Yuk, Kenali Musuh Yang Mampu Merusak Warna Cat Motor Kita !

 

Warna Motor

 

Kalau sebelumnya kita sudah kupas tuntas tentang Arti warna tunggangan kesayangan kita… Nah Kali ini, ada baiknya kita juga mengenal beberapa musuh utama yang mampu merusak keindahan warna tersebut. . . Musuh utama cat motor berikut ini, adalah yang sering atau bahkan hampir selalu ditemui & menjadi biang kerok dibalik memudar, menguning, atau mengusam nya keindahan Warna Cat tunggangan kesayangan kita. . .

Nah, Dalam artikel kali ini, EA’s Blog sekaligus akan memberikan solusi menanggapi musuh utama Cat tersebut. . . Langsung aja kita intip Bro & Sist… Cekidots !

 

 

1. Air Hujan

 

 

 

Air hujan yang membasahi motor memang terlihat menyenangkan ( karena seakan-akan, motor dicuci secara alami 😀 ). . . Namun jangan salah loh Brosist… Air hujan terutama di kota besar, mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang mampu mengalahkan lapisan pengkilap cat motor (pernis), kemudian merusak lapisan cat, sekaligus mengkaratkan part logam motor kita. . .

 

Solusi : Selalu bilas motor yang telah terkena air hujan dengan air bersih… Atau kalau bisa, sekalian cuci motor setelah terkena hujan. . .

 

 

2. Terik Matahari

 

 

 

Yang satu ini terkadang menjadi problematika bagi kebanyakan Bikers… Memarkir motor dengan terkena terik matahari langsung dalam waktu lama (apalagi lebih dari 5 jam), tentu dapat memudarkan warna cat motor. . . Hal ini disebabkan oleh Radiasi sinar ultraviolet (UV) yang ada di terik matahari mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang mengakibatkan kusam, memudar, atau menguning. . .

 

Solusi : Parkirlah tunggangan kesayangan Brosist di tempat yang teduh… Atau kalau perlu, Sekalian bawa sarung penutup motor. . .

 

 

3. Debu

 

 

Mungkin debu terdengar sepele… Tapi partikel pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini, juga bisa membuat keindahan warna motor kita terganggu loh Brosist. . . Debu memang partikel halus, Tapi bila kita salah membersihkannya, Debu bisa membuat body menjadi baret-baret loh Brosist. . . Dan akhirnya, Warna cat motor yang mencerminkan personality kita, Tak mampu terpancar sempurna deh 😦

 

Solusinya : Jangan mengelap debu langsung dengan lap kering ! Itu hanya menyebabkan baret-baret tipis di permukaan body. . . Biasakan langsung membasuh debu dengan air, agar partikel tanah lembut tersebut luntur dari body… barulah kita lap dengan kain microfiber (kanebo). . .

 

 

4. Kotoran Burung

 

 

 

Apa solusi terbaik saat parkir dan tak membawa sarung penutup motor ?? Yup benar ! Dengan menaruhnya di bawah pohon yang rindang… Namun, hal ini ternyata masih juga mengandung resiko loh Brosist ! Yakni kotoran dari burung yang hinggap di dahan pohon tersebut. . . Kotoran burung ini tak hanya mampu meninggalkan bercak membandel di cat loh Brosist… Tapi juga mampu mengelupas lapisan cat motor kesayangan. . .

 

Solusinya : Bawalah penutup motor yang melindungi body… Atau bila terlanjur kena kotoran burung, Brosist harus segera membersihkan nya dengan air & dilap dengan kain microfiber (kanebo)

 

 

5. Deterjen & Proses Cuci Motor !

 

 

 

Seperti sudah kita ketahui bersama… Deterjen atau yang biasa digunakan untuk mencuci baju bersifat panas, dan mampu mengikis warna cat motor kita. . . Selain itu, Perhatikan saat mencuci motor ! Jangan satukan ember berisi campuran air + shampoo, untuk mencuci body & bagian lain yang kotor (banyak tanah)…. Karena ember yang digunakan untuk mencuci bagian kotor tersebut pasti banyak meninggalkan kotoran, yang mampu meninggalkan baret-baret pada motor kesayangan. . .

 

Solusinya : Gunakan Shampoo khusus untuk mencuci motor, Harganya gak mahal koq Brosist… Paling hanya Rp.1000 untuk sekali cuci. . . Dan pisahkan ember (berisi air+shampoo) yang digunakan untuk mencuci body & bagian kotor lainnya. . . Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci motor di posisi yang teduh, dan kondisi mesin motor sudah dingin…

 

 

6. Sisa Air Cuci Motor !

 

 

 

Seringkali saat kita telah selesai mencuci motor, Masih ada sisa air yang menempel di Body Motor. . . Sedikit pesan dari EA’s Blog, jangan biarkan butiran air tersebut tertinggal lama di Body motor Brosist…. Karena butiran air tersebut mampu meninggalkan bercak air, atau yang dikenal dengan nama watermark. . . Jika sudah demikian, Bakalan repot untuk mengembalikan ke kondisi semula ( Ini berdasarkan pengalaman pribadi EA’s Blog di Spacy “Bob” 😦 )

 

Solusinya : Pastikan body motor dalam keadaan kering saat kita selesai mencuci motor… Untuk memastikannya, Kita bisa memiring-miringkan motor agar air yang tersisa bisa turun. . . Hal ini sangat dianjurkan untuk bagian cat body motor yang berwarna glossy (mengkilap), Kalau untuk bagian lain sih oke laahh…

 

 

7. Tumpahan Bahan Bakar, Oli & Minyak Rem

 

 

 

Seringkali, Saat mengisi BBM hingga full tank (penuh), BBM tersebut meluber ke bagian body motor kita (atau tangki di motor batangan). . . Nah, tumpahan/luberan BBM tersebut ternyata bisa membuat problem saat terkena body/tangki motor kita loh Brosist…Masalahnya, Cairan bahan bakar tersebut bisa meresap ke dalam lapisan cat, dan jika sudah parah, akan hampir mustahil untuk dibersihkan. . .

 

Solusinya : Saat Body / Tangki terkena tumpahan bahan bakar, bersihkan sesegera mungkin dengan kain microfiber atau Kanebo….

 

 

 

Well. . . Ternyata banyak juga yaa biang kerok dibalik mengusam & menguning nya cat motor kita. . . Namun, Jangan takut yaa Brosist, karena jika ada salah satu dari problem diatas menimpa Brosist tinggal lakukan saja solusi diatas… Dijamin, Warna cat yang secara tak langsung menjadi identitas personality kita bakal terjaga tuh Brosist. . . Apalagi, Saat ini kualitas cat standar dari beberapa pabrikan juga sudah mulai….. Ahh you know lahh Brosist 🙂

 

 

So, Ayo Rawat Warna Cat Motor Kita !!

 

 

Cuci Motor

 

Baca juga yaa Brosist…

 

Spesial : Apa Warna Favorit Untuk Tungganganmu ? Ini dia Penjelasannya !!

Musim Hujan Tiba ?? Tenang… Persiapkan Diri & Kalian Brosist !!

Kinclongkan Blok Silinder Dengan Blau !

Mengapa Bikers Selalu Identik Dengan Kata “Modifikasi” ?

Modifikasi Honda CBR150R Ala Naked-Tourer, Mantap Joss !!

Modifikasi Bajaj Pulsar 180 Ala Aprilia RSV4, Bikin Speechless !!

Modifikasi New Scoopy FI, Keren & Catchy Abiss !!

Modifikasi Yamaha New Vixion Ala R25, Mantap Joss !

Modifikasi Yamaha Byson 250cc, Engine Swap Jepang – India – Tiongkok !

Modifikasi Honda CBR250R ala Cafe Racer, Keren Poll !!!

Wow, Modifikasi Honda CS1 yang Satu Ini Keren Abis !

Ini Dia Modifikasi Honda Zoomer-X Yang Bikin Ngiler Abiss…..

Iklan

28 comments

  1. Kalo biar aman dr faktor lingkungan sih minimal cuci + wax tiap 3bulan sekali..
    Kalo bisa sih pake yg premium wax yg dipake di detailing. Dijamin cat aman seperti baru trus & kotoran gak gampang nempel 😀

      • Iya sih, yg paling penting kalo motor kotor segera di lap basah pake kanebo aja cat pst awet sama jgn dijemur..

        Motor saya dicuci pas service aja, sisanya cm lap pake kanebo sampe skarang msh kinclong. Paling knalpot karat dikit gara” emang semua vixion kyk gitu :p

      • Emang nih, kualitas cat knalpot gak terlalu bagus. Padahal jarang bgt kena ujan sm gak dijemur, tp ttp aja berubah jadi orange -_-
        Minta diganti sm yg branded kalik ya? 😅

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s