Yamaha SC-1, Skuter Pertama dari Pabrikan Garputala !!

 

Yamaha SC-1

 

Kehadiran Yamaha Mio M3 125 Blue Core, Sejak kemarin memang menjadi bahan perbincangan di kalangan jejaring social, hingga jagad blogsphere. . . Namun kali ini kita tidak akan membuat berita tentang kehebohannya yang sedang ramai dibicarakan ( EA’s Blog gitchu lohh *sombong:modeon 😛 ), Tapi tentang sesosok sepeda motor yang menginspirasi lahirnya skutik terbaru Yamaha tersebut, Yakni Yamaha SC-1. . .

Penasaran seperti apa detail & aspek historis Yamaha SC-1 ini ?? Yuk, Langsung aja kita simak bareng-bareng Brosist…. Cekidots !!

 

The History !

 

 

Yamaha SC-1 2

 

Di akhir era 1940-an, Deretan produk Vespa Piaggio menjadi sosok yang sangat revolusioner di dunia sepeda motor. . . Lewat kreasi Skuter nya yang kuat, tangguh, berbanderol terjangkau, dan nyaman dikendarai… Skuter telah berkembang menjadi sosok sepeda motor yang keberadaannya bahkan mampu mengoyang eksistensi motor batangan !!

Terlebih Pabrikan Jepang lainnya seperti Mitsubishi & Fuji Heavy Industries juga ikut menikmati berkembangnya Pasar Skuter di akhir era 1950-an. . . Mereka masing-masing sukses dengan produknya, Mitsubishi “Silver Pigeon” & Fuji Heavy Industries “Rabbit”, yang bergenre skuter. . .

 

 

Yamaha SC-1

 

Diakui atau tidak, Hal ini tentu saja menginfluence Yamaha yang saat itu baru mulai aktif di dunia Industri sepeda motor. . . Setelah melahirkan YA-1, YC-1, YA-2, YD-1 & YDS-1, sejak periode 1955-1959 silam (semua yang EA’s Blog sebutkan tadi adalah motor bergenre sport-classic)…. Yamaha kemudian melaunching sebuah produk dengan genre baru di Bulan Maret 1960 silam, yang diberi nama SC-1 dan dipercaya memiliki arti Scooter 1 / Skuter pertama dari Yamaha. . .

Yamaha SC-1 tak hanya sekedar motor “coba-coba” dari Yamaha loh Brosist !! Buktinya, beragam teknologi terbaru di masa itu sengaja dihadirkan oleh Pabrikan Garputala sebagai bukti keseriusannya. . .

 

 

Yamaha SC-1, The Detail !

 

 

Yamaha SC-1 6

 

Dari sisi Desain, Yamaha SC-1 mencoba sedikit bermain dengan desain & styling yang berbeda dari Vespa Piaggio… Meskipun saat itu (tahun 1960-an), Vespa sedang banyak digemari. . . Jika vespa mengusung desain yang membulat dengan lampu berada di posisi stang, Maka Yamaha SC-1 mengusung desain yang lebih mengotak, dengan lampu yang berada di body depan ( kalau kata bikers sekarang sih namanya “lampu bego”, wkwkwk ). . .

 

Yamaha SC-1 5

 

Sasis milik Yamaha SC-1 mengusung model monokok (monococque) yang kokoh & kuat. . . Suspensinya juga bisa dibilang cukup istimewa, dengan dijejali model single sided suspension di roda depan dan belakang. . . . Konstruksi seperti ini tentunya semakin memudahkan usernya, terutama saat harus mengganti roda belekang. . .

Dimensi Yamaha SC-1 juga masih tergolong mini koq Brosist, panjangnya hanya mencapai 1.770 mm, tak berbeda jauh dengan Mio Generasi sekarang… Namun, untuk urusan bobot, Skuter ini punya berat 123 kg alias jauh lebih berat dibanding skutik masa kini yang rata-rata berkisar diantara 100 Kg saja…. Wajar lah yaa, Materialnya juga pasti masih banyak bahan logamnya tuh, sasisnya aja Monokok…. 🙂

 

Yamaha SC-1 3

 

Untuk urusan jantung pacu, Yamaha membekali SC-1 dengan Mesin 2-Tak, Silinder tunggal, dengan kubikasi 175 cc… Sementara untuk sistem pendingin mesinnya, Motor yang dulu dibanderol 150.000 Yen (sekitar Rp. 15,2 jutaan) ini, masih mengandalkan pendinginan udara biasa tuh Brosist . . .

Pabrikan garputala lewat situs resminya, mengklaim tenaga maksimum sang SC-1 mampu mencapai 10,3 HP di 5.500 RPM, dengan torsi maksimum 15 N.m di 3.600 RPM. . . Dengan karakteristik power seperti ini, SC-1 sangat memanjakan usernya karena tak perlu menggeber gas lebih dalam untuk mencapai kecepatan yang diinginkan tuh Brosist. . .

 

Seperti yang telah sedikit disinggung di pembahasan point pertama tadi, Yamaha SC-1 ternyata dibekali beberapa teknologi terbaru di era-nya loh Brosist. . . Contohnya, Seperti penggunaan electric starter dengan bantuan dynamo-starter di mesinnya. . . Dan untuk lebih memudahkan penggunanya, Yamaha memberikan transmisi dengan hanya 2 percepatan… yang kemudian tenaganya diteruskan ke ban belakang melalui shaft (gardan). . .

 

 

 

Well. . . Kehadiran dan kesuksesan Yamaha SC-1 yang saat itu mampu menarik hati konsumen jepang, melecut semangat Yamaha untuk memproduksi produk skuter selanjutnya. . . Maka tak heran, di era selanjutnya Yamaha kembali meluncurkan skuter-skuter andalannya ke pasar domestic, hingga ke luar negeri. . . Produk seperti Yamaha Passol, Yamaha Cygnus, Yamaha Tracy, Yamaha Majesty, hingga ke era Yamaha Max-Series dan Mio-Series, yang kini akan memulai babak baru di kancah skutik Indonesia 2015 mendatang. . .

 

So, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan tagline :

” Yamaha SC-1, When The First being The Most Inspiring Scooter “

 

Yamaha Scooters Generation
Oke… Sampai disini dulu perjumpaan kita di Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Di kesempatan berikutnya, Kita akan bertemu lagi bersama jajaran motor legendaris lainnya yang tentunya sayaaaaanggg banget buat dilewatkan. . . Jadi, Tetep stay tuned terus bareng EA’s Blog yaa Brosist… 😀

 

So, Yamaha SC-1. . .

Ini dia Skuter Pertama & Revolusioner dari Yamaha !!

 

 

Yamaha SC-1 2

 

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Ini Dia Evolusi Sport 250cc Yamaha, Dari Masa ke Masa !

Yamaha RZ201, Sisi Misterius dari Pabrikan Garputala !!

Yamaha YZF750R, Klan YZF Series Pertama di Dunia !!

Yamaha Tesseract, Motor Konsep Beroda 4 dengan Penampilan Bengis !

Yamaha Y125 Moegi, Motor Konsep Unik Dari Yamaha !

Yamaha YZR500, Juara Dunia GP Kelas Premier Perdana Untuk Yamaha !

Ini Dia Alasan Yamaha YZF R25 Laris Manis, Mengungguli Penjualan Ninja 250 !

Yamaha Genesis, Teknologi 5 Valve per Silinder ….

Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak….

Yamaha FZR 250R, 250cc Super Bengis Andalan Yamaha !

Yamaha Tiara 120, Ayago Eksotis nan Legendaris dari Yamaha !

Yamaha Touch 125, Slim, Ringan, Kencang !

Yamaha TZR250SP, Eksotisme Tingkat Tinggi !

25 comments

  1. saya pernah punya yamaha pasol, dipakai jalan pelan banget hahaha
    selalu di tanya orang, motor apa mas??, keren ya
    di bawa ke bengkel malah di ledekin orang bengkel he…. mesin pemtong rumput ini

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s