Bridgestone GTO 350, Motor Legendaris dari Produsen Ban Ternama !

 

Bridgestone GTO 350 Main

 

Siapa tak kenal Bridgestone ? Yup, Pabrikan Karet bundar ini, namanya sudah menggema seantero dunia sebagai produsen ban yang mumpuni… Mulai dari skala motor harian, trackday, hingga yang advanced layaknya balapan kasta tertinggi, MotoGP. . . Namun, Tahukah Brosist kalau ternyata Bridgestone tak hanya bergelut di dunia Ban & Industri Karet semata ? Yup, Itulah yang akan kita bahas kali ini, yakni tentang Bridgestone GTO 350… Sepeda motor buatan Pabrikan penghasil Ban !! Penasaran seperti apa detail & sejarahnya ? Yuk, kita intip bareng-bareng Brosist… Cekidots !

 

Bridgestone GTO 350 & GTR 350

Bridgestone GTR 350 3
Bridgestone GTR 350
Bridgestone GTO 350 7
Bridgestone GTO 350

 

 

Bridgestone GTO 350, adalah salah satu dari produk sepeda motor, yang pernah dipasarkan oleh Bridgestone. . . Motor bergenre Klasik Dual-Sport ini diperkenalkan pertama kali di tahun 1966, hingga discontinue tahun 1971 silam, bersamaan dengan versi street bike nya, Bridgestone GTR (Perbedaannya, Silahkan cek gambar yang diinput EA’s Blog diatas). . . Berakhirnya Produksi motor klasik ini, juga menandai berakhirnya sepak terjang Bridgestone di kancah produksi sepeda motor… Alias, Motor ini adalah produk roda 2 terakhir dari mereka. . . 😦

Berbeda dengan motor jepang lainnya, yang biasanya hanya sebatas produk JDM… GTO 350 justru saat itu diutamakan sebagai komoditi ekspor ke Amerika & Eropa, yang pasar sepeda motornya sangat besar dikala itu. . . GTR 350 dibanderol dengan harga $695 atau sekitar Rp. 9 Jutaan, sementara GTO 350 dihargai sedikit lebih mahal, yakni $799 atau sekitar Rp. 10,2 Jutaan dengan “tawaran” keunggulan berupa build quality yang mumpuni & mesin 2-Tak yang bandel, ala motor Jepang tulen. . .

 

 

Tahukah Brosist ?

Bridgestone LogoBridgestone adalah Pabrikan asal Jepang, yang didirikan oleh Shojiro Ishibashi. . . Nama “Bridgestone” diambil dari nama pendirinya “Ishibashi”… yang apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, memiliki arti “Ishi=Stone & Bashi=Bridge”. . .

 

 

 

 

 

Bridgestone GTO 350 8 Bridgestone GTO 350 7 Bridgestone GTO 350 6 Bridgestone GTO 350

 

Sisi desainnya, Bridgestone GTO 350 masih terlihat sangat klasik, retro & kontemporer banget tuh Brosist… Sentuhan chrome nya yang cukup banyak (Blok kruk as, Teromol depan, Silinder head, Knalpot, Tangki BBM, dll) menambah apik kesan pertama saat melihat motor buatan Pabrikan Ban ini. . . Detailnya, GTO 350 dibekali frame Double-Cradle, Suspensi Teleskopik – Dual Shockbreaker, Rem teromol, dan ban berukuran 19 inci yang tentunya mereka produksi sendiri. . . heheheee 🙂

 

Bridgestone GTO 350 12 Bridgestone GTO 350 9 Bridgestone GTO 350 2 Bridgestone GTO 350 5

 

Sektor jantung pacunya, Baik Bridgestone GTO ataupun GTR 350 sama-sama dibekali mesin 2-Tak, Inline-Twin, 345cc, Disc Valve, dengan pendingin udara & penyuplai BBM 2 Karburator Mikuni VM26 tuh Brosist ( Pernah dengar karburator yang satu ini ? Kalo demen oprek motor pasti paham deh 😀 ). . . Meskipun motor ini tak sementereng produk Ban Bridgestone lainnya yang juga disuplai ke Yamaha, Honda & Suzuki… Tapi penilaian dari para reviewer terkenal kala itu, ternyata sangat positif loh !

Yup, Mesin “2-Tak Simpel” yang diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 40 HP ini, dinilai sangat mumpuni & tak kalah superior dari motor buatan Inggris yang saat itu sedang booming. . . Topspeed nya saat itu mampu mencapai 100 Mph, atau sekitar 160 Km/h… Menjadikan Bridgestone GTO 350 sebagai motor 350cc yang punya kemampuan performa setara motor 500cc ! Waoow, Cakep euy…

 

– “All in all, the Bridgestone is quite a machine – in many respects !” Cycle World, 1970… –

 

Tahukah Brosist ?

Bridgestone GTO 350 11Rumor yang merebak dibalik berhentinya Bridgestone memproduksi sepeda motor di tahun 1970-an silam, Adalah karena apabila mereka ingin mengembangkan divisi roda 2 yang saat itu tertinggal dari Produk lainnya… Maka mereka harus menutup Sektor Industri Karet bundar-nya (yang notabene membumi, dan ber-profit besar). . . Selain GTO & GTR 350, Sebelumnya Bridgestone juga sudah menciptakan beberapa produk motor… beberapa yang terkenal diantaranya, MK-II, Hurricane & Hurricane Scrambler. . .

 

 

 

Nah, Spesial untuk Brosist sekalian yang penasaran soal Spesifikasi Detail Bridgestone GTO 350… Nih dia speknya, Cekidots :

 

Manufaktur : Bridgestone Kabushiki-Gaisha

Model : GTO 350

Tahun Pembuatan : 1966 – 1971

 

Engine : 2-Tak, Air-Cooled, Inline-Twin, Rotary Disc Valve

Bore x Stroke : 61 x 59 mm

Kapasitas Silinder : 345 cc

Rasio Kompresi : 9,3 : 1

Transmisi : 6-Speed

Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Mikuni VM26

Sistem Starter : Kick Starter

Max Power : 40 HP @ 7.500 RPM

Max Torsi : 23 N.m @ 6.000 RPM

 

Dimensi P x L x T : 1.950 x 774 x 1.200 mm

Tinggi Jok : 825 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.381 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 177 mm

Berat Kosong : 167 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter

 

Rangka : Steel Double-Cradle Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual Shockbreaker, Swingarm

Rem Depan : Teromol (Drum Brake)

Rem Belakang : Teromol (Drum Brake)

Ban Depan : 3.25 – 19 Bridgestone

Ban Belakang : 3.25 – 19 Bridgestone

 

 

 

Well. . . Meskipun tak secemerlang produk karet bundarnya, Tapi Bridgestone GTO 350 tetaplah punya nilai tersendiri di mata para 2-Strokers mania… Sosoknya yang dibekali desain klasik yang menarik, kualitas & finishing kelas wahid, serta performa yang mumpuni, adalah sisi kelebihan dari motor Jepang yang dulu dibanderol cukup mahal ini. . .

Sayangnya, Lantaran ketidak pahaman konsumen & pasar soal produk sepeda motor Bridgestone kala itu, menjadikan GTO 350 kurang dilirik di pasaran… dan kemudian tertinggal oleh pesaing Jepang lainnya, hingga akhirnya Bridgestone pun berhenti memproduksi sepeda motor. . . Meskipun demikian, Motor ini tetap layak untuk diberikan tagline :

 

” Bridgestone GTO 350, The Unknown Sophisticated “

 

Bridgestone GTO 350 3

 

Nah, Sampai disini dulu Artikel Historical Bike ala EA’s Blog di kesempatan kali ini yaa Brosist… Next time, Kita akan berjumpa kembali dengan jajaran motor legendaris dunia, yang tentunya tak kalah dari Bridgestone GTO 350 yang kita bahas kali ini. . . Stay tuned terus bareng EA’s Blog terus yaa Bro & Sist. . .

 

So, Bridgestone GTO 350… Tahukah Brosist ?

 

Bridgestone GTO 350 9

 

Baca yang aneh-aneh lainnya ya Bro & Sist. . .

 

 

Tohatsu Racer

Tohatsu Motors, Pabrikan Roda 2 Legendaris Jepang yang Terlupakan !!

 

Meguro Motorcycle

Meguro Motorcycle, Pabrikan Legendaris Jepang Yang Terlupakan !!

 

Vetter Mystery Ship 10

Vetter Mystery Ship, Si Langka yang Unik & Inspiratif !

 

Jawa 350 GP

Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Brosist ?

 

Ariel Red Hunter2

Ariel Motorcycle, Tahukah Brosist ?

 

Motor Terpendam di Laut 3

Motor-Motor Legendaris Ini Berada di Tempat yang Bukan Seharusnya…

 

Ducati Cruiser 2

Ducati Cruiser, Skutik Unik dari Pabrikan Merah !

 

Harley Davidson Topper

Harley-Davidson Topper… Loh, Ini Beneran Harley ?

Iklan

20 comments

  1. wahhh … gak nyangka bgt nih ..bridgestone juga punya motor ternyata.. kang eno mmng org yg luas ilmunya tentang persepeda motoran nih… thanks info nya kang !! keep posting yaw …

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s