Ini Dia Mitos & Anggapan Unik Seputar Roda 2 Indonesia !

 

 

Injeksi Lebih Baik Ketimbang Karburator, Atau Sebaliknya ?

 

 

Injeksi vs Karburator

 

Nah, Ini juga sering menjadi perdebatan sengit diantara bikers yang injeksi-holics, dengan karbu-holics. . . Padahal, Intinya keduanya sama saja ! toh, sama-sama ditujukan untuk penyuplai BBM ke ruang bakar kan ? So, Kalo ditanya mana lebih baik… Gimana jawaban EA’s Blog ??

 

Jawaban :

 

 

Soal mana yang lebih baik, injeksi atau karburator…? Keduanya jelas sama-sama punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. . .

 

Sejak diperkenalkan di dunia Roda 2 oleh Kawasaki Z1000G berpuluh tahun silam… Injeksi memang lebih cepat berkembang dibandingkan karburator. . . Hal tersebut karena, Sistem penyuplai BBM Injeksi punya keunggulan mampu menyuplai BBM & Udara (Oksigen) ke ruang bakar yang lebih baik ketimbang Karburator…

Hal ini dikarenakan Injeksi punya beragam sensor dan tetek bengek lain yang dikontrol via elektronik. . . Hasilnya, Konsumsi BBM pun bisa ditingkatkan ke-iritan nya (baca : efisien) dibanding karburator. . . Perawatan nya juga tergolong gampang-gampang susah, Karena butuh beberapa software untuk menyetting nya… Tapi justru itulah yang kini digemari oleh mekanik saat ini… cukup klak-klik di depan laptop/pc, Beres deh. . .

 

 

Nah, Karburator punya sisi yang berbanding terbalik dengan Injeksi. . . Penyuplai BBM yang ”tradisional” ini, punya keunggulan di simplisitas & biaya nya yang lebih hemat. . . Karburator tentu tidak membutuhkan software yang memusingkan orang awam seperti halnya Injeksi… Oleh karena itu karburator bisa diservis dimana saja, bahkan diservis kita sendiri. . .

Selain itu, Bagi para “oprekers” mania yang doyan utak-atik mesin seperti EA’s Blog… Karburator tentu menjadi pilihan tepat ! Karena selain lebih mudah dan familiar untuk disetting… perangkat pendukung peningkat performa lainnya juga lebih murah ketimbang Injeksi. . .

 

Lantas mana yang lebih Baik Kang Eno ?? Kalau ditanya demikian… EA’s Blog akan balik bertanya… Lebih baik dalam hal apa ? Dalam hal efisiensi, tingkat emisi (polusi), dan kontrol supply BBM ? Jelas Injeksi lebih baik ! Tapi kalau ditanya lebih baik dari sisi simple, familiar, reliable, dan lebih hemat ? Karburator lah jawaban nya. . . So, Masing-masing punya kelebihan & kekurangan kan Brosist ??

 

Anggapan & Mitos Unik Selanjutnya >> Lebih Baik Beli Motor Impor (CBU) daripada Lokal ?

Sebelumnya << Ban Kecil = Tambah Kencang ?

Iklan

48 comments

  1. kalo matik liat-liat brand embasador dan tag iklannya juga sih yang di bidik pasar apa, kalo hanya wanita dan bilang “wanita jangan mau ketinggalan” ya itu emang motor nyasar cewek, kalo cowok pake ya “waria jangan mau ketinggalan”… eh

  2. wah kang eno lupa mitos fenomenal itu

    “motor honda semakin jozzz klo mesin ny dah panas…pabrikan lain sebalik ny”

    ntah bner p kagak 😀

  3. Hehe motor tiger ane pernah tuh pake ban belakang 90/90 gara2 wkt itu doku lagi tipis. Tp enak juga belok ngerebah mantep tp ada batas kemiringan soalnya lebih dikit udah geol2 pdhl pelek + sokbreker + sasis ga bengkok/peyang/rusak

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s