Ini Dia Mitos & Anggapan Unik Seputar Roda 2 Indonesia !

 

 

DOHC lebih Kencang dari SOHC ?

 

 

 

Gixxer DOHC Engine

 

Inilah yang selalu menjadi perdebatan seru yang hampir tak berujung… Sebut saja bagi setiap bikers alay ala fansboy,,, pasti langsung mencak-mencak bila membahas soal jumlah camshaft… yang mungkin bahkan belum pernah mereka lihat seperti apa bentuknya. . . Damn !! Padahal, Ini tentu kembali ke inovasi yang diberikan pabrikan… banyak produk roda 2 SOHC yang mampu menjungkalkan DOHC, begitupun sebaliknya… tak sedikit juga produk bermesin DOHC yang unggul mutlak terhadap SOHC !!

 

Jawaban :

 

 

SOHC Engine'

 

Yang perlu dibaca dan digaris bawahi oleh Brosist sekalian adalah… Karakter dan Performa suatu mesin, tentu kembali ke Kubikasi Mesin (cc), Ukuran Bore x Stroke, Ukuran/Jumlah Valve (Klep), Rasio Kompresi, Rasio Gear, dll. . . Jadi bukan semata-mata tentang DOHC ataupun SOHC !!

 

Dalam kasus ini (kita anggap semuanya dalam level yang sama), Mesin DOHC (Double Overhead Camshaft / Noken As Ganda) lebih unggul dalam hal kapasitas Power output yang mampu dipotimalkan & kemampuan untuk berkitir di RPM yang lebih tinggi. . .

Hal tersebut dimungkinkan karena keberadaan 2 Camshaft (Noken As), sangat mendukung penggunaan Valve (klep) yang lebih banyak ketimbang mesin SOHC… Nah, Dengan jumlah klep yang lebih banyak, Tentunya aliran campuran udara & bahan bakar ke ruang bakar menjadi lebih mumpuni, serta diameter piston mampu lebih diperbesar… Gunanya ? Ya ! Pasti untuk mengejar power yang jauh lebih besar. . . Inilah salah satu alasan mengapa DOHC lebih digemari di ajang balap, dan sering disebut dengan “Mesin yang Potensial untuk Kencang“. . .

 

Sementara itu, Mesin dengan spek SOHC (Single Overhead Camshaft) diuntungkan dengan konfigurasi yang lebih simpel, ringan, dan ekonomis… Ekonomis disini, Maksudnya hemat dalam biaya pembuatan & efisiensi BBM nya yang mumpuni. . . Rata-rata mesin SOHC biasanya dibekali dengan stroke (baca : langkah piston) yang lebih panjang (Overstroke) ataupun kombinasi Bore x Stroke yang seimbang (Square Engine)… Hal ini dimaksudkan untuk menggapai power di rentang RPM rendah yang lebih mumpuni… dimana ini adalah kekurangan mutlak mesin DOHC yang biasanya Overbore. . .

 

Meskipun demikian, Banyak juga koq Mesin SOHC yang bisa dioptimalkan dalam sisi power Bro & Sist !! Beberapa contohnya adalah Mesin SOHC 2 Valve milik Honda Sonic/CS1, hingga SOHC 4 Valve ala Kawasaki Pulsar 200NS… Jika Brosist jeli, Motor yang tadi EA’s Blog sebutkan punya diameter piston yang besar (overbore) & ukuran klep yang mumpuni tuh. . .

Dan pada akhirnya… Semuanya pun kembali pada jawaban di awal paragraf yang digaris bawahi tadi….. heheheee 😀

 

 

Anggapan & Mitos Unik Selanjutnya >> Ban Kecil = Tambah Kencang ?

Sebelumnya << Skutik Itu Motor Cewek… Cowok ya Sport Dong !

Iklan

48 comments

  1. kalo matik liat-liat brand embasador dan tag iklannya juga sih yang di bidik pasar apa, kalo hanya wanita dan bilang “wanita jangan mau ketinggalan” ya itu emang motor nyasar cewek, kalo cowok pake ya “waria jangan mau ketinggalan”… eh

  2. wah kang eno lupa mitos fenomenal itu

    “motor honda semakin jozzz klo mesin ny dah panas…pabrikan lain sebalik ny”

    ntah bner p kagak 😀

  3. Hehe motor tiger ane pernah tuh pake ban belakang 90/90 gara2 wkt itu doku lagi tipis. Tp enak juga belok ngerebah mantep tp ada batas kemiringan soalnya lebih dikit udah geol2 pdhl pelek + sokbreker + sasis ga bengkok/peyang/rusak

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s