Yamaha RZ201, Sisi Misterius dari Pabrikan Garputala !!

 

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine Main

 

Hollaa Brosist. . . Bertemu lagi bersama Artikel Historical Bike ala EA’s Blog yang tanpa disadari sudah lumayan lama vakum ke hadapan Brosist euy. . . . Oke, Sebagai pertemuan setelah sekian lama vakum, Kali ini EA’s Blog akan menyuguhkan sebuah bahan bacaan tentang Motor Legendaris dari Pabrikan Yamaha yang mungkin belum diketahui oleh Brosist sekalian. . .

Motor seperti apa yang akan dibahas kali ini Kang Eno ?? Yuk, Langsung aja kita cekricek ke TKP aja Brosist. . . Cekidots !

 

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine 8

 

Kali ini, Pembahasan akan kita fokuskan ke sosok Yamaha RZ201, yang merupakan sebuah mahakarya Pabrikan Garputala di tahun 1972 silam. . . Sebelum pembahasan Yamaha RZ201 kita mulai, Mari sedikit flashback ke cerita masa silam…! Yamaha merupakan pabrikan Jepang yang disegani berkat Produk-produk sepeda motor 2-Tak nya yang eksotis dan kencang, Terutama di Seri R & T ( Cth : RZ, RD, RZV, TZ, TZR -Series, dll ). . . Setelah masa kejayaan motor 2-Tak berakhir, Pabrikan Garputala mulai bersaing di kancah Motor 4-Tak dengan Teknologi nya yang Advance dan Mutakhir ( Cth : EXUP, Genesis, CF-Alumunium, dll ) . . .

Nah, jika demikian… Apa yang terjadi bila Yamaha membuat sesuatu yang lain daripada biasanya ??

 

 

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine

 

Nah, Jawabannya adalah Yamaha RZ201 atau yang sering dipanggil juga dengan nama Yamaha RZ660. . . RZ201 ini menggunakan mesin yang diluar kebiasaan Yamaha, Yakni Rotary Engine. . . Yamaha RZ201 adalah Series sepeda motor pertama dari Yamaha yang menggunakan Mesin Rotary/Wankel Engine. . .

 

Adalah Hisao Koike, Seorang engineer dari Yamaha yang punya peran besar terciptanya Yamaha RZ201. . . Bersama dengan Gerber & Henn dari NSU (Pemegang Hak Paten Rotary/Wankel Engine saat itu), Mereka mendevelop motor ini plus bernegosiasi tentang nilai kontrak penggunaan Rotary Engine tersebut. . . Mesin Yamaha RZ201 didevelop sepenuhnya di Yanmar Diesel, Sebuah perusahaan yang sudah memiliki lisensi dari NSU untuk memproduksi mesin Wankel-Rotary. . .

Hingga Akhirnya, Desain & Sketsa Motor dengan kode project YZ587 ini di approve pada 22 Agustus 1972, dan resmi diperkenalkan ke Publik pertama kali di ajang Tokyo Motor Show ke 19, Tahun 1972 silam. . .

 

Tahukah Brosist ??

Untuk Mendevelop Yamaha RZ201, Pabrikan Garputala harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membayar penggunaan Hak Paten Wankel Engine, yakni sekitar 135 Juta Yen di Tahun 1972. . . Itupun ada syaratnya, Yakni produk yang dihasilkan hanya boleh memiliki output power antara 20 – 80 Horsepower (HP). . .

 

 

Kehadiran Yamaha RZ201 di ajang Tokyo Motor Show tahun 1972 silam, Saat itu menjadi sebuah kejutan yang sangat besar bahkan untuk Para Karyawan Yamaha sendiri. . . Bagaimana tidak, Pasalnya project motor ini memang dikerjakan secara sangat rahasia di Yanmar Diesel, dan hanya diketahui oleh beberapa orang internal Yamaha saja. . .

 

 

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine 3

 

Secara Desain, Yamaha RZ201 sedikit banyak menggunakan part yang identik dengan Yamaha TX750 (4-Tak) & GL750 (2-Tak). . . Mulai dari penggunaan Tangki, Frame, Rem Cakram depan Dual-Disc, Suspensi, hingga pernak-pernik lain, RZ201 mencomot berbagai part milik para pendahulunya tersebut. . .

 

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine 4

 

Yang menarik adalah saat kita memperhatikan sisi mesinnya tuh Brosist. . . Yup ! Dibekali Rotary Engine dengan 2 Rotor, Yamaha RZ201 tampil berbeda jika dibandingkan dengan Hercules W2000, Motor bermesin Wankel-Engine lainnya yang pernah kita bahas beberapa waktu silam. . . Dengan radius rotor 83 mm plus diameter 56 mm, Mesin ini memiliki kubikasi mesin 660 cc, dan dibekali dengan 2 pendinginan sekaligus, Yakni CCR (Charge Cooled Rotor) & OCR (Oil-Cooled Rotor). . .

 

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine 6

 

Bagaimana dengan performanya Kang Eno ?? Sudah jelas lah Brosist…. Yamaha RZ201 yang dibekali mesin Wankel-Rotary engine, tentunya memiliki power yang jauh lebih besar dibanding motor piston-based lainnya yang berkubikasi sama. . . RZ201 diklaim mampu memuntahkan power maksimal sebesar 68 HP dan torsi maksimum 76.5 N.m . . . Power ini tentunya bahkan mampu mengalahkan Superbike 4-Tak saat itu, yang rata-rata dibekali mesin 750 cc. . . Wankel-Rotary emang juosss !!

 

Sebagai Tambahan, Nih Dia sedikit spesifikasi Yamaha RZ201 / RZ660. . . .

 

Manufaktur : Yamaha Motor Co.

Model : RZ201 Concept (RZ660)

Tahun Pembuatan : 1972

 

Engine : 4-Tak, Wankel-Rotary Engine with Dual – Rotor, Charge-Cooled System

Kapasitas Mesin : 660 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni

Transmisi : 5-Speed Gearbox

Starter : Kick & Elektrik Starter

Max Power :  68 HP @ 6.500 RPM

Max Torsi : 76,5 N.m @ 4.000 RPM

 

Frame : Diamond-Steel Tube Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual – Shockbreaker

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston

 

 

 

Well. . . Yamaha RZ201 sejatinya merupakan bukti keseriusan Yamaha untuk memasuki pasar Sepeda Motor yang saat itu dikuasai oleh Brand asal Eropa & Para pesaingnya dari Jepang. . . Bahkan, Yamaha RZ201 merupakan Motor asal Jepang pertama yang berani bermain dengan Mesin Wankel-Rotary. . . Berbekal Dual-Rotor Wankel Engine, Yamaha RZ201 tentu memiliki power yang tak diragukan lagi untuk bisa bersaing dengan Motor 4-Tak saat itu. . .

Sayang sungguh sayang, Entah mengapa Yamaha RZ201 justru tak diproduksi massal. . . Sehingga nama besarnya hanya tenar sebagai konsep brillian semata, serta mulai tenggelam oleh Suzuki RE-5 yang berhasil diproduksi massal oleh Suzuki tahun 1974 silam. . .

Meskipun demikian, Yamaha RZ201 tetaplah layak untuk mendapatkan tagline spesial ala EA’s Blog :

 

” Yamaha RZ201, Yamaha’s Hidden Treasure “

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine 5

 

Oke, Demikian dulu yang bisa EA’s Blog share pada artikel History Ringan kita pada kesempatan kali ini. . . Tetap Stay Tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist. . . Karena kita akan terus mengupas berbagai Motor Legendaris Dunia secara Komplit & mendalam, Hanya di Rubrik Historical Bike ala EA’s Blog. . . Kita ketemu lagi di lain kesempatan yaa Brosist, See yaahh….. 😀

 

So, Yamaha RZ201. . . Yamaha Juga Bisa Bikin Wankel-Engine !!

Yamaha RZ201 Wankel Rotary Engine 8

Baca juga yaa Brosist…..

 

Hercules W2000, Ini Dia Motor Pertama Bermesin Wankel Engine !!

Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Brosist ??

Meguro Motorcycle, Pabrikan Legendaris Jepang Yang Terlupakan !!

Tohatsu Motor, Pabrikan Legendaris Jepang yang Terlupakan !!

Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa ! (Part.I)

Yamaha Tesseract, Motor Konsep Beroda 4 dengan Penampilan Bengis !

Yamaha Y125 Moegi, Motor Konsep Unik Dari Yamaha !

54 comments

  1. Mantapp…!!
    kalau memang mesin wankel punya performa yg lebih baik kenapa nggak dikembangkan sampai skrg ya??

  2. wengkel, gas buang bermasalah, akhirnya diskontinyu, pengembangan harus diakui memang lebih baik honda (sori, no offence)

  3. R1 & R1M pake Radiator Oil Cooler karna Enginenya lebih tinggi kompresinya (13 : 1 VS R1 sebelumnya yg 12,7 : 1) & selain power yg meningkat hampir 200 BHP, Yamaha juga menaruh peak Power diputaran 13.500 RPM atau hampir mendekati limit Red Line 14.000 RPM. dan karna ditunjang konfigurasi engine yg lebih overbore tentunya. karakter engine yg mampu meraung tinggi tapi smooth sejak bottom line adalah karakter engine yg disukai oleh Rossi (kemarin saat sesi tanya jawab pas acara launcing R1 di Milan, Rossi bilang kek gitu).

  4. oh iya bro Eno, coba amati permukaan bandul kruk as New R1 sisi luar (yg berhadapan dg dinding crankcase , kok itu malah ada lubang2 berbentuk bulat fungsinya untuk apa ya?
    jangan2 untuk mengurangi bobot bandul secara keseluruhan supaya mesin bisa cepat berputar/putaran mesin jadi ringan untuk menggapai RPM tinggi, tapi kelemahannya torsi bisa turun, trik memperingan bandul kruk as sudah jamak ditemui di dunia balap bebek road race.
    kalau bandul kruk-as Ducati Panigale Superleggera malah di bandul crankshaftnya dikasih “tungsten”(gak tau apa itu) berbentuk bulat-bulat.

  5. mesin legendaris yg udah mulai mati ditelan jaman..mazda yg identik wankel pun udah malas mengembangkannya.kabarmya karena kurang efisien dan terlalu banyak menghasilkan emisi

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s