Fokus : Teknologi Masa Kini, Teknologi Masa Gitu ?

 

Teknologi Masa Dulu

 

Dunia Roda 2 baik di Indonesia maupun di seantero penjuru dunia, terus, terus, dan terus berkembang. . . Sejak era 90-an dimana kita baru mengenal namanya kick-starter, yang tak jarang membuat kita harus berkeringat setiap hendak menyalakan motor kesayangan… hingga yang advanced seperti Elektrik-Starter tanpa suara yang lagi Hot & Ngetrend diaplikasikan di motor terbaru. . . Pun halnya dengan bagian motor lain, semua turut berkembang… seiring dengan era modernisasi yang kini semakin terasa pengaruhnya. . .

Lantas, Apakah segala “kemudahan” yang ditawarkan oleh Teknologi Terbaru akan membuat kita semakin malas, semakin susah ? Atau justru malah mempermudah mobilitas kita ? Yuk, kita bahas bareng-bareng aja Brosist ! Cekdisot. . .

 

 

Kick Starter

 

Di jaman dulu, dengan keterbatasan teknologi atau semacamnya, Aki yang tekor bukanlah masalah berarti bagi Bikers di Tanah Air… Toh, dengan “diengkol” alias di Kick-Starter pun motor masih tetap hidup seperti biasa, meskipun area lampu & klakson bakal terganggu. . . Tinggal gas pulang ke rumah, lalu balik lagi ke tukang setrum aki, Beressss. . .

 

Tapi sekarang ? Aki tekor adalah masalah Serius tuh Brosist, Sangat serius !! Belum selesai dipusingkan karena ketiadaan Kick-Starter pada varian motor tertentu… Kepusingan bakal menjalar ke bagian lain seperti part elektronik di motor Injeksi, ataupun penggunaan lampu yang katanya “hi-tech” ala modifikator tanah air, hingga kasus mogok karena tidak adanya kapasitor bank, powerbank, atau bank-bank semacamnya. . . Hasilnya, Malah bisa-bisa sambil menyelam ditenggelamkan air tuh Brosist ! Basah deh….

 

Headlamp

 

Dulu, Lampu kuning yang redup, dan cahayanya bak bohlam 5 watt yang hampir putus, tak mengurangi animo riding dari Bikers tanah air… Buktinya, EA’s Blog yang pernah merasakannya bersama Supripit kesayangan pun alhamdulillah masih segar bugar. . . Asal masih bisa sedikit menerangi pandangan ke jalan di depan kita, Ya gass terus lah ! Sekalian melatih tingkat kewaspadaan juga, Iya nggak Bro & Sist ?

 

Tapi sekarang ? Lampu kuning dengan pencahayaan standar pun tak cukup memuaskan mata para bikers kita ! Walhasil, Modifikasi dengan teknik-biaya-material yang seadanya-sekenanya-sebisanya pun dilakukan… Demi mengganti pencahayaan standar yang sudah lebih dari cukup untuk memanjakan mata kita riding di malam hari. . . Hasilnya ? Tak jarang Lampu Bullshi*, alias Lampu HID LED-TFT-LCD-AMOLED-IPS-CAPACITIVE RESISTIVE dll tanpa projector yang sangat menyilaukan mata pun makin sering ditemui di jalanan. . . Bahkan, Nggak jarang yang memodifikasi lampu idiot tersebut hanya demi gaya-gayaan semata… OMG, What the hell happen ?

 

Honda Super Cub 3

 

Di era masa silam, Mesin yang brebet bisa langsung kita atasi dengan mudah… Tinggal cek tuas choke, setelan langsam/angin karburator, ataupun periksa kondisi busi, Semuanya langsung tokcer. . . Meski terkadang, butuh beberapa tetes keringat saat memperbaikinya. . .

Jaman Sekarang ? Jangankan motor brebet, Bahkan motor yang rewel saat dihidupkan pun langsung dibawa ke bengkel… Rewel sedikit, keluar uang lebih demi biaya servis… rusak sedikit, langsung ganti part yang ajegile mahalnya… Yaa ampun, Bukankah motor lawas kita hanya membutuhkan obeng dan beberapa kunci pas untuk menyervis / menyetingnya ?

 

 

 

Well. . . Jika dipahami, digunakan, dan ditempatkan di tempat yang benar… Berbagai Teknologi modern tadi, tentulah mampu menjawab segala kebutuhan kita yaa Brosist, Apalagi di era modern ini mobilitas kita dituntut untuk selalu gerak cepat (eits tapi bukan maling, hehehee). . . Tapi bila salah penggunaan ataupun pemahaman, bukannya kemudahan yang didapat tapi justru kesusahan terus tuh yang didapat. . . Seperti halnya smartphone, yang tanpa kehadirannya membuat EA’s Blog merasa sedih, dan tak berasa hidup… Tapi, tanpa disadari kehadirannya pula yang membuat EA’s Blog menjadi pemalas dan sedikit anti-sosial. . .

Mungkin contoh yang dibeberkan EA’s Blog diatas, hanyalah segelintir dari berbagai kemajuan teknologi yang ada di dunia Roda 2 Tanah Air (Kalau berkenan, Silahkan Brosist tambahkan via kolom komentar)… Dan bisa juga dialami secara berbeda oleh masing-masing personal. . . Tapi, Inilah pendapat EA’s Blog tentang Teknologi Masa Kini… 

 

So, Teknologi Modern, Terbaru & Masa Kini…

Apa Pendapatmu Brosist ? Memudahkan, Memalaskan, atau Menyulitkan ?

 

Motor Masa Depan

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

 

 CB Jadul 9

Ini Dia Alasan Untuk “Setia” dengan Motor Brosist !!

 

Derbi Terra 125cc

Mengapa Motor Adventure Sulit Direalisasikan ?

 

Vario 150 Byonic Red

 Cicilan Motor Belum Lunas, Ehh Sudah Ada yang Baru Lagi…

 

Ready Stock Main

Terkadang, Konsumen Lebih Pilih Motor yang Ready Stock…

 

Honda Supercub

Motor Sukses itu yang Bagaimana Ya ?

 

Jupiter MX Velg Jari-jari 3

Duel Kelas Bebek Super, Racun “Mematikan” Untuk Anak Muda ?

 

Dingklik Mode On 2

Punya Problem “Dingklik” ?? Bukan Masalah…. Keep Gaspoll Bro !!

 

MiniMoto 4

MiniMoto Tak Hanya Sekedar Lucu, Tapi Juga Mendidik !!

Iklan

65 comments

  1. Gk ush jauh2 deh kang ke masalah teknologi, jaman sekarang aja org udh pada malas nyuci motor sendri, taunya bawa ke jasa cuci motor tinggal terima beres trus bayar.
    Ntah karna gk punya wktu buat nyuci motor sendri atau emank malas

    • Saya masih suka nyuci sendiri lho…sensasinya beda klo pake jasa tukang cuci…jd merasa lbh deket ama motor aja..jd tau klo ada bodi lecet..rantai kendor..radiator abis..dll..hehe

    • Ya gw jg pilih ke cuci motor langganan sih. Mungkin orang bakal nilai saya males,tapi alesan nya equipment bro, gw gak punya semprotan air tekanan tinggi, ga punya shampo khusus body motor dan ga selalu sedia polesan. Dan namanya cuci sendiri ga mungkin bisa detail dan telaten sampe ke sela2 terdalam.

      Jadi sebulan sekali gw bawa motor gw kesalon hahahaha. Dah wajib hukumnya

      Tapi tiap minggu ttep gw bilas sendiri ala kadarnya. Biar lumpur ga ngendap aja.

  2. Ternyata benar menurut penelitian ijal, KARBURATOR lebih bershabat dengan kantong 😦

    NP:Ayo kita berbondong bondong beli thunder 125/byson/MX135/ ! Motor masa kini teknologi masa lalu 😀 wkwkwk (karbu=mau irit oyeeee)

  3. Lampu hid itu padahal ada keterangan kalo ga boleh dipake on road, off road only. 55/60 standar cukup bgt lah ga usah pake putih2

  4. sebetulnya, semua teknologi itu diciptakan buat memudahkan dan memanjakan konsumen kan? 😉
    nah, yg jadi masalah itu banyak yg masih gaptek sama konservatif, nggak bisa, dan nggak mau menerima pembaruan. selain itu juga banyak pengguna kendaraan baru, jadi ya asal bisa naik. nggak mau utk belajar memahami kendaraannya. jadinya ya cuek aja, cuma naik aja, ada gejala rusak dikit nggak dicek, nah begitu rusak akhirnya baru bawa bengkel

  5. yang jelas teknologi sekarang mempermudah mas.. mempermudah untuk malas 😀

    btw itu foto paling atas mirip sama empunya blog.. hahaha

  6. itulah kecanggihan teknologi masa kini…bikin ribet dikit2 ke bengkel (soalnya injeksi abal2…xixixi)…makanya q setia ama motor2 sistem karbu plus platina…selera anak muda tahun 80an…wakakkakak

  7. Teknologi akan berguna bagi yg siapa yg tahu cara menempatkan dan menggunakannya. Yg tidak tahu cuma ikut2an tren, teknologi akan mubadzir bahkan sangat berbahaya. Contoh kecilnya: smart phone di tangan stupid person, atau lampu hid dipake dijalan kota yg jalanannya sudah ada lampu jalan kiri kanan terang benderang…

  8. tapi motor zaman skarang anti cemong kaan, nyervis nya aja pake kabel data. 😀

    kalo mogok di jalan tinggal pasrah aja sedia pulsa yg banyak bwt nelpon yg drumah.
    kalo motor jadul msh bisa diusahain.

  9. hahahaa,berati ane masi terjebak di masa gitu lalu,belalang tempur kesayangan ane lampunya bisa agak terangan kalo gasnya agak di panteng,aki tiger hargane mayan,mesin kayaknya fine2 aja,servis bisa di atas setahunan jaraknya,asal rutin ganti oli aja sesuai anjuran di botol olinya..
    saran ane sih selalu sediakan senter sokle dgn posisi batere selalu penuh,biar kalo papasan sama motor hid idiot bisa di bales pake senter ke mukanya langsung..

  10. Soal lampu itu betul banget, motor2 dulu (2002/2003 kebawah) lampunya lebih redup krn reflektornya dibuat di kaca mika luar jd cahayanya gak keluar semua. bisa dilihat mika luarnya motif bergaris2 (kayak king, glpro, suprax, legenda)…. motor skrg reflektornya dibuat di mika dalam sdngkn kaca mika luarnya bening bersih.

  11. Saya salah satu orang yang setia sama teknologi jadul,bukan nggak mampu beli yang baru(emang iye gak mampu :v ).. tapi memang pikiran saya lebih praktis dan lebih paham pasal teknologi jadul,kalo ada trouble saya bisa tangani sendiri,lebih mudah ditebak juga,semisal mesin brebet pikiran langsung mengarah ke karburator.. atau tenaga ngempos,tinggal bongkar head silinder,bersihin pakai bensin,sekur klep pakai selang bensin.. masalah selesai,lebih praktis dan mudah dipahami.. IMHO 🙂

  12. terimakasih, sudah mengingatkan saya dgn masa lalu yg lbh mnyenangkan brsama motor tua.. saya terharu… T_T (*agak lebay)

    oleh alm. bapak, sejak kecil sudah diajarin bongkar karburator, cek busi, bersihin filter, motong rantai, mngatur ban, nyuci motor sndiri.. sungguh kenangan yg indah..

    anak muda jaman skrg rata2 ngertinya cuman servis di bengkel..

  13. jadi ingat kenangan suzuki A 100 harus sedia air atau helem ciduk, bila kepanasan guyur air, selah ngacir lagi dan honda astrea A800 pas mogok ngecek busi dan kaburasi tiba tiba ada sepeda menghampiri dengan rasa tak bersalah sang raider ngomong…mas sekalian ni mau servis…. huasyem tenan ternyata teman lama yang sudah lama tidak berjumpa

  14. prinsip utama berkendara malam adalah KITA MUDAH TERLIHAT pengendara lain,bukan KITA MUDAH MELIHAT pengendara lain,trus pk lampu stadion dipasang di motor,
    ente MUDAH MELIHAT,TAPI menyiksa org lain. liat yg begitu,rasanya pingin mengumpat
    BUTA LO YA….!
    Tambah satu lagi,knalpot bobokan…. pingin rasanya nyumpel pake kentang tuh lubang knalpot

  15. Benar sekali kang eno.. jadi teringat dulu sering di ajak riding malam sama ayah sy pake yamahan L 2 super.. di tengah jalan mesin tiba2 mati.. dgn sedikit skill utak atik busi dan pengapian walhasil motor bisa jalan lagi.. bayangkan klo pake motor teknologi sekarang.. masalah pd motor semakin kompleks karena part yg semakin beragam..

  16. Ad lho orx yg aneh, tk lhat old vixionx gk ad kick starter, tk tanya knp d’lpas jwbx gokil, “biar canggih” wkkkk

  17. masalah lampu jadi inget sama temen ane yang ditilang polisi cuma gara-gara lampu motornya redup. hahaha
    oh iya motor temen ane itu smash 110 generasi 3

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s