WTH : San Boldo Pass, Jalan Unik Bagai di Film Kartun !

 

Passo San Boldo Main

 

Berhubung lagi pada asik weekend, Kali ini postingan artikel yang ringan-ringan aja dulu yaa Brosist. . . Berbicara masalah Jalanan… Dulu EA’s Blog sempat terheran-heran saat melihat cuplikan jalanan edan nan mematikan ala Bolivia’s Yungas Death Road. . . Namun, Berhubung EA’s Blog bukan blog copas lakalantas 😀 , Jadi pembahasannya kita alihkan saja ke sebuah Jalanan lain yang tak kalah Unik… yang IMHO, persis seperti di film fiksi atau kartun. . . Kalau nggak percaya, Brosist boleh cek gambar diatas secara seksama deh. . .

Eits, Tapi jalanan ini bukan editan atau ala software komputer koq Brosist… Alias benar-benar ada dan demikian keadaannya tanpa dikurangi atau ditambahkan ! Brosist penasaran ?? Yuk kita cek bareng-bareng Brosist…. Cekdisot !!

 

Passo San Boldo 2

 

Jalan yang EA’s Blog maksud adalah San Boldo Pass, atau yang bahasa italianya disebut Passo San Boldo… Passo San Boldo adalah Jalan kecil yang membelah pegunungan diantara kota Trichiana & Tovena, di Negeri Pizza, Italia. . . Jalan yang berada di sisi selatan pegunungan Alpen ini, terletak di ketinggian 706 m diatas permukaan laut, dan memiliki panjang sekitar 17 km tuh Brosist. . .

Sebenarnya, yang membuat EA’s Blog terkagum-kagum bukan ke ”ekstrim” an atau ke ”bahaya” an nya seperti Death Road lainnya Brosist, Tapi struktur jalanannya itu loh. . . Jalanan ini bukannya memutari gunung (seperti yang sering kia lihat di tanah air), Tapi justru memotong atau melubangi gunung itu sendiri !

Ditambah dengan arsitekur jalanan + jembatan yang unik, Membuat jalanan ini tampak bagaikan di film kartun Brosist !! Kereennn euy, Indonesia kapan yaaa 😛

 

Passo San Boldo 3

 

Yang unik lainnya, Adalah sisi historis dari jalanan ini. . . Dulunya, Jalanan ini dibuat oleh tentara Austria-Hungaria pada tahun 1918 silam. . . Jalanan ini dibuat untuk mengangkut peralatan logistik & artileri lainnya…. Pembangunan jalanan ini dimaksudkan untuk menggantikan jalan sebelumnya tuh Brosist, yang punya sudut kemiringan sangat ekstrim (bisa dilihat dari topologi tanahnya) !

 

Sisi menyedihkannya, Pembangunan jalanan unik ini dilakukan oleh Tawanan Perang, Wanita, Orang Tua, Anak-anak & Penduduk setempat, yang terbagi dalam 3 shift kerja. . . Tapi Kerennya, Mereka mampu melakukannya secara non-stop hanya dalam 3 bulan atau 100 hari saja loh Brosist !! Oleh karena itu, Jalanan ini disebut juga ”Road of 100 Days” atau ”Jalan 100 Hari”. . .

 

 

 

Well. . . Hingga saat ini, Jalan San Boldo ini masih digunakan untuk keperluan publik… Bahkan sering juga digunakan untuk event-event tertentu loh Brosist. . . Hanya saja, Jalannya hanya 1 arah… Alias ada lampu merah di masing-masing ujung jalan, yang akan mengatur lintasan unik ini. . . Selain itu, Jalanan ini hanya muat untuk kendaraan dengan tinggi kurang dari 3, 2 m. . . Itu karena dulu ada bus yang sempat ”nyangkut” di dalam terowongan San Boldo ini. . . Wkwkwk, ada-ada saja…. 😀

 

 

So, San Boldo Pass… Keren Nggak Brosist ??

 

Passo San Boldo

 

 

Baca juga yaa Brosist…..

 

Wow, Ternyata Seperti ini Keadaan Jeroan Mesin Motor Saat Bekerja !

Ini Dia Motor Transformer Versi Manusia !

You Know, Tak Selamanya Wanita Suka Dibonceng Motor Gede !!

Lupa Melepas Kunci Pengaman Ganda di Parkiran, Biker ini Bikin Ngakak sampe Mules !!

Benarkah Motor Keren Jadi Solusi Jitu Cowok Gaet Cewek Cantik ?

Apa Jadinya Kalau Honda Kolaborasi dengan Suzuki ? Jadinya Satria Supra 150cc Brosist !!

Kalau Marc Marquez bisa Elbow-Down, Bikers ini bisa Head-Down tanpa Motor MotoGP !!

Busyedd, NOS Meledak di Balapan Drag-Race ! Fantastis, Tapi Syerem !!

Punya Problem “Dingklik” karena Tinggi Badan ?? Belajarlah dari Bikers ini Bro !!

Saat Burnout Dirasa Terlalu Mainstream… Ini Dia Burnout dengan Roda Depan !! Gilaaaa….

38 comments

  1. wah waktu pernah lewat daerah tarutung sumatera utara …jalur ny juga melubangi gunung gitu tapi y cuma satu terowongan j…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s