WTH : Mesin V6 1200cc 2-Tak ala Stan Stephen !

 

Stan Stephen Yamaha 1200cc V6

 

Pernah dengar motor bermesin 6 silinder kan ? Kalo Brosist sering pantengin EA’s Blog pasti paham banget deh. Soalnya motor bersilinder tak lazim tadi pernah dikupas tuntas disini, Sebut saja Benelli Sei, Kawasaki Z1300, ataupun Honda CBX, yang semuanya bermesin 4-Tak… Bahkan yang 12 silinder pun ada, Yakni Kawasaki Z2300 karya Allen Milyard. Tapi, apa jadinya kalau mesin 6 silinder tersebut bertipe 2-Tak ? Dan bukan cuma itu aja, Bagaimana kalau kubikasinya 1.200 cc ? What the….!

 

 

Stan Stephen Yamaha 1200cc V6

 

Ya, Bukan bohongan koq Brosist… Baru-baru ini, Seorang tuner mesin 2 Tak legendaris asal Inggris, Stan Stephen, Coba untuk mewujudkan ide yang terdengar gila tersebut. Ia mengkombinasikan beberapa part mesin motor lain, dan sukses menghasilkan dapur pacu 2-Tak, 1.200cc, V6 (6 Silinder) dengan pendingin cairan. Ebused ! Terakhir yang EA’s Blog ketahui sih ada Mesin Inline 5 2-Tak ala “Ilmuwan Gila“, Allen Milyard… Itupun speknya masih “tradisional” dan terasa masuk akal bagi modifikator tanah air sekalipun. Memang ada sih mesin 2-Tak lain yang lebih gokil, Tapi biasanya digunakan untuk Snowmobile, Jetski, ataupun sebatas show off semata.

 

Stan Stephen Yamaha 1200cc V6
Perpaduan 3 Produk Yamaha ini menghasilkan Mesin 1.200cc V6…

 

 

Mesin ini dibuat dengan mengandalkan beberapa part milik Yamaha. Untuk blok silindernya, Stan Stephen menggunakan milik Yamaha RD350LC YPVS yang aslinya bermesin Inline-Twin 2-Tak, Kemudian di bore ulang untuk mendapatkan kubikasi akhir 1.200cc. Sementara itu, 3 Karburator sebagai suplai BBM nya, Dicomot dari Quad-Bike Yamaha Banshee… Dan yang lebih mengejutkan lagi, Builder nyeleneh ini kabarnya juga bakal menjejali mesin tersebut dengan teknologi original ala Pabrikan Garputala, YPVS (Yamaha Powervalve System).

Perpaduan ciamik Blok Silinder + Karburator tersebut kemudian dijejali ke crankcase Yamaha RD500 V4 Engine yang sudah dimodifikasi. Stan Stephen memanfaatkan 2 Blok Orisinalnya, kemudian menggabungkan 1 dan 1/2 bagiannya untuk mendapatkan konfigurasi baru, V6 Engine !! Seperti yang sudah EA’s Blog bahas, Yamaha RD500 (Saudara kembar RZV500R) ini punya keunikan tersendiri, lantaran punya 2 kruk as yang dihubungkan menjadi satu lewat susunan gear-driven… Konfigurasi yang sering disebut U4 Engine (Square Four) ini juga bisa kita lihat di Motor Legendaris lain, Suzuki RG500 Gamma & Ronax 500, Motor 2-Tak spesial ala Nostalgia balap GP 500cc.

 

 

 

Well. . . Dalam perkembangannya, Mesin gokil ini memang belum sepenuhnya rampung menjadi sesosok motor yang utuh… Alias sedang dalam tahap perakitan untuk mencari kombinasi rangka & kelistrikan yang ciamik. Wah, nggak kebayang deh kalau nanti sudah selesai tahap perakitannya. Apalagi Stan Stephen juga dikenal sebagai Builder motor 2-Tak yang legendaris… Nah pertanyaannya, Mesin 2-Tak, 1200cc V6 Liquid-Cooled itu sensasi jambakannya bakal kayak gimana yaa ? Ngeri pisan lah pokoknya, walalupun cuma ngebayangin doang… Tapi, Jadi penasaran euy sama dentuman suara 6 knalpot gemerincingnya nanti, Bisa bikin “eargasm” tuh kayaknya, wkwkwk…

 

Stan Stephen Yamaha 1200cc V6

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Velg Tembus Pandang

Loh, Motor Ini Velgnya Melayang ?

 

Kawasaki Victor S

Minat Motor 2-Tak Legend Kondisi Baru ? Nih Dia !

 

Kawasaki Ninja 80RR

Ini Dia Kawasaki Ninja 80RR, Mungil Nan Ganas !

nsr-rongsokan-3.jpg.jpeg

Honda NSR150 – Series, Nasibmu Disana….

 

RC116 Test

Motor MotoGP Jadul Ini Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda !!

 

Anak Sekolah Pakai Moge 2

Anak Sekolah Bawa Moge ? Gokil Bro !!

 

Rongsokan 2-Tak

 Ini Dia Surganya Para 2-Tak Speed Lovers !!!

 

Cewek Gagal Naik 2-Tak 2

Jangan Biarkan Ladybikers Pemula Geber Motor 2-Tak Sendirian !

 

Road Rash Jailbreak

Road Rash Jailbreak, Game Balap Motor Jadul Tergokil !

23 comments

  1. Hebat yeh orang sana,,total banget ngerjain sesuatu. Hasilnya jadi bisa begitu, detil & rapi.
    Faktor gaya hidup, ekonomi, sosial yg memungkinkan jg sih disana (imo).

    Background mereka apa sih kang?

  2. Dah gak heran budaya bule total 100% gak setengah2.
    Tertib plus rapi pandai merawat barang.
    Gak heran negara yg dijajah jg sama prilaku sehari2 jg sama ma bule.
    Contoh nyata motor 2 tak taon jebot disini malay masih pd kinyis2. Pandai merawat barang. Beda ma jajahan kompeni di indo.

  3. Kaluar jalur ah…Abis nonton moto gp aragon jd hoyong narosken yeuh ka kang eno..aya artikel tentang wearpack awal mula sampe revolusi na kang eno..heheeh

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....