seperti Vampir penghisap bensin ya… wkwkwkwk… Tapi meskipun demikian, Motor ini tetaplah layak disebut sebagai motor paling fenomenal di tahun 2000-an, Mengingat keberanian MTT untuk menjejali Turbin Pesawat Jet kedalam sebuah sepeda motor. Sebuah keputusan fenomenal yang sejujurnya pantas kita Apresiasi setinggi-tingginya. Setuju ??

 

Nah, Spesial untuk MTT Y2K Turbine Superbike ini, EA’s Blog bakal mengutip sebuah quotes dari Jay Leno, Aktor & Presenter Kawakan asal Amerika Serikat yang juga punya motor ini di garasi rumahnya…

 

“ It really does scare you half to death, but it’s great fun !”

 

MTT Y2K Turbine Superbike
Jay Leno with MTT Y2K Turbine Superbike

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Lamborghini Motorcycle V12 3

Motor Bermesin Lamborghini V12, Edan Gilaaa !!

 

Z2300 5

Kawasaki Z2300, Kreasi Gila Motor Bermesin V12 – 12 Silinder !!

 

Moto Guzzi Ottocilindri Dustbin

Moto Guzzi V8 “Ottocilindri”, Saat Kegilaan Inovasi menjadi Mahakarya !

 

CBX 1047

Honda CBX1047, Inline 6 Silinder Mahakarya Soichiro Honda !

 

Suzuki Stratosphere

Suzuki Stratosphere, Inline 6 Silinder Aroma Modern !!

 

RC166 Exhaust

Honda RC166, 250cc Inline-Six Paling Gendeng di Dunia !

 

Benelli 750 Sei_BMW R 90 S_Honda CB 750 Four_Kawasaki 750 H2_Norton Commando 750 Roadster_Suzuki GT 750_020.jpg.2118300

Benelli Sei 750, Inline-6 Silinder Taste of Italia

 

Z1300 Show

Kawasaki Z1300, Inline 6 Silinder Kelas Berat !

 

RC149 3

Honda RC149, 125cc Paling Edan di Dunia !

43 comments

  1. Jay leno garage salah satu chanel favorit kalo di youtube. Ada aja orang yang bener2 mendedikasikan diri mengkoleksi otomotif gitu yak.
    Ini motor dipake di film torque, motor kalo lewat jalan raya bikin kaca pecah ingat saya.

  2. apa cuma 2 speed?

    klo kata fbh sport itu harus 6 speed, malu ama bebek 6 speed

    😀 😀

    gila 400 kpj

    yg ngendarain ni motor wajib kucing

    karena kucing nyawa nya 9 😀

  3. pas nyalain mesinnya gak keceskesesngeng 😀
    baru ngedenger suara heli tanpa maling-maling jambu #eh baling-baling maksud teh 😀

  4. Pernah msuk film n motor amp mledug pas dtembak penjahat naek Harley..full throtle kalo gk Salah kang..mana aktorny gk pake helm buseett pisann..haha

  5. Pernah msuk film n motor amp mledug pas dtembak penjahat naek Harley..torque kalo gk Salah kang..mana aktorny gk pake helm buseett pisann..haha serem suarana

  6. coba liat di youtube video tentang y2k.
    katanya yg buat saat ditanya knap pakai mesin helikopter di motor jawabannya simpel tapi kena banget.
    “Because We Can”

  7. kalo punya duitny..gw beli atu lah..
    sebodo amat bensin se tangki cuman 15 menit..
    gendong galon aja diblakang dobel..

    biarin jd alay tar klo tua
    soale mudany kalem..
    hehe

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s