Thailand Jadi Tuan Rumah World Superbike 2015, Indonesia Kapan ?

 

Chang International Circuit

 

Sebuah kabar yang menggembirakan sekaligus menyedihkan datang dari salah satu arena balap roda 2 paling bergengsi, yakni FIM Superbike World Championship (WSBK). . . Kabar gembiranya, Thailand sebagai salah satu negara tetangga Indonesia, juga sebagai sesama anggota ASEAN bakal menghelat kejuaraan balap World Superbike tahun 2015 nanti. . . Sebetulnya sih, di ASEAN sendiri sudah bukan hal yang baru lagi, mengingat Malaysia & Singapura juga telah lebih dulu menghelat kejuaraan balap yang bahkan lebih bergengsi, yakni MotoGP & Formula 1. . . Sayangnya, Kabar tersebut juga tentu membawa sebuah kabar yang menyedihkan bagi tanah air kita, Yaitu…….. Indonesia Kapan ???

 

 

Berbicara tentang Thailand, Memang sudah sejak lama negara berjuluk Gajah Putih ini menjadi “kiblat” untuk para Produsen ataupun para Pencinta Otomotif Roda 2 Indonesia. . . Mulai dari era Honda Nova Dash, Yamaha Tiara, Suzuki Satria F150, Hingga Kawasaki Ninja 250, Semua “seakan-akan” selalu berbasis di Thailand. . . Bahkan tak hanya untuk urusan produksi, Sampai ke sparepart modifikasi dari style hingga speed pun, Thailand selalu menjadi basis favorit para Modifikator Tanah Air. . .

 

 

Chang International Circuit WSBK

 

Balik lagi ke Thailand yang akan jadi Tuan Rumah World Superbike. . . Setelah kontrak selama 3 tahun disetujui, Akhirnya di tahun 2015 hingga 2017 nanti, Thailand akan menggelar kejuaraan World Superbike di Sirkuit Chang International, Buriram. . .

 

Menurut Newin Chidchob, Selaku Presdir Sirkuit Chang International, Sirkuit yang memiliki panjang trek 4,554 km dan memiliki 12 tikungan ini memang didesain sedemikian rupa untuk menggapai kecepatan tertinggi. . . Sudah sejak lama, Thailand memimpikan untuk bisa menggelar Kejuaraan kelas dunia pertama kalinya, Dan Mereka sangat berbangga karena yang akan hadir adalah FIM World Superbike. . .

 

 

Indonesia Kapan ?

 

 

Sentul International 2

Apa Kita Kurang Antusias ? Kurang Sumber Daya Alam ? Kurang Lahan ?

 

 

Menurut Vito Ippolito, selaku Presdir FIM, Salah satu yang ingin diwujudkan oleh FIM adalah kehadiran balapan di setiap benua. . . Orang-orang di Asia sangat antusias dan tertarik saat berbicara tentang sepeda motor, Apalagi balapan. . . Dan bisa menyelenggarakan Balapan World Superbike di Thailand tahun depan, merupakan sebuah penghargaan & kehormatan bagi FIM. . .

 

Dari pernyataan petinggi FIM diatas, tersurat sebuah hal yang sebenarnya cukup menyakitkan. . . Yup, Indonesia sebenarnya sudah lama menantikan kembali kehadiran balapan berkelas dunia !! Hal ini tentu bukan tanpa alasan, Mengingat para pencinta roda 2 tanah air sangat antusias bila ada sebuah pembicaraan tentang balapan dunia layaknya WSBK & MotoGP. . . Tak heran, Bahkan sampai setiap rider pun ada Fans garis keras nya tersendiri ! dan itu di luar Pabrikan loh yaa Brosist 😀

 

 

Sentul International

 

Namun, Kenyataannya malah sangat menyedihkan !! Kehadiran ajang balap tersebut justru malah terkesan semakin menjauh, seiring dengan berjalannya waktu. . . Bayangkan saja, Sirkuit yang memadai pun Indonesia tak punya Brosist !!

Jujur saja, Meskipun berat mengatakannya, Namun Menurut EA’s Blog, Sirkuit Sentul yang merupakan trek kebanggan kita bersama, Jelas masih sangat diragukan untuk bisa menggelar ajang balap berkelas dunia. . . Jangankan untuk balapan kelas dunia, Bahkan untuk balapan lokal pun sirkuit kita masih banyak yang belum memadai, Seperti yang diberitakan baru-baru ini (Sirkuit Tambalan Semen) di Indoprix seri Skyland Sekayu, Sumsel. . .

 

 

 

Well. . . Sampai kapan kah kita hanya berdiam menikmati Balap dunia dari Layar Kaca. . . Apakah kita kekurangan Sumber Daya Alam untuk membangun sebuah sirkuit yang memadai, Seperti aspal atau bebatuan contohnya ?? Ataukah kita sudah kekurangan lahan untuk membuat sirkuit yang megah bak istana kerajaan ?? Are You Kiddin’ Me !!? Pastinya, Itu pertanyaan yang super duper aneh yaa Brosist. . . If you know what I mean….

Sedikit doa yang EA’s Blog panjatkan seiring dengan terbitnya artikel singkat ini, Semoga Indonesia mampu menyusul negara tetangga kita di ASEAN yang mampu menyelenggarakan sebuah event Balapan besar (Khususnya Roda 2), Seperti dulu Tanah Air kita menggelar Kejuaraan MotoGP & World Superbike di tahun 1994 – 1997. . . Amin 🙂

 

 

So, Thailand Tuan Rumah WSBK ?

Indonesia Kapan ??

Chang International

Baca jugaa yaa Brosist. . .

 

Motor Listrik Karya Anak Bangsa, Jarak 200 Km Hanya Butuh Rp. 1500 Perak !!

Tiongkok, India atau Indonesia ? Mana Yang “Mereka” Pilih ?

Industri Motor Nasional, Artikel Spesial Bagi Bikers INDONESIA Sejati !

Didera Kelangkaan BBM, Mahasiswa Ini Membuat Motor Berbahan Bakar Elpiji 3 Kg !!!

Motor Masa Kini Akan Kembali ke Masa Lalu ??

Perlukah Membahas Sejarah Dunia Otomotif ??

Motor – Motor Ini Memang Eksotis, Atau Malah Overprice ??

Yuk Intip Barber Vintage Motorsports Museum, Koleksinya Ajib Brosist !!

Motor Modifikasi Bakal Ditilang ? Baca Ini Dulu !

Nah Loh ! Kemenhub Bakal Batasi Kecepatan Maksimal Sepeda Motor !!

Tak Lagi Sekedar Motor Wanita. . . .

Iklan

27 comments

  1. bukan hanya kita aja kok…sbenernya sperti FIM dan Dorna pun mnginginkan pergelaran balap kelas dunia di indonesia, cma sayang sirkuit yg ada di indonesia blm memadai …sepertinya pemerintah mengabaikan potensi besar yg dpt dicapai dgn dibangunnya sirkuit kelas dunia .. berharap aja pemerintah skarang lebih mmprhatikan potensi besar ini…

  2. kalo negara lain… di adakan pagelaran karna keinginan dari negara nya sendiri…
    kalo di indo… dorna ama fim yg ngebet tapi negara nya aja . yg g peka

    oh.. yo mas buat artikel dong.. r25 sampe pecah rekor 3690 unit… itu 50jetian loh… harusnya pabrikan lain jg harus punya spirit buat ngeluarin produk global.. jgn kayak kawak.. yg jualan aja d mari tp g mau ngeproduk tuh ninja di sini .. pantes aja.. sparepart langka n mahil … apalagi cbr… udah satu silinder cbu lg…

  3. asal tau aja, ternyata adanya Sirkuit Sentul juga tak lepas dari tangan Tommy Soeharto, kalo ga ada dia, belum tentu Indonesia akan punya sirkuit International. sekarang setelah Tommy ga tau kemana orangnya, sirkuit Sentul juga amburegul kan nasibnya??
    mau ngarepin pemerintahan presiden sekarang supaya mau bikin sirkuit baru? almost Impossible, lha hobinya aja di music.
    susah mas klo indonesia mau bikin sirkuit baru, pasti akan ada bau bau politik di dalamnya. terima aja nasib kita cuma bisa menikmati matic dan bebek, dg teknologi basic without titanium, magnesium, carbon fibre dll. cukup pake plastik ember :((((

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s