Jenis Sepeda Motor : Cruiser Bikes, Original Style ala Amerika !

 

 

 

Honda Magna 750 2

Honda Magna 1982. . . The First Power Cruiser !!

 

 

Keberadaan & Perkembangan Cruiser bike memang tak secepat Jenis Motor Lainnya seperti Sport Bike ataupun Tourer Bike. . . Akan tetapi, Sebuah era baru di dunia Cruiser dimulai saat Honda memperkenalkan Honda Magna di tahun 1982 silam. . . Honda Magna mengusung Styling yang sama dengan Cruiser Bike macam Harley-Davidson ataupun Indian… Namun punya Filosofi yang jauh berbeda. . . Honda Magna coba untuk memberikan sesuatu yang dianggap sebagai kekurangan Cruiser Bike kala itu, Yakni Power & Handling ! Hingga akhirnya, Jenis motor ini dikenal sebagai Power Cruiser. . .

 

Yamaha V-Max 1985

Yamaha V Max Lansiran 1985. . . Edisi pertamanya aja udah keren euy !!

 

 

Keberadaan Honda Magna, membuat Pabrikan Jepang lainnya tak tinggal diam ! Menyadari potensi pasar yang menjanjikan, Suzuki kemudian merilis motor yang “gagal sukses“, Suzuki Madura-Series. . . Yamaha juga tak mau kalah dengan meluncurkan Yamaha V-Max ! Motor V-Engine asal Pabrikan garputala tersebut mendulang kesuksesan yang cukup besar… Bahkan, masih eksis sejak dulu  hingga artikel ini dipublish loh Brosist !!

Tak lama kemudian, Kawasaki pun merespon dengan melaunching Cruiser Unik nya yang diberi label Eliminator-Series. . . Mengapa Eliminator disebut unik ? Ya, karena Cruiser ini menggunakan mesin Inline-4 asal Sport bike mereka ! Bukan dengan mesin berkonfigurasi V-Engine layaknya Cruiser kebanyakan. . .

 

BMW R1200C

BMW R1200C… The Boxxer Engine Cruiser !!

 

 

Tak ingin kalah dengan Pabrikan Jepang… Pabrikan asal Eropa pun mulai melirik kelas yang satu ini ! Mulai dari MotoGuzzi, Triumph, Victory, hingga sampai pabrikan sekelas BMW tuh Brosist. . .  Mereka menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding Cruiser yang sudah ada. . . Contohnya, adalah MotoGuzzi dengan Mesin V-Engine Logitudinal, atau BMW dengan Boxxer a.k.a Flat-Engine nya yang terkenal. . .

Akhirnya, Pada era 1980-an hingga saat ini, dimulailah era perang Power Cruiser yang justru lebih panas ketimbang Cruiser Standar. . . Dan seperti yang telah dibahas sebelumnya, Kelas Cruiser Standar tetaplah “dipegang” oleh Brand asal Amerika, yang kini juga mulai menyasar kelas Entry-Level Cruiser. . .

 

 

Kelebihan Cruiser Bike !

 

 

Harley davidson

 

Setelah kita membahas Penjelasan & Sejarah tentang Cruiser Bike. . . Kali ini, Mari kita lanjutkan ke pembahasan tentang kelebihan Motor Amerika ini. . . Cekdisot !!

 

Nyaman !

 

Harley Davidson Rileks

 

Meskipun punya sisi ergonomi yang terbilang cukup nyentrik diantara beberapa Jenis Sepeda Motor. . . Tapi faktanya, Cruiser memang didesain untuk kenyamanan bagi para usernya. . . Dengan tinggi jok yang bersahabat, Tentu bakal mendukung bagi Bikers yang kurang tinggi (baca : pendek), plus ergonomi nyaman dengan stang tinggi plus kaki selonjoran ke depan… Tentu bakal membuat punggung dan bagian belakang tubuh Brosist nggak cepat lelah tuh. . .

 

Enjoy & Rileks

 

Harley Davidson Ride

 

Yap ! Hal ini tentu masih berhubungan dengan point pertama diatas. . . Dengan posisi berkendara yang rileks dan enjoy, plus ditambah mesin yang mantap diajak berkendara santai… Tentu bakal membuat Brosist ketagihan deh ! Lagipula, Gak semuanya yang butuh motor super power yang bisa mengantarkan Brosist dari suatu tempat ke tempat lainnya secara cepat bukan ?? Jika Brosist adalah tipe yang enjoy menikmati perjalanan, sambil rileks, dan jadi bahan perhatian di jalan… Maka Brosist adalah sosok yang cocok tuh untuk motor Cruiser. . .

 

 

Komunitas !

 

Harley Davidson Komunitas

 

Disadari atau Tidak… Komunitas adalah salah satu penyebab utama Cruiser Bike seperti produk Harley-Davidson bisa berkembang sampai sejauh ini. . . Tanpa mengecilkan Komunitas Motor lainnya, Tapi Komunitas Cruiser-Bike memang punya perkumpulan yang solid ! Bahkan, Tak sedikit Bikers yang memilih Cruiser karena hal yang satu ini. . . Kalau kata orang Amerika sana,…. Setiap ada Bikers Sport Bike bertemu di jalan rata-rata langsung geber-geberan… Tapi kalo Rider Cruiser Bike bertemu, Pasti langsung chit-chat dan mengobrol ria deh. . . Entah ada benarnya atau tidak, hehehehee 😀

 

 

 

Well. . . Bagi Brosist yang pecinta Cruiser Bike, atau seseorang yang sudah tergila-gila dengan salah satu Produk Cruiser, seperti Harley Davidson yang melegenda…. Semoga artikel sederhana dari EA’s Blog ini mampu menambah wawasan Brosist yaa. . . Atau mungkin untuk Brosist yang ingin mengubah / memodifikasi tunggangan kesayangannya menjadi sosok Cruiser Bike, Semoga artikel ini juga mampu menginspirasi Brosist sekalian yaaa. . .

Yang jelas Apapun Jenis Motornya, Harus selalu Saling menghormati di jalan yaa Brosist. . . 😀

 

So, Cruiser Bike. . . Ini Dia Style ala Amerika !!

 

Harley Davidson WL

 

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

 

YZF R1 2015 Main

Jenis Sepeda Motor Sport Bike, Era Perang Teknologi !

 

CB650F

Jenis Sepeda Motor Naked-Bike & Streetfighter, Lahirnya Sepeda Motor Modern !

 

KTM 1290 Super Adventure 6

 Jenis Sepeda Motor Adventure Bike ?

 

FJR 1300

 Jenis Sepeda Motor Sport Tourer, Perpaduan 2 Jenis Motor Legendaris !

 

Goldwing 1800

Jenis Sepeda Motor Tourer Bike, Saat Jarak Tak Lagi Berarti !!

 

CRF

Jenis Sepeda Motor Dual Sport, Sang Pemilik Kepribadian Ganda !

 

Honda Magna 750

Honda Magna, The First Power Cruiser !!

 

Suzuki Madura 3

Suzuki Madura, Sang Cruiser Kekar yang Bernama Unik !!

 

Aquila 4

Hyosung Aquila 250, Mini Cruiser Bermesin Mesin V-Twin 250cc !!

31 comments

  1. Cruiser ? Emmmm :/
    Satu kata “MAHAL” :lol

    Artikel yg deferensi (bener teu nulisna?) sport 150cc part2 kapan a eno ? 😦

  2. yg ada di benak w pas liat cruiser bike dengan suara megaphone lantangnya yg membahana : ”Hell’s Angels kick your *ss, yoo.”

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s