Laverda V6, Mahakarya 6 Silinder yang Revolusioner !!

 

Laverda V6 Main

 

Jika kita berbicara tentang Motor 6 Silinder, Maka pikiran kita pun pasti tertuju ke motor legendaris semisal Honda CBX1000, Kawasaki Z1300, Benelli Sei, atau mungkin Gemuruh suara menggelegar ala Honda RC166 & RC174 GrandPrix, yang kesemuanya telah dibahas komplit di Artikel Historical Bike ala EA’s Blog. . . Tapi, Sebenarnya masih tersimpan banyak mahakarya lagi loh Brosist, Salah satunya yaitu Laverda V6… Motor buatan Italia yang bahkan mengusung konfigurasi mesin lebih eksotis dibanding motor yang telah EA’s Blog sebutkan tadi, V-6 Silinder. . .

Bahkan, “Italian-Six” alias Laverda V6 ini juga sempat digadang-gadang sebagai salah satu calon Superbike terbaik di Dunia di masanya loh Brosist ! Penasaran ? Yuk, Langsung aja kita bahas bareng-bareng Brosist… Cekidots !

 

 

Laverda V6 10

 

Awal mula development Laverda V6 ini sebenarnya simple… Massimo, dan kakaknya Piero Laverda (CEO Pabrikan Moto Laverda), berencana membuat motor untuk menggebrak pasar Amerika yang begitu “gurih” di akhir era 1970-an silam. . . Targetnya pun mudah, Karena dahulu kala para Rider di Negeri Paman Sam sana mengenal istilah “Bigger is Better“, dimana Motor dengan kubikasi lebih besar, bersilinder lebih banyak, serta punya durability tinggi pasti bakal laris manis dipasaran (Itu alasan mengapa Honda CB750 jadi motor legendaris disana). . . So, Mereka berencana membuat sesuatu yang lebih spektakuler, dan revolusioner, yakni mendevelop sebuah motor 6 silinder dalam konfigurasi V-Engine… Yup tepat sekali, V6 Engine !

Mereka lantas merekrut salah satu engineer terkenal saat itu, Yakni Giulio Alferi, yang sudah kenyang Asam Garam pengalaman bersama Lamborghini & Maserati… Alasan pemilihan Alferi bukan tanpa alasan, Ia sebelumnya juga sudah berhasil membuat Mesin V-6 Liquid-Cooled DOHC-24 Valve, yang tak hanya kencang & eksotis, Tapi juga punya durabilitas tinggi. . . So, Itulah awal mula Laverda V6 ini didevelop hingga nantinya bakal menjadi headline media otomotif dunia kala itu. . .

 

Laverda V6 12 Laverda V6 9 Laverda V6 6 Laverda V6 Main

 

Sisi Desainnya… Laverda V6 dibekali dengan Fairing Jadul yang unik ! Dimana modelnya memadukan style “membulat” & “mengotak“… Salah satu yang tak bisa EA’s Blog lupakan dari motor eksotis ini adalah Dual-Headlamp buletnya yang mirip mata Ksatria Baja Hitam tuh Brosist, wkwkwk 😀 . . . Meskipun desainnya nampak jadul, Tapi tentunya tidak dengan spesifikasi yang diusungnya ya Brosist. . .

Yup, Laverda V6 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977 ini, dibekali dengan berbagai part eksklusif dimasanya. . . Sebut saja Cakram Depan Double-Disc Brake yang khusus dibuat oleh Brembo, Velg Forged Alumunium Campagnolo, Suspensi depan-belakang buatan Marzocchi, serta Headlamp membulatnya yang ternyata “mencomot” punya Porsche 911 loh Brosist !! Wuih, Sangar poll !!

 

Laverda V6 11

Laverda V6 8 Laverda V6 2 Laverda V6 5 Laverda V6

 

Tersembunyi dibalik Fairing uniknya, Ternyata ada sesuatu yang membuat banyak pengamat otomotif pun terkaget-kaget… Yup, Sektor mesin adalah keunggulan utama dari motor yang satu ini nih Brosist. . . Laverda V6 dibekali mesin dengan spesifikasi 4-Tak, 995 cc, 90º Longitudinal V-6 (6 Silinder), DOHC 24-Valves, Dual-Liquid Cooled, 6 Karburator Dell’Orto Downdraft, serta Pengapian yang dibuat langsung oleh Magnetti Marelli loh Brosist !! Ajegileee, Lebih sangar dibanding CBX atau Z1300 euy…!

Dengan mesin yang sudah sangat spektakuler dimasanya ini… Kini tinggal pembuktian oleh Laverda V6, yakni di Ajang Balap. . . Saat itu, Laverda mengikut sertakan motor bermesin 6 Silinder berkonfigurasi V-Engine Longitudinal ini ke kejuaraan Bol D’Or, atau yang dikenal dengan Kejuaraan Endurance 24 Jam ! Demi membuktikan kehandalan motor anyar buatannya, yang diklaim memiliki tenaga maksimal 140 HP @ 11.800 RPM, plus Top speed maksimum hingga 280 Km/h !! Sebuah angka yang sangat mengerikan untuk motor kelas produksi di masanya. . .

 

Tahukah Brosist

Laverda V6 7Pencapaian Power Maksimum Laverda V6 Hampir setara dengan Balap Mobil Tercepat di Dunia, Formula 1, di Tahun yang sama. . . Dimana mobil balap legendaris, Ford-Cosworth F1 tahun 1970-an bermesin 3.000 cc, mampu memuntahkan Power 465 HP… atau sekitar 155 HP / 1.000 cc. . .

 

 

 

 

 

Nah, Sebagai tambahan… Nih dia EA’s Blog sertakan Spesifikasi Detail LaverdaV6, Spesial untuk Brosist sekalian. . . Sebelumnya, Mohon dimaklumi kalau Speknya kurang komplit, Karena memang motor ini keberadaannya sangat Jarang euy Brosist. . .

 

Manufaktur : Laverda Corse

Model : Laverda V6 1000

Tahun Pembuatan : 1977 – 1978, 1991

 

Engine : 4-Tak, 90º V-6 (6 Silinder) Longitudinal, DOHC 24-Valves, Dual Liquid-Cooled

Bore x Stroke : 65 x 50 mm

Kapasitas Silinder : 995,5 cc

Rasio Kompresi : 10,2 : 1

Transmisi : 5-Speed, Shaft-Drive

Sistem Penyuplai BBM : 6 x Karburator Dell’Orto 30mm – Downdraft

Sistem Starter : Elektrik Starter

Max Power : 140 HP @ 11.800 RPM

Max Torsi : –

 

Dimensi P x L x T : –

Tinggi Jok : –

Jarak Sumbu Roda : –

Jarak Terendah ke Tanah : –

Berat Kosong : 227 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 18 Liter

 

Rangka : Steel Open-Cradle Frame

Suspensi Depan : 38mmMarzocchi Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Marzocchi Dual Shockbreaker, Swingarm

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Disc 200 mm, Kaliper Brembo 2 Pots

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 200 mm, Kaliper Brembo 1 Pots

Ban Depan : –

Ban Belakang : –

 

 

 

Well. . . Sungguh sangat disayangkan, Saat Balapan Bol D’Or tersebut berlangsung di tahun 1978… Laverda V6 justru tak mampu sama sekali mendapatkan hasil yang positif, Bahkan berhasil finish pun tidak. . . Namun, Saat itu Speedtrap Sirkuit Paul Ricard mencatatkan motor ini mampu menggapai Top Speed 175 Mph, atau sekitar 280 Km/h… Yang membuat motor ini selalu dikenang sebagai motor race-oriented yang terkenal dengan mesin V6 fenomenalnya. . . Sayangnya, Saat itu Laverda tidak meneruskan motor hasil develop originalnya ini ke jenjang Produksi Massal, Alias terhenti sampai motor prototype aja tuh Brosist… Alasanya ? Ya jelas, Karena cost pembuatan motor ini saat itu dikenal super mahal dan tidak “masuk akal“. . .

Itu terbukti, Saat Laverda Corse memproduksi beberapa unitnya 1 dekade kemudian, di tahun 1991. . . Saat itu Laverda V6 dibanderol seharga $42.000 atau sekitar Rp. 545 Jutaan !! yang menjadikannya sebagai motor produksi “Limited-Edition” Termahal di dunia, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Honda Oval-Piston NR750 setahun kemudian. . . Meskipun demikian, Rasanya motor ini tetap layak untuk diberikan Tagline :

 

” Laverda V6, The Trully Joy of Six “

 

Laverda V6 Race

 

Oke deh… Sampai disini dulu Artikel Historical Bike ala EA’s Blog di kesempatan kali ini yaa Brosist. . . Di kesempatan selanjutnya, Kita akan berjumpa lagi dengan ulasan komplit dan mendetail, seputar jajaran motor legendaris dunia, yang tentunya tak kalah dari Laverda V6 yang kita bahas kali ini. . . So, Stay tuned terus bareng EA’s Blog terus yaa Bro & Sist. . .

 

So, Laverda V6 ? Enjoy This Great V-Six Sound !!

 

 

 

Baca Juga Motor Bermesin 6 Silinder Favorit Lainnya ya Brosist…

 

 

CBX 1047

Honda CBX, 1047cc 6 Silinder Mahakarya Soichiro Honda !

 

KZ1300 Ride

Kawasaki Z1300, Inline-6 Silinder Kelas Berat !

 

RC166 Exhaust

Honda RC166, 250cc 6 Silinder Paling Gendeng di Dunia !

 

Benelli_sei052

Benelli Sei 750, Inline-6 Silinder Taste of Italia

 

Honda RC174

Honda RC174, Kegilaan 6 Silinder Berikutnya !!

 

Moto Martin CBX

Moto Martin CBX1000, Sosok Sempurna dari Sang Legenda !!

 

Honda Rune 10

Honda Valkyrie Rune, Cruiser 6 Silinder dengan Tampang & Suara Garang !

16 comments

  1. v6? bisa tuh swap engine pake VR38DETT punyanya Nissan R35, wkwkwk, eh bang, sering liat Mighty Cars Mods nggak di youtube?
    #oot bentar

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s