Spesial : Ini Dia Pernak-Pernik Yamaha MT-Series !

 

Yamaha MT-Series Main

 

Belakangan ini, Pamor Yamaha MT-Series “mendadak tenar” di Tanah Air. . . Alasannya ? Yup, Pastinya karena sosok MT-25 alias Streetfighter 250cc terbaru, alias versi naked dari Yamaha YZF R25 yang bakal segera rilis ke pasaran. . . Eits, Tapi kita nggak membahas tentang detail Yamaha MT bermesin 1/4 liter tersebut koq Brosist… Melainkan tentang seluk-beluk dan hal unik dibalik Yamaha MT-Series secara keseluruhan. . .

Penasaran seperti apa pembahasan “Insiders” tentang Yamaha MT-Series ala EA’s Blog ? Yuk, Langsung aja kita mulai pembahasannya Brosist… Cekidots !

 

Filosofi MT-Series

 

 

Yamaha MT-01 Concept 3

Yamaha MT Prototype…

 

Secara filosofi, Yamaha memberikan “soul” ke dalam Yamaha MT-Series sebagai motor yang nyaman, “tasty”, lincah, torqy, dan punya karakteristik suara yang khas dengan firing order mesin yang juga unik. . .

Seperti yang sudah sedikit EA’s Blog bahas di Artikel 5 Motor Konsep Terbaik dari YamahaAtsushi Ishiyama & Jun Tamura, sebagai sang desainer, memang pada dasarnya menanamkan konsep unik pada MT-01 ini sebagai Motor yang berkarakter Ergonomi nyaman, Gesit & Lincah dibawa di kepadatan lalu-lintas, Bertorsi Linear, serta memiliki dentuman suara knalpot yang unik bagai Tsuzumi Drum (Drum Tradisional Jepang). . .

 

 

Maximum Taste & Master of Torque !

 

 

Yamaha MT-01 Concept 5

Yamaha MT-01, Super Big V-Twin !!

 

 

Yamaha mendevelop motor naked ini dengan latar belakang ” Maximum Taste, instead of Maximum Horsepower “… Yang berarti citarasa maksimum, dan bukan power maksimum layaknya motor bergenre supersport ataupun Superbike. . . Yamaha mengklaim, Perkembangan power Superbike yang semakin besar adalah sesuatu yang wajar, dan juga dilakukan oleh mereka di flagship YZF R-Series. . . Namun, semakin modern, banyak riders yang makin sulit menemukan jalanan yang mumpuni untuk memaksimalkan fungsi Superbike berpower badak tersebut (Apalagi di Indonesia tuh ya)… Walhasil, Terciptalah sosok Yamaha MT-Series yang spesial didevelop untuk memenuhi kebutuhan bikers yang tak melulu soal Power ataupun Top Speed. . .

 

Oleh karena itulah, Yamaha MT-Series sering dikaitkan dengan kata “Master Torque“, Karena memang motor ini didevelop sebagai motor yang gesit, lincah, dan nyaman dibawa dalam kondisi lalu-lintas apapun. . . Eits, Tapi jangan salah artikan dulu ya Brosist… Master of Torque di MT-Series bukan berarti nilai torsi nya selalu lebih besar dari power maksimumnya ! Tapi merupakan julukan karena motor ini memang punya karakter torsi yang linear. . .

 

Yamaha MT & FZ – Series

 

 

Yamaha MT-09

Yamaha MT-09 / FZ-09 !

 

 

Secara filosofis maupun basic development yang sudah dijelaskan diatas, Tentunya Yamaha MT-Series adalah varian Naked/Streetfighter terbaru dari Yamaha… Tentunya berbeda dengan Yamaha FZ-Series (Fazer) yang sejak dulu merupakan Varian Naked yang biasanya merupakan versi naked dari produk sport-bike Pabrikan Garputala yang spek & part nya ikut disesuaikan sesuai kebutuhan. . .

 

Namun, Ternyata Yamaha MT juga dijual dengan nama Yamaha FZ loh Brosist ! Yup, Brosist sekalian bisa lihat sendiri, Untuk pasar Amerika yang konsumen mogenya cukup besar… Yamaha merilis MT-07 & MT-09 disana dengan nama FZ-07 & FZ-09. . . Entah apa maksudnya, Tapi cukup unik juga yaa…

 

Yamaha MT-Series V-Twin & Single-Cylinder

 

 

Yamaha MT-03

Yamaha MT-03, Single-Cyl Dual Muffler !

 

 

Kalau sekarang kita mengenal Yamaha MT-Series adalah Naked-Bike bermesin Inline-Triple atau Inline-Twin… Maka, Tahukah Brosist kalau sosok asli Yamaha MT ternyata didevelop menggunakan mesin berkonfigurasi V-Twin ? Dalam produk pertama Yamaha yang menyandang klan MT-Series, Yamaha MT-01, Pabrikan garputala menjejalinya dengan jantung pacu 4-Tak, 48° V-Twin, 1.670 cc, SOHC 8-Valve, dengan muntahan torsi yang sangat liar. . .

Tak hanya V-Twin, Bahkan Yamaha juga pernah membuat Yamaha MT-Series dengan mesin Silinder Tunggal loh Brosist…! Yup, yang EA’s Blog maksud adalah Yamaha MT-03, yang dibekali mesin Silinder Tunggal 659cc, DOHC 4-Valve, Liquid-Cooled, Fuel-Injection dengan Power 48 HP dan torsi maksimum 58,4 N.m !

 

 

Well. . . Secara keseluruhan, Yamaha MT-Series merupakan salah satu karya terbaik Yamaha di era modern ini… Filosofi, Background, Market, Spesifikasi Teknis & Ability nya mampu memberi warna baru di kancah Naked/Streetfighter asal Pabrikan Jepang. . . Apakah semua yang EA’s Blog sebutkan diatas akan ada di calon anggota terbaru MT-Series dalam diri MT-25 & MT-03 ?? Hmm… Yuk, Kita ikutin aja perkembangannya Brosist. . . Stay tuned terus bareng EA’s Blog aja ya Brosist. . .

 

So, Yamaha MT-Series ? Ini Dia Mahakarya Brillian ala Yamaha !!

 

Yamaha MT-Series

 

Baca Juga Artikel Spesial yang Lainnya ya Bro & Sist….

 

 

Motor Konsep Yamaha 2

Spesial : Ini Dia 5 Motor Konsep Terbaik dari Yamaha !

 

PARKIR MOTOR DI SEBUAH MALL DI JAKARTA

Ini Dia, Alasan Gokil Memilih Suatu Produk Sepeda Motor !

 

Kick Starter

Teknologi Masa Kini, Teknologi Masa Gitu ??

 

CB Jadul 9

Ini Dia Alasan Untuk “Setia” dengan Motor Brosist !!

 

Binter Merzy 3

Ini Dia Alasan Memilih Motor Klasik !

 

Mitos Unik

Ini Dia Mitos & Anggapan Unik Seputar Roda 2 Kiriman Pembaca !

 

Mitos Unik

Ini Dia Mitos & Anggapan Unik Seputar Roda 2 Indonesia ala EA’s Blog !

 

SAEFul Jamil

Gabungan Nama Artis dengan Sepeda Motor ! Ngakak Gokil !!

Iklan

35 comments

  1. Jadi ! Pertanyaan-nya !
    MT-25 versi naked dari R-25, adalah next MT beremesin inline twin ? Yang benar aja ???????

    NP:klo gak ganjil ya V itu baru MT!
    Selain itu ? Ijal judge itu adalah FZ! Titik !

  2. Keren kerenn!! Dari semua motor Yamaha paling keren emang MT series. Klo kelas superbike ane sendiri lebih seneng geng ijo. Inovasi di seri MT malah lebih bagus ya drpada di YZF R series.

    Buat harian yang v twin aja dah mantaaap!

  3. Mt 01 pernah liat kang di kampus dipake kuliah ckck. Gede bgt knalpotnya ala yzf r1 yg undertail. Lampu belakangnya gede nih kyk lampu emergency wkt listrik mati wkwkwkw

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s