Mike Hailwood, Legenda & Pahlawan di Dunia Balap !

 

Mike Hailwood Main

 

 

Jika Brosist sekalian adalah penggemar MotoGP sejati, Pasti sudah tak asing lagi dengan nama Mike Hailwood. . . Pebalap asal Inggris ini adalah salah satu pebalap terbaik yang pernah ada dalam sejarah Grand Prix beberapa dekade silam. . . Apa yang membuat namanya begitu terkenal ? Dan mengapa Ia sering disebut sebagai sosok Hero atau Pahlawan di kejuaraan Grand Prix ?? Nih dia jawabannya Brosist… Cekdisot !!

 

Mike “The Bike” Hailwood !!

 

 

Mike Hailwood 2

 

Mike Hailwood, Yeahh… Pebalap jadul favorit EA’s Blog . . . Pria kelahiran 24 April 1940 ini adalah seorang legenda GrandPrix dengan catatan fantastis, dan sering dijuluki sebagai “Raja” dari balapan seri terganas IOM TT & “Guru” dari sosok Giacomo Agostini… yang hingga kini memegang gelar Juara Dunia terbanyak sepanjang sejarah GP. . .

 

Mike Hailwood tercatat sebagai pebalap pertama yang mampu mengantarkan Honda menjuarai IOM TT, alias seri paling bergengsi di Ajang GP tahun 1961… Plus hasil akhir sebagai Juara Dunia kelas 250cc bersama Honda RC182. . . Di tahun yang sama, Mike juga mampu meraih gelar juara kelas tertinggi, GP 500cc… Tapi, kali ini bukan berasa pabrikan sayap mengepak, melainkan bersama MV Agusta. . . Bahkan, nggak cuma sekali loh Brosist… Mike berhasil menjadi juara di kelas para raja, alias GP500cc, selama 4 tahun berturut-turut (1962,1963,1964 & 1965) !! Gokil…

FYI : Di tahun 1961 Mike bergabung bersama Honda di kelas 250cc & 350cc, Serta bergabung juga dengan MV Agusta dikelas 500cc. . .

 

Mike Hailwood

 

Tahun 1966, Mike Hailwood bergabung sepenuhnya bersama Honda… Kali ini Mike dihadapkan dengan situasi yang sulit, karena harus menjinakkan Honda RC166 250cc Inline-Six yang terbilang ganas tuh Brosist ! Namun, Mike kembali berhasil menjawab tantangan tersebut, dan keluar menjadi Juara Dunia 250cc selama 2 tahun berturut-turut (1966 & 1967)… Tak hanya itu, Mike juga berhasil merebut gelar juara dunia 350cc 2 tahun berturut-turut di tahun yang sama loh Brosist !!

Kalau dihitung, Berarti Mike Hailwood berhasil mengoleksi 9 Gelar Juara Dunia di 3 kelas yang berbeda loh Brosist… Mulai kelas 250cc, 350cc, hingga yang paling besar 500cc. . . Inilah yang membuatnya mendapatkan julukan “Mike The Bike“… Karena kemampuannya menguasai berbagai tipe motor & mesin selama karirnya di Ajang GrandPrix sangat memukau & fantastis. . . Edyan kan….

 

 

Mike Hailwood & Formula 1

 

Mike Hailwood Formula 1

 

Puas berkarir di Dunia balap motor, Mike pun mencoba tantangan baru di kancah balap mobil sejagad, Formula 1. . . Sayang, pencapaiannya tidaklah sementereng di GP tuh Brosist… Mike hanya berhasil 2 kali naik podium selama 4 musim karirnya di F1. . .

 

Meskipun karirnya di Formula 1 tak secemerlang di Ajang GrandPrix, Tapi ada sebuah momen yang membuat nama Mike Hailwood begitu dikenang oleh seluruh pecinta balap & otomotif di Dunia. . . Saat Formula 1 seri Kyalami (Afrika Selatan) tahun 1973 silam, Mike dengan sangat berani menyelamatkan nyawa Clay Regazzoni yang saat itu hampir terpanggang hidup-hidup. . .

 

 

Mike Hailwood, The Brave Hero !!

 

 

Mike Hailwood Save Reggazoni

 

Saat Mobil Regazzoni mengalami kecelakaan hebat, dan terbakar luar biasa… Mike Hailwood secara spontan langsung menghentikan laju mobilnya. . . Dan tanpa diduga-duga, Mike justru langsung berlari menuju arah Regazzoni yang sekarat & mencoba membuka sabuk pengaman yang masih melilit tubuhnya. . .

 

Mike Hailwood Award

 

Meski tangannya terbakar hebat, Namun gokilnya Mike justru mengambil pemadam kebakaran milik marshall dan lanjut melakukan aksi penyelamatannya… Sementara itu, Marshall saat itu hanya terpaku membisu, karena takut mobil Regazzoni meledak tiba-tiba. . . Berkat pertolongan yang tergolong nekat & berani oleh Mike, Akhirnya nyawa Regazzoni pun bisa terselamatkan tuh Brosist. . . Dan Brosist bisa bayangkan apa yang terjadi setelah itu ? Yap ! ” Mike Hailwood is a Hero ! “, tulis media di seluruh penjuru dunia. . .

Dan atas keberanian & jiwa kemanusiaan nya itulah, Mike mendapatkan penghargaan berupa George Medal, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam hal keberanian bagi warga sipil di Inggris tuh Brosist. . .

 

 

 

Well. . . Sayangnya, Tak lama kemudian Mike Hailwood harus menghembuskan nafas terakhirnya karena sebuah insiden kecelakaan mobil di tahun 1981. . . Selama karirnya di dunia balap, Mike berhasil mengoleksi 9 Gelar Juara Dunia (500cc 4 Kali, 350cc 2 Kali & 250cc 3 Kali), plus 76 Kali Juara Seri & 112 Total Podium… Sangat layak untuk disebut sebagai Legend ! Dan torehannya bukan hanya itu, Bahkan Mike Hailwood juga seorang pebalap yang sangat pemberani, Karena sudah menyelamatkan orang lain, meskipun kondisinya sendiri pun terancam. . . Ini baru pebalap Inspiratif Brosist !!

 

So, Mike Hailwood… Ada yang pernah denger nggak Brosist ?

 

Mike Hailwood 3

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

John Surtess 3

John Surtees, The 2-Way Legendary Racer !

 

Tadao Baba Fireblade

Kisah Tadao Baba & SejarahTentang CBR Fireblade !!

 

John Britten & Britten V-1000

John Britten, Sosok Inspiratif Kreator Britten V-1000 yang Melegenda !!

 

Glenn Curtiss

Glenn Curtiss, Sang Pria Pecinta Rekor Kecepatan !!

 

Britten V-1000 8

Britten V-1000, Sosok Superbike Terbaik yang Penuh Kisah Inspiratif !

 

Soichiro Honda Cub

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda

 

Soichiro_Honda

Pelajaran Penting Dari Kisah Soichiro Honda. . .

 

Carbon Fiber Knalpot

Perkembangan Model Knalpot Sepeda Motor ?

 

Michio Suzuki

Michio Suzuki & Perjalanan Panjang Pabrikan Suzuki

Iklan

26 comments

  1. Jaman dulu, balapan tu masalah kejantanan dan kebanggaan Bro. Unsur bisnis si pasti ada, tapi belum segila sekarang. Jadi melihat kecelakaan refleknya nolong, bukan tak acuh krn mengejar point kemenangan. Unsur gentlement masih sgt kental. Makanya ane demen MotoGP drpd F1. Unsur hiburan di F1 udah nggak ada. MotoGP masih asyik, apalagi jaman Rossi kalo juara malah eksyen di sirkuit, seru Bro…

  2. perbedaan pembalap dulu dengan sekarang. Bobba shobert juga nasibnya gak bagus tuh, tabrakan ama Kevin McGee tapi gak ada unsur dendam atau apa. ya udahlah udah terjadi,

    Eddie Lawson juga sama tuh di tabrak Doohan di Suzuka, gak ada kata2 yang kasar buat di dengar. beda ama pembalap sekarang, baru di ikutin aja komplain. senggolan mewek.

    hadeh…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s