Glenn Curtiss, Sang Pria Pecinta Rekor Kecepatan !!

 

Glenn Curtiss

 

Ada yang tau sosok Glenn Curtiss ?? Atau malah Brosist lebih paham sosok Glenn Fredly ?? 😀 … Ya, Sosok Glenn Curtiss adalah seorang pecinta dunia roda 2 & penerbangan, yang pernah menggetarkan dunia di awal tahun 1900 silam. . . Apa saja hasil yang pernah ditorehkan Glenn Curtiss ?? Dan mengapa namanya sampai layak mengisi daftar artikel Historical ala EA’s Blog ?? Nah, Langsung aja kita bahas yuk Brosist. . . Cekidots !

 

Siapakah Glenn Curtiss ??

 

 

Glenn Curtiss Pesawat

 

Glenn Hammond Curtiss atau yang akrab disapa Glenn Curtiss, adalah seorang pionir dunia penerbangan Amerika Serikat, sekaligus pendiri Industri Penerbangan Amerika hingga besar seperti sekarang ini. . . Pada awal tahun 1904, Curtiss mulai memproduksi mesin untuk pesawat nya sendiri… hingga akhirnya pada tahun 1908 Curtiss diberikan kehormatan untuk bergabung dengan Aerial Experiment Association (AEA)… Sebuah kelompok penelitian perintis, yang didirikan oleh Alexander Graham Bell. . . Kenal Opa Alex Graham Bell kan ?? Ituloh, Ilmuwan penemu telepon dan alat telekomunikasi yang melegenda. . .

 

Lantas, Apa hubungan Curtiss dengan dunia Sepeda Motor Kang Eno ??

 

 

Motor Pertama Glenn Curtiss

 

Nah, Selain dikenal sebagai orang yang berjasa penting dalam dunia penerbangan Amerika Serikat… Glenn Curtiss juga dikenal sebagai pebalap sepeda ulung. . . Bahkan Glenn Curtiss juga memulai karirnya sebagai pembuat, sekaligus penjual sepeda di tahun 1901 silam. . . Ketertarikan Curtiss terhadap dunia roda 2 semakin tinggi, saat mesin sepeda motor mulai dikenal luas di kalangan masyarakat Amerika. . . Karena memang keahliannya dibidang permesinan sangat mumpuni, Ia mampu membuat sepeda motor ciptaannya sendiri hanya dalam waktu setahun saja loh Brosist !

 

Setelah mampu membuat motor pertamanya yang bermesin silinder tunggal di tahun 1902 (lihat gambar diatas)… Glenn Curtiss tak lantas bersenang hati. . . Dalam jangka waktu hanya setahun, Ia kemudian membuat motor selanjutnya di tahun 1903. . . Yang lebih fantastis dan mencengangkan… Hanya butuh 2 tahun bagi Curtiss untuk membuat 2 sepeda motor, dimana salah satunya kemudian dikenal sebagai “Motor Tercepat di Dunia“. . .

 

 

Rekor Dunia Pertama : Curtiss Hercules V-Twin 1000cc !

 

 

Curtiss Hercules V-Twin

 

Oke, Kita lanjutkan pembahasan detail tentang sosok motor kedua buatan Glenn Curtiss ini, berikut segala aspek pencapaiannya. . . Setelah sukses membuat Motor bermesin Single Silinder pada percobaan pertamanya… Ia lantas membuat sebuah motor yang lebih spektakuler, dengan spesifikasi mesin V-Twin 1000cc. . .

Dan coba tebak ! Siapa sangka, 90 – 100 tahun kemudian setelah kemunculan Curtiss V-Twin… Konfigurasi mesin ini kembali menjadi idola untuk kategori Motor berperforma tinggi, seperti yang bisa kita saksikan di berbagai Pabrikan Amerika, Eropa, Bahkan hingga Jepang sekalipun. . .

 

 

Curtiss Hercules V-Twin 2

 

Dan coba Brosist bayangkan….. Membuat motor 100 tahun yang lalu tentu jauh..uhh…uhhh lebih sulit dibanding era modern seperti saat ini. . . Dibutuhkan Pandai Besi dengan kemampuan tinggi yang mampu membuat frame berkualitas (Tanpa alat manufakturing canggih), Sketsa awal dengan secarik kertas dengan tinta (tanpa bantuan komputer canggih 3D seperti sekarang), Proses yang lama untuk menempa komponen mesin (Tanpa Alat Casting/Forging Canggih), Percobaan trial & error yang mengorbankan nyawa (Karena jalanan plus perlengkapan safety belum seperti sekarang), dan pastinya seabrek kesulitan lainnya. . .

 

Tapi itu bukan halangan bagi Glenn Curtiss ! Ia mampu menciptakan Motor 1000cc bermesin V-Twin yang saat itu langsung mampu menggemparkan dunia Roda 2. . . Motor yang dinamai Curtiss Hercules V-Twin ini mampu mencatatkan top speed hingga 64 Mph (103 Km/h) pada lintasan 1 Mil (1,6 Km) di tahun 1903 silam !! Dan betapa terkagetnya para Jurnalis yang kala itu berkunjung ke markasnya… Karena ternyata Glenn Curtiss menciptakan motor ini di garasi belakang toko sepeda pribadinya, dengan bantuan alat-alat sederhana. . . Ehh Busyeddd !!

 

 

Tahukah Brosist ??

Di saat yang bersamaan, Motor Produksi Massal tercepat di dunia saat itu (Werner Single) yang didukung perlengkapan manufaktur terdepan di masanya… hanya mampu mencatatkan rekor 30 Mph (48 Km/h), alias bahkan tak dari setengah kecepatan Curtiss Hercules V-Twin. . .

 

 

 

Rekor Dunia Kedua : Curtiss V8 4000cc !

 

 

Curtiss V8 1907

 

Rekor yang menakjubkan dari Glenn Curtiss berikutnya, Terjadi di tahun 1907… Atau 4 tahun dari catatan Rekor sebelumnya. . . Di Tahun ini Glenn Curtiss membuat sejarah baru dengan membuat lompatan besar dari Curtiss Hercules V-Twin, menjadi Curtiss V-8 yang bermesin 8 Silinder plus Kubikasi 4000cc !! Mesin ini diambil dari Pesawat ciptaannya sendiri, AEA Red Wing & AEA White Wing. . .

 

Gilanya, Motor bermesin V-8 yang memuntahkan power maksimum 40 HP ini… Mampu menggapai top speed maksimum 136,36 Mph (219 Km/h) pada tahun 1907, atau tepat 108 tahun silam !!! What the Fu** !! Lebih gokilnya lagi, Motor buatan Glenn Curtiss ini mampu melampaui rekor yang diciptakan Mobil Tercepat di Dunia, Bahkan mengalahkan Rekor Kereta & Pesawat Tercepat di Dunia pada saat yang bersamaan…. Edaaann poll gokilnya !! 4 Jempol buat Glenn Curtisss dari EA’s Blog !!

 

Tahukah Brosist ?

Pada saat yang bersamaan, Rekor untuk Mobil Tercepat di Dunia adalah 127 Mph (205 Km/h)… Rekor Kereta Tercepat di Dunia adalah 131 Mph (211 Km/h)… serta Pesawat Tercepat di Dunia adalah 37,85 Mph (60,9 Km/h). . . Dan itu berarti, Curtiss V-8 adalah kendaraan Tercepat di Dunia pada Masanya !

 

 

Curtiss Hercules V8

 

Sayangnya, Karena saat itu belum ada pencatatan rekor dunia yang resmi… Akhirnya status kecepatan Curtiss V-8 yang hampir mencapai 220 Km/h tersebut bersifat unofficial alias Tidak Resmi. . . Namun, Saat pencatatan rekor dunia mulai dilakukan pada tahun 1920 silam oleh FIM… Butuh 27 tahun untuk melampaui rekor yang ditorehkan oleh Curtiss V-8. . .

Tepatnya tahun 1930 silam oleh OEC JAP Supercharged V-Twin yang mampu mencatatkan rekor 137 Mph (220 Km/h)… atau hanya terpaut 1 Km/h dari Curtiss V-8. . . What a magnificent record by Glenn Curtiss….!

 

 

 

Well. . . Sayangnya, Glenn Curtiss harus tutup usia di tahun 1930 silam (Usia 52 Tahun), Karena komplikasi penyakit usus buntu yang dideritanya. . . Namun, Hingga era modern seperti sekarang… Hasil karya seorang jenius di dunia penerbangan & sepeda motor ini, jelas amatlah sayang bila kita lupakan ataupun acuhkan begitu saja untuk dijadikan pembelajaran. . . Karena dengan segala keterbatasan dalam hidupnya, Glenn Curtiss tak pernah ragu untuk terus menciptakan karya-karya yang fenomenal. . .

Dan semoga kisah hidup & pencapaian Glenn Curtiss yang EA’s Blog tulis di Artikel sederhana ini… Mampu menginspirasi Brosist sekalian untuk terus berkarya, menghasilkan yang terbaik. . . Aminn 🙂

 

 

So, Glenn Curtiss… Do You Know Him Brosist ??

 

Glenn Curtiss 2

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

John Britten, Sosok Inspiratif Sang Kreator Britten V-1000 yang Melegenda !!

Britten V-1000, Sosok Superbike Terbaik yang Penuh Kisah Inspiratif !

Gilera Rondine Four, Sosok 4 Silinder Supercharger dari Masa Lampau !!

Honda NR750, Kreasi, Inspirasi & Inovasi Gila yang Menembus Dekade !

Yuk Intip Barber Vintage Motorsports Museum, Koleksinya Ajib Brosist !!

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part. 1)

Pelajaran Penting Dari Kisah Soichiro Honda. . .

Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa ! (Part.I)

Kisah Tadao Baba & Sejarah Tentang CBR Fireblade !!

Beberapa Fakta Sejarah Unik, Tentang Pabrikan Roda 2 !

48 comments

  1. Wah wah wah 😮
    ini baru mahakarya sebuah motor 😀
    1000cc ? 4000cc ?
    Alat sedanya ????
    Kapan a eno jadi curtiss selanjutnya ?? 😀
    salam joss plontos :v

  2. 4000 cc dgn frame seadanya, apa kbrnya tuh ‘biji’ kna getarannya? Wkwk.. Btw kl tahun segitu 4000 cc v8 dpt 219 km/h gmn kl di jaman modern yah? FGR Midalu aja cuman 2500 cc v6 ‘gak seberapa’ kencengnya..

  3. Luar biasa…gak nyangka motor v twin yg sangat mirip generasi awal Harley Davison ini dibuat hand made oleh satu orang saja? awwwsammm…. builder kita juga harus didukung kayak Bro Moh Adip di Purwokerto yang bikin V twin dari CB dll…keep creative!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s