Yamaha Byson 250cc, Engine Swap Jepang – India – Tiongkok !

 

Yamaha Byson 250cc

 

Brosist sekalian…. Belakangan ini EA’s Blog sering kali mendengar Yamaha Byson yang sempat terekspose masuk ke dalam grup motor 150cc di Facebook. . . Sekalinya ada suatu postingan tentang streetfighter dari Yamaha ini, Yang dibahas pasti adalah hubungan antara tampilan standarnya yang macho nan kekar, Namun berpower minim nan impoten. . . Nah, Apa jadinya bila motor yang akrab dipanggil kebo tersebut dimodifikasi menjadi 250cc. . . Ini dia jawabannya, Yamaha Byson 250cc berpower 25 PS !! Cekidots Brosist….. !

 

 

Byson 250cc 2

 

Awalnya, Yamaha Byson 250cc ini EA’s Blog lihat di sebuah forum roda2 di India, yang merupakan tanah kelahiran streetfighter Yamaha ini. . . Motor 150cc dengan power 13 PS ini kemudian dimodifikasi menjadi 250cc, Lengkap dengan 6-Speed gearbox & power 25PS. . . Lantas, Apa ubahan yang membuat Byson India ini punya spek yang begitu besar ??

 

Yamaha Byson 250cc

 

Yup ! Ubahannya tak lain dan tak bukan adalah Engine Swap tuh Brosist ! Mesin Byson standard yang sering dibilang cungkring ini ditanggalkan, lalu dipasangkan mesin baru yang diorder langsung dari pabrikan asal negeri Tiongkok. . . Ubahan tersebut pun lantas membuat Yamaha Byson 250cc ini harus menggunakan pendinginan Liquid-Cooled, Plus penyuplai BBM yang lebih mumpuni ketimbang Byson biasa. . .

 

Yamaha Byson 250cc

 

Jika Brosist pernah membaca sebuah artikel tentang Mocin 250cc Yingang YG250NT, Maka Yamaha Byson 250cc ini tentu ada hubungannya dengan artikel ersebut. . . Yap, Pemilik Streetfighter dengan tampang kekar dan macho ini menggunakan mesin motor tadi untuk di swap ke rangka Byson miliknya. . . Pastinya, Ubahan ini tak langsung plug n play alias langsung pasang jadi ya Brosist…. Karena sang empunya pun mengakui harus menyesuaikan engine mounting plus segala tetek bengeknya, yang ternyata membutuhkan waktu sekitar 6 bulanan lebih. . .

 

 

 

Well. . . Modfikasi Yamaha Byson 250cc ini tentunya bisa dijadikan sebuah referensi ataupun inspirasi bagi para Bysoners tanah air yang tak puas dengan performa standar kebo tunggangannya. . . Kalau difikir-fikir sih, Tentunya ada benarnya juga yaa Brosist. . . Daripada harus mengeluarkan uang banyak untuk Bore-Up, Stroke-Up atau Ganti Paket Blok Silinder Racing yang kadang diragukan durability (daya tahan) nya…. Lebih baik sekalian ganti mesinnya dengan yang jauh lebih bertenaga. . . Paling, Masalahnya hanya tinggal engine mounting & pengurusan surat-surat kendaraan yang pasti harus dirubah. . .

 

So, Yamaha Byson 250cc …. Boleh Juga Nih Brosist !!

Yamaha Byson 250cc

Iklan

51 comments

  1. kalau swapnya pake mesin yang diragukan (dari sisi reputasi misalnya) apa gak jadi buah simalakama yak mang? giliran servis gmn, giliran jebol gimana, trus tau durability dari engine yang diswap-nya gmn…

    Soalnya meski kloningan tapi ternyata power dan torsi masih dibawah yang asli, pasti ada yang beda dari sisi material atau ecu whatsoever…

    kalau ay mau maen swap sih mending swap ke yang dah jelas aja hehehe
    ———————-
    http://kobayogas.com/2014/11/09/modifikasi-ringan-new-pcx-memasang-air-filter-aftermarket/

  2. Dulu banyak yang ngasih saran supaya si Kebo masuk ke Indonesia dipakein mesin Scorpio… tapi YIMM ngeyel, malah sulap Scorpio jadi Klingon. Akibatnya? Gak Pio gak Byson penjualan makin nyungsep !!!

  3. cara saya manatap byson klw lg speeding up di jalan
    Sama seperti natap thunder 125
    mnypelekan

    satu hal yg bikin ciut, klw pas mreka rombongan sy biasanya kasi jalan dulu. mnding biarin nyalip.
    abis tu ambil jarak lalu libas.
    kaga bis anguber2 lagi tuh

  4. dari dulu gw ngebayangin kl Byson itu dipasang mesin Scorpio … ,
    penampilan wah dengan torsi melimpah.
    nga kaya sekarang …, kaya pria metroseksual…, Tinggi, Badan Bagus, idaman wanita yang melihat…, tp sayangnya melambai cyyin… Hihihi

  5. mending scorpio dipasangi body byson atau byson ganti mesin scorpio aja daripada ganti pakai mesin ini onderdilny susah…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s