Antara Suzuki, MotoGP & Motor Produksi…

 

Suzuki MotoGP

 

Beberapa hari silam, Saya sempat membaca sebuah artikel di majalah Fast Bikes yang membahas tentang progress Suzuki di MotoGP 2015. Isinya cukup menarik, Karena bukan cuma prestasi Suzuki MotoGP yang…. Ya begitulah keadaannya. Tapi juga sangkut pautnya dengan perkembangan & inovasi motor Pabrikan berlogo S tersebut yang terasa jalan di tempat. Penasaran ? Yuk, sama-sama kita bahas… Cekidots !

 

 

Barry Sheene Suzuki MotoGP

 

Sebelum kita membahas lebih lanjut, Biarkan EA’s Blog “mendongeng” lebih dulu seputar keikutsertaan Suzuki di MotoGP. Sejak dulu, Suzuki selalu menjadi anggota inti papan atas dalam kejuaraan GrandPrix… Jadi jangan ada yang beranggapan kalau Suzuki ini anak bawang di MotoGP loh ya. Mulai dari tahun 60-an bersama mahakarya mereka yang dahsyat Suzuki RK67, Tahun 70-an bersama Barry Sheene + RG500 Gamma GP, Tahun 80-an bersama Marco Lucchinelli-Franco Uncini, Tahun 90-an bareng Kevin Schwantz, hingga awal tahun 2000-an bersama Kenny Roberts Jr.

Namun sejak era GP 2-Tak 500cc beralih menjadi MotoGP (4-Tak), Entah mengapa kiprah Suzuki seperti kurang greget alias biasa-biasa saja. Malah, kalau menurut saya lebih terkesan seperti tim medioker dibanding tim papan triplek #eh atas. Entah Suzuki nya yang memang ketinggalan, atau entah Honda, Yamaha & Ducati nya yang terlalu cepat berkembang…

 

Suzuki Ecstar MotoGP 2015

 

Nah setelah mengundurkan diri tahun 2011 kemarin, Akhirnya tahun 2015 ini Suzuki kembali mencoba peruntungan di kancah MotoGP. Awalnya dimulai dari seri pamungkas GP Valencia 2014 silam, dimana Rider project MotoGP mereka kala itu, Randy de Puniet seakan kesulitan menahan GSX supaya nggak blown engine di tengah race.

Nah, di tahun 2015 ini Suzuki kembali mengikuti MotoGP secara keseluruhan. Dan sejauh ini performa kedua pebalap mereka, Aleix Espargaro & Maverick Vinales sangat impressif…….. Andai balapannya cuma sebatas sesi kualifikasi saja. Ya, Perlu diakui performa Suzuki GSX-RR MotoGP mereka sangat inferior jika dibandingkan dengan 3 Pabrikan papan atas lainnya. Di trek lurus dipecundangi, Tapi juga nggak mampu berkata banyak saat melahap tikungan demi tikungan.

 

Oh mungkin MotoGP cuma sebatas ikut-ikutan doang kali Kang Eno, Mungkin mereka lebih fokus di WSBK atau WSS yang notabene langsung berhubungan dengan motor produksi massal ? Ah, Kata siapa !

Tuh lihat saja kiprah Suzuki di balapan motor produksi massal tersebut. Pebalap mereka berada di posisi 9 & 17 di klasemen sementara (saat artikel ini ditulis). Beda cerita dengan Kawasaki ataupun Aprilia yang memang Inferior di MotoGP (Bahkan Kawasaki sudah lama absen di MotoGP), namun mampu berbicara banyak di ajang WSBK. Bahkan denger-denger sih tim Crescent Suzuki WSBK juga sedang dilanda masalah lho…

 

Suzuki Ecstar MotoGP vs Repsol Honda 2015

 

Nah, Terus apa korelasinya Suzuki MotoGP ke Motor produksi ? Nggak ada kan ? Kecuali kalau mereka mau menggelontorkan segepok uang untuk merekrut Valentino Rossi ke Suzuki, misalnya… Nah, Pasti bakal lain cerita tuh soal magnet & magis “The Doctor” ke penjualan produk.

Dan kalau ngomongin soal Inovasi & Perkembangan Produk Suzuki saat ini, Jawabannya menyedihkan Brosist… Bukan cuma di Indonesia saja lho, Tapi ini juga berlaku untuk Suzuki di belahan dunia lain. Lihat saja, Saudara beda kelas GSX-R1000-GSX-R600 cuma ditambah striping baru, Hayabusa minim Inovasi, Inazuma sampai didiskon di India, Gixxer gaungnya sudah nggak terdengar, Satria F150 tahu sendiri lah sekarang nasibnya… Bahkan, Untuk menulis artikel tentang Suzuki pun saya sampai kekurangan bahan (lebay mode : on).

 

Jika memang suatu saat effort Suzuki di MotoGP bakal berbuah manis, Tentunya saya dan para Fanboy Suzuki di luar sana sangat menunggu kabar baik tersebut. Secepatnya. Tapi kalau tidak ? Apa hubungannya dengan jutaan dollar yang sudah mereka keluarkan untuk mengikuti Ajang Balap kenamaan Dunia tersebut…? Dan satu cerita klasik yang perlu diingat, Saat terakhir Aprilia coba menggelontorkan dana besar-besaran untuk bersaing dengan tim papan atas MotoGP, Motor Produksi mereka langsung jalan di tempat, hingga akhirnya bangkrut sekitar tahun 2004 silam……

 

Baca Juga yang Lainnya ya Brosist. . .

 

 

 

Suzuki Satria F115 Crap

Bagaimana Cara “Menyelamatkan” Suzuki ?

 

250cc Battles

Kisah Lucu dari Persaingan Sportbike 250cc Tanah Air…

 

Ekspektasi vs Realita

Kehidupan Bermotor : Ekspektasi vs Realita !

 

Kualitas Helm China

Edan ! Ini Dia Perbandingan Kualitas Helm Made In Japan vs China !

 

Cebong Streetfire-  R15 Lele

Sebutan Unik Antara Hewan & Sepeda Motor !

 

Mike Hailwood Pudding Basin Helmet

Pebalap MotoGP Jadul Ini Cuma Pakai Helm Catok !!

 

Yamaha FZ400R Rongsokan 8

Disini Disayang Disana Dibuang, Yamaha FZ400R Inline-Four !!

 

RC116 Test

Motor MotoGP Jadul Ini Ternyata Cuma Pakai Rem Sepeda !!

 

Anak Sekolah Pakai Moge 2

Anak Sekolah Bawa Moge ? Gokil Bro !!

 

Rongsokan 2-Tak

 Ini Dia Surganya Para 2-Tak Speed Lovers !!!

 

Cewek Gagal Naik 2-Tak 2

Jangan Biarkan Ladybikers Pemula Geber Motor 2-Tak Sendirian !

 

Piringan Cakram Gear 5

Gear Belakang Dipakai Jadi Piringan Disc Cakram ! Edaaann !!

34 comments

  1. masih tidur inovasinya…wkakaka…padahal suzuki engine nya bandel2 alias kuat…tapi sparepartnya aji gile lumayan drpada merk sebelah sebut aja honda n yamaha..klo kawasaki mah sparepartnya sesuai ada harga ada kualitas…wkakkaka

  2. Jiganamah mereka itu lieur a eno,
    hanas modal jang develop motor” baru di gelontorin ke motoGP eh prestasi dan penjualan gak berkembang 😮
    dan akhirnya mereka sekarang 😥

    NP:SUZUKI.. way of die :v ekekekeke

  3. Itulah bro anehnya suzuki, trutama yg di indo, pdhl pusat R&D utk wilayah asia pasifik skrng indonesia yg pegang, tp entah knp produknya cm stagnan doank, gx motor kecil ato Moge ttp jauh dr yg namanya kemajuan, trutama utk moge jujur ane udh bosen banget liat tampangnya si hayabusa itu, udh belasan taon gitu2 az model gx ngikutin perkembangan jaman, jd wajar az kalo disindir kawasaki

  4. Itulah bro anehnya suzuki, trutama yg di indo, pdhl pusat R&D utk wilayah asia pasifik skrng indonesia yg pegang, tp entah knp produknya cm stagnan doank, gx motor kecil ato Moge ttp jauh dr yg namanya kemajuan, trutama utk moge jujur ane udh bosen banget liat tampangnya si hayabusa itu, udh belasan taon gitu2 az model gx ngikutin perkembangan jaman, jd wajar az kalo disindir kawasaki…

  5. kang eno kalaupun balapannya cum kualifikasi mah suzuki juga tetep wasalam,”pesimis” mungkin boleh dibilang begitu

    inovasi yg terhenti atau malah mati ?

  6. Inovasi tiada henti..berganti kykny..harus Ganti moto n susyki..d Indonesia dh d dobrak ama yamaha,honda,kawasaki…kasian delerny dh bnyk gulung tiker…semoga mau berubah dan mendengar aspirasi para bikers..gasss kang

  7. Untuk apa suzuki ikut motogp?
    Untuk memperkuat brand dong
    promo diajang balap motor kasta tertinggi
    Sejak suzuki dan kawasaki hilang dari motogp, terbukti jualan nya terus menurun, setidaknya di indonesia
    Mereka Padahal sudah coba menelurkan produk untuk Bersaing dengan kompetitor
    Yamaha sejak ditinggal rossi dan tidak juara di motogp penjualannya turun
    Padahal sebelumnya bisa Bersaing bahkan unggul.
    Makanya yamaha menerima rossi kembali Padahal kabarnya ada yang menentang, tapi demi Bisnis akhirnya diterima.
    Tidak dipungkiri MOTOGP merupakan salah satu faktor dalam persaingan penjualan.

    note:jangan diterasi yak, Wong Kagak BC, Cuma beda pendapat 🙂

  8. Suzuki bodoh..Suzuki ga laku..kata siapa?..lha emang mreka ga ada niat jualannya supaya laku koq..filosofi motor suzuki itu “aneh dan unik”,artinya sasaran jualan motor suzuki hanya buat orang2 trtentu,liat aja moge2 suzuki,ada ga yg dual headlamp kanan-kiri..ga ada kan..knapa,karena suzuki anti mainstream,tu pilihan yg dipilih saat honda sudah trlalu bsar buat dikalahkan..ntah mawas diri,atau malah pengecut,hanya suzuki sndiri yg tau..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s