John Surtees, The 2-Way Legendary Racer !

 

John Surtess 2

 

Berbagai bintang telah lahir dari kancah balap motor paling prestisius di dunia, Moto GP. . . Mereka berjaya di masing-masing era, Seperti Sang Juara pertama Leslie Graham, Sang Juara Terbanyak Giacomo Agostini, Sang Fenomenal Mick Doohan, hingga yang masih aktif di MotoGP masa kini yaitu The Doctor Valentino Rossi & The Baby Alien Marc Marquez. . . Namun, Ada satu nama yang rasa-rasanya sungguh sayang bila terlewatkan… yakni pebalap asal Inggris, John Surtees !

Seperti apa karir serta pencapaian tertinggi yang diraihnya ? Dan mengapa John Surtees begitu EA’s Blog spesialkan ?? Nih dia jawabannya Brosist… Cekidots !

 

 

John Surtess 3

 

John Surtees adalah pebalap Inggris kelahiran 11 Februari 1934. . . Sejak remaja, Bakatnya di dunia balap memang sudah terlihat tuh Brosist… Di umurnya yang masih 16 tahun, John sudah masuk topik utama berita setempat dengan melawan sengit sang legenda GP Inggris lainnya, Geoff Duke, dalam ajang balap lokal ACU Race GP. . .

 

Awal karir John Surtees di dunia Balap GrandPrix dimulai tahun 1952 bersama pabrikan asal Inggris, Norton. . . Di awal karirnya bersama Norton, John sulit untuk mencapai finish di urutan pertama karena saat itu tunggangannya kurang kompetitif. . . Catatan terbaiknya hanya mampu menjuarai GP Ulster (Irlandia Utara) Tahun 1955, Itupun dengan Motor buatan NSU. . .

Karena situasi Pabrikan Norton yang semakin tak menentu, Di tahun 1956 John Surtees menerima tawaran dari Pabrikan Italia, MV Agusta. . . Bersama MV Agusta lah, Nama John Surtees menjadi tersohor dengan memenangkan banyak seri GP, dan menjadi Juara Dunia di kelas 350cc & kelas premier 500cc. . . Bagaimana tidak, Pada musim perdananya bersama MV Agusta (1956), John langsung sukses menyabet gelar Juara Dunia loh Brosist !

 

John Surtess 4

 

Totalnya, John Surtees menjadi juara dunia kompetisi GranPrix kelas 350cc sebanyak 3 Kali (1958,1959 & 1960)… 4 Kali Juara Dunia Kelas tertinggi 500cc (1956, 1958, 1959 & 1960), serta koleksi 38 kali Juara Seri dari 49 kali balapan yang diikutinya. . . Oleh karena itu, John Surtees langsung mendapat julukan tenar sebagai Figlio del Vento (Son of the Wind) atau yang bahasa Indonesianya, Putra Angin, yang menggambarkan betapa cepatnya pebalap asal Inggris yang satu ini. . .

Hebatnya lagi, John Surtees berhasil merengkuh semua gelar prestisius tersebut sebelum usianya genap 26 tahun loh Brosist. . . Gokil Nggak tuh !

 

 

John Surtess F1

 

Sukses berkarir di Ajang Balap Motor Sejagad, John Surtees tak lantas berpuas diri… Ia memutuskan untuk beralih ke Balap Mobil paling Prestisius di Dunia, Formula 1 (F1), di tahun 1960 bersama Tim Lotus. . . Dan ajaibnya, John berhasil finish sebagai runner-up pada balapan keduanya di Ajang F1 loh Brosist ! Edyaann !!

 

John Surtess F1 2

 

Puncak kejayaan John Surtees diraih saat Ia bergabung bersama Ferrari di tahun 1963. . . Di tahun pertamanya, John Surtess berhasil menempati posisi ke-4 di klasemen akhir. . .

Dan ini dia Alasan mengapa John Surtees begitu layak disebut sebagai Legenda Balap Dunia… Di tahun 1964 atau musim keduanya bersama Ferrari (Scuderia Ferrari), John berhasil menjadi Juara Dunia Balap Mobil Sejagad ini dengan catatan 2 kali Juara seri & 2 Finish Podium. . . Gokilll, Ini bukti kalau tangan & kaki nya bener-bener “nggak sekolah” tuh Brosist. . . !

 

 

 

Well. . . Akhir masa karirnya di Ajang Formula 1, John Surtees sempat membuat Tim Balap nya sendiri dengan nama Surtees Racing Organization, yang survive sejak tahun 1970-1978. . . John Surtees dikenal sebagai pebalap yang sukses menjadi Juara Dunia di 2 ajang Balap Motor & Mobil paling bergengsi sekaligus, Yakni MotoGP & Formula 1. . . Hingga saat ini, Kesuksesannya belum ada yang menyamai tuh Brosist… Karena biasanya, masing-masing pebalap cuma jago di 1 ajang balap aja !

Nama John Surtees juga telah resmi menjadi Legenda dan dicatat oleh Federasi Balap Tertinggi di dunia, FIM. . . Kini John Surtess menjadi juara dunia F1 tertua yang masih hidup di dunia, Serta menjadi Juara Dunia MotoGP tertua kedua yang masih hidup setelah senior sesama inggris-nya, Geoff Duke. . .

 

So, John Surtees. . . Ini dia Legend Balapan Motor & Mobil Sekaligus !!

 

 

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

 

John Britten & Britten V-1000

John Britten, Sosok Inspiratif Kreator Britten V-1000 yang Melegenda !!

 

Glenn Curtiss

Glenn Curtiss, Sang Pria Pecinta Rekor Kecepatan !!

 

Britten V-1000 8

Britten V-1000, Sosok Superbike Terbaik yang Penuh Kisah Inspiratif !

 

Soichiro Honda Cub

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda

 

Soichiro_Honda

Pelajaran Penting Dari Kisah Soichiro Honda. . .

 

Carbon Fiber Knalpot

Perkembangan Model Knalpot Sepeda Motor ?

 

Michio Suzuki

Michio Suzuki & Perjalanan Panjang Pabrikan Suzuki

Iklan

24 comments

  1. G beda jauh ama kakek ijal 😀
    yang menjuarai GP balap karung selama 10 kali berturut”, dan 17x di ajang bergengsi lain yaitu balap kaleci dina sendok :p
    *tingkat kecamatan 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s