Spesial : Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor (Chapter 5)

 

 

Kompleksitas & Kekurangan Serat Karbon !

 

 

Biaya Serat Karbon

Lihat Harga (Price) nya !

 

 

Jika Serat Karbon dikenal memiliki seabrek kelebihan, Seperti yang telah kita bahas di halaman sebelumnya. . . Nah, Adakah Kekurangan dari Material yang kini sedang sangat digandrungi para pencinta otomotif baik roda 2 ataupun roda 4 ini Kang Eno ?? Jawabannya, Tentu saja Ada !

 

Yup ! Dibalik segala kelebihannya, Juga terselip beberapa kekurangan yang dimiliki oleh material Serat Karbon. . . Salah satu yang paling terasa efeknya adalah Harganya yang mahal ! Harga yang tinggi ini dipengaruhi oleh proses pembuatannya yang tergolong rumit & membutuhkan tenaga kerja yang ahli/expert sehingga biaya SDM nya juga mahal. . . Meskipun secara produksi massal cost yang mahal ini mampu direduksi, Namun harganya tetaplah jauh…uhh..uhhh lebih tinggi dibanding logam ataupun bahan fiber lainnya yang digunakan pada sepeda motor pada umumnya. . .

 

Selain itu, Serat Karbon juga diketahui merupakan Material yang Tidak dapat didaur ulang. . . Jadi sekiranya wajar lah, Bila sejak dulu hingga saat ini serat karbon hanya digunakan untuk Sepeda Motor Produksi Massal yang Limited Edition atau istilahnya Harganya selangit. . .

 

 

Serat Karbon & Sepeda Motor Modern !

 

 

Carbon Fiber Fairings 2

 

Serat Karbon di Era Modern ini sudah menjadi sesuatu yang terbilang lumrah di telinga kita, Meskipun kita ketahui bahwa harganya selangit. . . Penggunaannya pun kini mulai merambah hingga ke Industri Aksesoris, Baik itu Bolt-On hingga Pesanan. . .

Kalau di Dunia Roda 4 sih, EA’s Blog sudah sering banget mendengar penggunaan Carbon Fiber sebagai bahan wajib para Modifikator. . . Seperti yang dulu sering EA’s Blog gunakan di Game Need For Speed Underground 2 (PS2) untuk mereduksi bobot mobilnya secara signifikan. . .

 

 

Lalu, Apa di Dunia Sepeda Motor Tanah Air juga sudah mulai mewabah Kang Eno ??

 

 

Carbon Fiber Knalpot

 

Sepengamatan EA’s Blog di Dunia Roda 2, Jawabannya IYA Brosist !! Kini banyak Produsen yang menawarkan berbagai Aksesoris ataupun Part dari suatu motor yang diklaim menggunakan Serat Karbon sebagai bahan baku pembuatannya. . . Meskipun EA’s Blog pribadi belum tahu seperti apa kualitas yang ditawarkan, Namun “Greget” nya sudah cukup terasa lah yaa. . . 😀

Kalau Dulu sih EA’s Blog pernah mendengar ada penyedia Serat Karbon Lokal yang menjual Body-Set Carbon Fiber untuk Kawasaki Ninja 250R & Ninja 650R, Yang harganya……… Bikin mulessss !

 

Beberapa contoh lain yang terasa adalah penggunaan Sticker/Finishing bermotif Carbon Look yang juga tak kalah ngetrend tuh Brosist. . . Meskipun diyakini menambah sisi kegantengan tunggangan hingga sedemikian persen, Tapi untuk fungsi aslinya jelaslah masih sangat jauh dari harapan. . .

 

 

 

Well. . . Sepertinya Industri Sepeda Motor sekali lagi harus berterima kasih kepada Industri Penerbangan nih Brosist. . . Bagaimana tidak ? Pasalnya, Industri Penerbangan yang selalu mencari material yang sangat kuat namun memiliki bobot yang seringan mungkin, Tentu searah dengan Industri Sepeda Motor di Masa kini. . . Terbukti ! Beberapa Logam Eksotis yang kita bahas saat ini dan di artikel sebelumnya juga merupakan bukti betapa pengaruhnya Industri Penerbangan. . .

Kemudian muncul sebuah pertanyaan yang mendasar di Benak EA’s Blog. . .

Jika di Indonesia “Katanya” terdapat Sumber Daya Alam yang melimpah plus Ilmuwan Hebat…. Mampukah kita menemukan bahan baku yang mampu menyamai kelebihan Serat Karbon, namun juga meminimalisir kekurangan nya (baca : murah) ??

 

So, Ayo Anak Bangsa. . . Tell Megatron, Let’s Roll !!

Panigale Superleggera

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 1 ( Besi  &  Baja )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 2 ( Alumunium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 3 ( Magnesium )

Perkembangan Metalurgi Sepeda Motor Chapter 4 ( Titanium )

Ini Dia Motor Termahal di Dunia, Tembus 10 Milliar !

Motor – Motor Ini Memang Eksotis, Atau Malah Overprice ??

Ini Dia Gallery Detail Kawasaki Ninja H2R, Berikut Penjabaran ala EA’s Blog !

Motor Masa Kini Akan Kembali ke Masa Lalu ??

Duuhh, Merdu Amat Sih Suaranya Nih Motor……!

Ducati Elenore, Ducati Bermesin V8 yang Eksotis !

Yamaha Tiara 120, Ayago Eksotis nan Legendaris dari Yamaha !

Iklan

42 comments

  1. Nah ini dia..lanjutannya yg udah lama ditunggu…!??
    btw begitu eksis lagi Kang Eno langsung ngebombardir blognya nih… :)) wkwkwk

  2. bro, ane follow elo di facebook dan baca soal hits artikel ini yg low… kayaknya ane tau deh penyebabnya… begitu buka blog ini, ane ga perlu ngeklik artikel ini, cukup baca di halaman utama aja… jadi otomatis hits nya akan masuk ke halaman utama aja… kayaknya gitu deh penyebabnya 😉

  3. tapi orang2 banyak pake scotlite fiber,sebagian gak rapi masang scotlitenya jadinya ada yang rata dan ada yang enggak. itu yang bikin saya khawatirkan. :v

  4. saya slma ini cuma jd pmbca blog kang eno,smpet galau jg waktu break..haha..akhrny mucul lg..doa ane terkbul..moga blog ini eksis trus&tmbh kreatif…krna bsjd bhan edukasi..slain hburan smbil nyantai..thanks..ea blog..

  5. […] memanjang bagaikan sosok motor Drag Tulen. . . Lainnya, Velg Alumunium motor ini diganti dengan Velg Carbon Fiber buatan Brock’s Performance BST. . . Sisanya, hanya ada penambahan shifter persneling yang […]

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s