End Of The Line, EA’s Blog ??

 

End of The Line

 

Setelah melewati berbagai masa sulit dalam mengelola blog sederhana ini, Tak terasa berbagai cara pula telah ditemukan untuk menemukan solusi-nya. . . Dari yang simple, nyelekit, hingga yang kompleks, semua EA’s Blog coba tetap jalani & cari jalan keluar yang terbaik. . . Namun, Saat sebuah cobaan datang bertubi-tubi, Mampukah Bocah ini menghadapinya ??

 

Kenapa Nge-Blog ??

 

 

Bully 1

 

Jika ditanya demikian, Maka jawabannya adalah karena DuniaΒ  Otomotif ! Yup, Dunia Otomotif (Khususnya Roda 2) adalah dunia yang EA’s Blog senangi sejak semasa kecil. . . Buku semacam The Story of Soichiro Honda, Zen & Motorcycle Art, The Rise of Japanese Big Four, The Definitive Visual of History Motorcycle, 365 Motorcycle You Must Ride, dll, adalah beberapa hal yang menginfluence EA’s Blog mencintai dunia yang mungkin juga dicintai & digemari oleh Brosist sekalian. . .

 

Selain sebagai perwujudan rasa penasaran setelah sekian lama menjadi silent reader di blog roda 2 papan atas…. EA’s Blog juga menjadi sarana ekspresi bagi EA untuk melampiaskan segala yang diketahui tentang seluk-beluk dunia ini. . . Ikut-ikutan ?? Mungkin iya πŸ˜› , Tapi yang jelas EA’s Blog adalah pelampiasan pandangan pribadi, Terhadap kondisi jagad blogsphere roda 2 saat ini. . .

Apa maksudnya ? Yup, Sudah saat nya kita berubah dan mencoba suatu hal yang baru. . .

Bukan hanya tentang bagaimana menggunakan sepeda motor, Tapi juga memikirikan perjuangan orang-orang yang membuat dan filosofi dibuatnya sepeda motor tersebut. . . So, Harapan EA’s Blog, Brosist akan menemukan makna yang sebenarnya tentang dunia otomotif roda 2 (sepeda motor), Terlebih untuk tunggangan Brosist sehari-hari….. and you’ll started to love it, much more than before. . .

 

 

Kenapa bahas yang Aneh – aneh Kang Eno ??

 

 

Artikel Unik

 

Kalau ditanya demikian , Jawabannya adalah untuk bisa menjadi sesuatu yang beda namun bisa berguna (meskipun selama ini belum terbukti berguna atau tidak). . . Kalau ada satu hal baru yang EA’s Blog kuasai, Gatal rasanya kalau gak di posting di Blog. . . Nah itu makanya, Untuk bisa posting, EA’s Blog terkadang harus membaca/mempelajari sesuatu yang bahkan kadang di luar nalar EA pribadi. . .

 

Sebagai contoh, Puluhan (Bahkan Ratusan) artikel Historical Bike, Special Article, Engine Holics & Artikel Nyeleneh Lainnya dari EA’s blog adalah bukti betapa banyaknya manfaat yang bisa EA’s Blog dapat dari Ngeblog. . .

Manfaatnya apa ??? Yaa ! Karena dengan membahas hal baru tersebut, Otomatis EA’s Blog mempelajari suatu hal yang baru, Yang bahkan tak terpikirkan sebelumnya. . . Asyiknya lagi, Itu semua dilakukan dalam dunia yang EA’s Blog senangi, Dunia Otomotif. . . Apakah Berguna ?? Jelas berguna bagi EA’s Blog, Namun entah untuk Brosist sekalian….. Atau mungkin saja tidak, Karena memang animo (baca : hits) nya sangat sangat sangattt kecil bila dibandingkan dengan artikel copas #eh ringan lainnya. . .

 

 

Apakah hits / pengunjung sangat penting ??Β Tentu saja relatif bagi orang lain, Tapi iya bagi EA’s Blog. . . Sebab, Setidaknya itulah yang mampu membuat EA’s Blog merasa artikel yang dibuat ini bermanfaat. . . Apakah itu Ribuan Share Socmed, Puluhan Ribu Viewers, Puluhan Likes, Ratusan Komentar ??Β  Tidak ! Karena EA’s Blog tak ingin ada unsur pemaksaan. . . Jika suka dan dirasa bermanfaat silahkan share, Jika tak suka atau tak bermanfaat silahkan tinggalkan request artikel yang dirasa bakal bermanfaat di kolom komentar, Jika salah mohon koreksinya πŸ˜› , Jika ingin melucu atau berdagelan ria silahkan kita ketawa-ketiwi di kolom komentar πŸ˜€ , So simple as that….

 

 

Latar belakang Umur & Pendidikan ?

 

 

Bully 2

 

Apa yang Brosist harapkan dari pemuda 22 tahun (itu juga baru 10 hari yang lalu), Lulusan Sekolah Menengah Atas ?? Yup ! Penulis/Admin blog sederhana ini adalah seseorang yang berlatar belakang SMA belaka. . . Umurnya pun mungkin masih dianggap bau kencur, 22 tahun, alias jauh banget bila dibandingkan para senior yang sudah kenyang pendidikan & pengalaman mengarungi asam garam kehidupan. . . Bahkan, Pendidikan tentang Otomotif/Tekhnik di bangku sekolah pun, jujur EA’s Blog sama sekali tak pernah mendapatkannya. . . Semuanya dipelajari dengan didasari rasa keingintahuan yang tinggi semata, And of course…. All by my self !

 

 

Karena kekurangan yang menyedihkan itulah, EA’s Blog coba untuk terus belajar tak peduli sesulit apapun itu. . . Semuanya semata-mata demi kelangsungan artikel terbaru di Blog ini. . .

Mengapa demikian ? Yup, karena jika EA’s Blog malas belajar, Maka EA akan menerima pil pahit karena blog ini tak akan punya artikel terbaru. . . 😦 Jika Soichiro Honda yang biasa-biasa saja saat di bangku sekolah bisa mendirikan pabrikan Sayap Mengepak yang terkenal seantero penjuru dunia, Mengapa EA’s Blog tak bisa ?? Tentunya dengan kerja keras dan semangat untuk belajar, Hampir tak ada yang mustahil untuk dilakukan….

Punya pengalaman buruk soal latar belakang Kang Eno ?? Yup ! Sudah EA’s Blog alami koq Brosist. . . EA sudah merasakan bagaimana rasanya saat gagal/ditolak ( bahkan urusan cinta pun pernah πŸ˜€ ) hanya karena ijazah yang sebatas pendidikan formal saja. . . Dan bagaimana rasanya ?? Hate to tell you, That’s hurt alias sakitt…. so much (buangett)

 

 

Sekedar Curhatan atau Akhir dari EA’s Blog ??

 

 

EA's Blog 1

 

Entah bagaimana brosist menganggapinya, Tapi yang jelas EA’s Blog berterima kasih banyak…. bahkan sangat sangat sangat banyak… kepada Brosist yang sudah setia membaca tulisan blepotan, yang katanya para Balad D’Gujubar kepanjangan, sangat sulit dibaca & bahkan katanya bikin mengantuk ini πŸ™‚ . . . Terima kasih banyak juga atas segala dukungan & apresiasi yang telah diberikan Brosist selama ini, EA’s Blog hanya mampu haturkan terima kasih sebanyak-banyaknya. . . Maafkan EA’s Blog bila selama ini ada kesalahan dalam penulisan,, Ataupun ada kata yang menyakiti hati Brosist sekalian. . .

 

Apakah ini akhirnya ? Untuk itu, EA’s blog sedang cari pembenaran tentang hal ini. . . Mungkin dengan belajar lebih dalam tentang makna berbagi dan passion, EA’s Blog mampu menghadapi masalah ini. . . Nah, Belajar dari mana ??

Yup, karena EA’s Blog sekarang tak punya guru apalagi dosen yang bisa mengajarkan, Maka kartun Slam Dunk dirasa cukup untuk bisa mengajarkan EA’s Blog makna sebenarnya dari passion & rasa cinta dari dunia yang disenangi. . . Dengan segala keterbatasan yang dimiliki EA’s Blog, 10 tahun silam, Serial Kartun ini mengajarkan bagaimana memiliki kecintaan yang dalam terhadap dunia otomotif (meskipun tema nya basket). . . Namun, siapa sangka ? 10 tahun kemudian. . . It’s still the same. . .

 

 

 

Well. . . Terus Bagaimana ?? Yup, EA’s Blog untuk sementara akan dalam mode autopilot & diusahakan diisi artikel ringan saja koq Brosist. . . Tak ada lagi kata-kata Tahukah Brosist, atau Tulisan yang layaknya artikel deskripsi suatu hal. . .

Namun, Insyaallah jika semangat itu telah kembali, EA’s Blog akan kembali seperti sedia kala, Dengan artikel unik dan lain daripada yang lain ( Uniknya itu sih menurut EA’s Blog saja yaa Brosist, heheheheee )…

 

 

So, I’m Sorry Brosist. . . The End ??

CBR Test by Eno

No, I’ll Be Back ! Soon…..

120 comments

    • Suatu hari seorang bakul jamu berhenti di depan teras rumah dan sedang melayani sebuah keluarga. Si adik kacil minum jamu beras kencur (rasanya manis), kakaknya yg remaja minum kunir asam (rasanya masam) dan kedua orang tuanya minum jamu daun pepaya (rasanya pahit) lalu kemudian diberi penawar jamu beras kencur (rasanya manis).

      Kira – kira sesederhana gambaran itulah alur kehidupan yg akan dirasakan hampir semua manusia di dunia ini. Seperti roda berputar yg mana pada akhirnya akan kembali lagi pada beberapa titik yg sama.

      Membaca artikel Mas Eno yg akan vakum dari dunia perblogeran saya hanya tersenyum simpul sembari menggumam “anak ini termasuk anak yg beruntung, karena Tuhan memberikan cobaan di usia yg relatif masih muda, kesuksesanmu hanya tinggal menunggu waktu nak”.

      Crewet kamu Yon!!! Sotoy lu!! Njeplak ngalor – ngidul angger mangap!. Mungkin ada sebagian silent reader yg menganggap saya demikian. Akan tetapi saya tidak merasa tersinggung. Karena apa? Karena saya pernah berada di usia Mas Eno sekarang. Saya pernah mengalami dan saya sudah merasakan sendiri betapa beratnya meloloskan diri dari jeratan tekanan, kegagalan bertubi – tubi, rasa pahit dan perjuangan berat di usia muda dalam mencari arti keberhasilan dan jati diri.

      Saya sendiri juga hanya lulusan SMA saja Mas. Dibenci oleh wanita yg paling saya taksir pernah, gagal berkali – kali dalam pantokir saat proses rekrutmen juga pernah. Hebat bukan? Hingga akhirnya Tuhan memberikan petunjuk dengan menempa saya menjadi seorang tenaga lapangan dan sampai saat ini hasilnya sungguh saya Syukuri.

      Saya sarankan untuk sementara waktu ini Mas Eno fokus dulu dalam menentukan karier untuk masa depan. Karena pada akhirnya nanti sampeyan bakal berkeluarga dan mempunyai kewajiban untuk menafkahinya. Satu pesan saya Mas, kalau bisa jangan mempunyai prinsip “sukses dulu, baru jodoh akan mengikuti”. Alangkah lebih terasa indah kalau calon jodoh Mas Eno nanti mengiringi perjuangan sampeyan dari awal sampai berhasil nanti. Susah dan senang akan dirasakan bersama – sama.

      Kedewasaan memang belum bisa ditentukan oleh faktor usia. Akan tetapi kalau PENGALAMAN itu sudah pasti ditentukan oleh faktor tersebut.

      Kami semua para komentator disini terus menyemangati Mas Eno untuk jangan mudah menyerah dan teruslah berjuang untuk meraih asa. Karena kami sadar betul, bahwa diluar sana masih buanyak orang – orang yg lebih hebat yg dapat berhasil dalam menghadapi beratnya cobaan yg mungkin kita saja belum tentu mampu menghadapinya.

      Bukankah Bapak Dahlan Iskan pernah berpesan kepada kita bahwa orang yg hebat itu dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata?. Tidak dengan cara yg instan.

      Teruslah berkarya Mas Eno. Kami semua menunggu artikel terbaru dari sampeyan. Maaf komen saya terlalu kelewatan.

  1. bully adalah hal yang biasa di dunia, tidak terkecuali dunia blogsphere, bukan Emon aja yang ngalami, saya pun yang notabene bau kencur gak sedikit kena bully-an komentator… selama gak bawa selangkangan dan kebun binatang, sengaja saya approve biar yang lain tau kualitas komentator tersebut. Bahkan para blogger bintang 5 pun smp saat ini masih mengalami bully-an.

    Sekarang gimana menyingkapinya, jika mundur, mereka yang membully akan tertawa terbahak-bahak karena misinya sukses, lebih baik kita tertawa belakangan tapi puasssss…

    Ah sudah banyak yang saya share di grup, gak perlu diulang disini lah ya πŸ™‚
    Ingat kata-kata mang Nde, kalau orang tersebut merasa lebih pintar dari kita, ya suruh bikin Blog sendiri aja…as simple as it is… πŸ˜€

    • oia btw passion gak bisa dipaksain…hal itu yang terjadi sama Arantan Saranto… losing passion… gak masalah mungkin justru itu yang terbaik buat dia, mungkin buat emon juga saat ini..

      • Setuju ama Om Kobay, lah wong Bekasi aja yang bukan orang bisa kena bully yak, xixixixi. Wis mang eno, kalo perkara bully mah cuekin aje, dimana ada orang yang demen pasti ada aja yang gak demen, dimane ada putih, disono juga pasti ada item, begitu juga. Ada Surga dan juga ada Neraka :mrgreen: . Nah klo perkara losing passion ane gak bisa angkat bicara deh, ya rehat aje dulu, ntar kalo udeh semangat nulis lagi daaahhh. tetep jadi diri sendiri masbro, xixixixi, artikel mantep-mantep kok, MMBLog mah gak ada ujung kukunye, bahasnye aje moge melulu πŸ˜†

    • setuju ma kang kobay…semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin yang berhembus…saya rasa semua blogger pasti pernah di bully…kalo gag percaya baca komen di blogger ecek2 saya..aduuh isinya kebun binatang semua..tp saya tampilkan tuh gag di saring…biar jadi motivasi buat saya..hee

  2. walah koq mutung?
    pdhl ane seneng sm artikel history,mesin&yg tdk umum dibuat di blog laen krn itu adl sesuatu yg beda.
    kl pun gk ngelike bkn berarti tdk sk,tp kelupaan….
    hahahaha…..
    ttp semangat emon!!!

  3. seperti yang mang ketu bilang di group… kalo emang lagi gak semangat ya istirahat dulu. mungkin mang eno lelah :mrgreen:
    ntar balik lagi dengan semangat baru. gebrakan baru. saya mah apa atuh? hanya tukang cuci :mrgreen:

  4. justru celaan dan hinaan itu yg harusnya membangkitkan semangat untuk terus ngeblog n lebih baik lg brother…anggap lah celaan itu bumbunya…emang sih susahya nerima kata2 yg ga enak,,, tp ente adlah salah satu blog yg udah punya ciri khas n gaya sendiri….kalo yg dbilang artikelnya kepanjangan sih relatif yah, itu mkin bs jadi bahan masukan, atau bs dibuatin beberapa chapter bro biar pembaca makin tambah penasaran….yg pasti ane sbg salah satu pembaca sangat kecewa kalo ente berhenti ngeblog…dan itu ga sesuai ama sosok yg kita kagumi filosofi dan kegigihannya yg harusnya menjadi acuan kita buat lebih baik lagi

  5. Yaaaahhh..jgn dihilangin dong Kang Eno bahasan History n ‘Tahukah Brosist’nya..justru itu specialnya Blog Kang Eno..
    Justru saya salut ama Kang Eno..dgn usia yg relatif muda..bisa menyalurkan passion menulis ttg dunia MC dgn sangat baik..membuat blog yg something special..no other else can do..bahkan blogger senior pun jarang yg mempunyai daya analisis seperti itu (terkecuali Wak Haji TMC mungkin yak..hehe)
    Saya rasa yg membuat Kang Eno spesial itu karena punya daya analisis ttg motor secara teknis yg sangat baik..saya juga seperti itu (mencintai dunia teknologi permesinan)..meskipun saya skrg kerja d dunia perkomputeran..Memang Sulit Jika Kita Mencintai Sesuatu Hal yg Orang Lain Tidak/Belum Menyukainya..lha mau sharing ama siapa..hehe..
    Tapi saya percaya msh ada ‘komunitas’ kita yg mencintai dunia motor yg tidak hanya mencintai merek/FB ataupun persaingan merek..tp mencintai perkembangan teknologi motor itu sendiri..
    At last don’t stop to write what you are passionate..

    • Oya..ingat yg dilakukan oleh abah Soichiro Honda utk memajukan bisnis bengkel Art Shokainya..dia menerima utk memperbaiki motor yg telah ditolak oleh bengkel lain..dan itu sulit..tp terbukti ampuh..hehe..
      Keep moving..!!?
      salam silent reader..sorry kepanjangan Kang Eno..hehe

  6. sya tlah mnyimak artikel bang eno slma stngah taun sbg silent reader.blog ini sngat unik krn pnjangny mnjdikan lbih lngkap tnp pnasaran.jgn mnyerah mnulis bang eno.lnjutkan

  7. Saya sampe bookmark blog nya Eas ini, tiap hari saya cek siapa tau ada pembaruan artikelnya… saya suka kalau baca itu simple padat jelas, ga usah panjang lebar kang malah ga nyangkut di otak jadinya hahahahaha low memory. Bahasanya jangan make bahasa “orang sono” lokalan ajah lebih ngena, satu lagi jangan mrmihak ke satu merek macam si Kobay, mending kalau asik mah Huahahahahahahaha….

  8. komentator pecundang ga usah diurusi Om, kalo dia Gentle pasti nyantumin identitas jelas. Yang bego ya komentator itu udah jelas-jelas namanya EA’S Blog artinya Blog milik Om Eno, ya terserah yang punya Blog lah mau diisi apa aja πŸ‘Ώ
    dan kalo dilihat dari segi intelektual jelas Om Eno jauh lebih pinter, kenapa ? jawabannya simpel : kalo elu lebih pinter kenapa ga bikin blog sendiri ?

    ayo semangat lagi ngeblognya, saya dukung kok πŸ™‚

  9. aah ilang 1 bacaan gw…
    keep blogging bro.. gpp bikin yg panjang asal menarik.. soalnya gw males klo seuprit2 mesti loading lg

  10. pantesan udah 2-3 hari ini ga ada update… kang eno, ane SR blog sampeyan… cuekin aja mereka2 yang demen ngebully, anggep aja angin lalu, ato kalo emang kesel yah delete aja semua comment2 macem gitu… blog sampeyan yah blog sampeyan… mau nulis apa aja yah suka2 sampeyan lah… btw, ane umur udah ampir kepala 4, jauh dari umur sampeyan, tapi tulisan2 sampeyan bagus koq… lumayan memberikan perspektif yang beda… so, jangan lama2 mutungnya… nulis lagi yah πŸ™‚

  11. Waduh sayang sekali loh…. Padahal saya sangat mengemari tulisan blog ini yg bertema motor historis… Soalnya kalo yg baru baru udah banyak yg bahas… Sayang sekali kalo sampe berhenti menulis…

  12. yaaahhh … jangan gitu donk kang eno ….
    banyak bget manfaat yg dpet ane petik dr tulisan ente … terutama tentang kisah soichiro honda yg sangat2 menginspirasi ane …
    kalo tanpa tulisan kang eno mungkin ane kgk pernah tau juga adanya piston oval honda yg melegenda , 14 speednya motor balap suzuki jaman dulu ,dan juga tentang yg lainnya …
    ane mohon maaf juga ke kang eno krn gak pernah komen ,ngelike ,krn ane tipikal silent reader dan klw mau komen pun pulsa ane sering kgk ada mklum anak skolah hihi.. ane pake internet gratis dr op. Tr* jd cuma bisa buka situs sekali doang dr pncarian google .. jd mohon maaf sekali lagi kang eno … krn ane yg males komen dan ngelike jd mmbuat kang eno gak semangat lg buat artikel ..tp jujur kang , semua yg ente ketik yg niatnya berbagi pengetahuan dan ilmu pasti tiap ketikannya dihitung oleh allah swt mnjdi pahala … amiinnn
    wassalam…

  13. Aduh ga seru nih
    Padahal biasanya ane baca blognya kang eno dan nunggu update an trus, skrg mlaha jarang update
    Hmmm y udh deh, Semoga bisa semangat lagi ngeblog nya kang

  14. Wahh,,kang eno jangan gentar dong..
    jujur saya penikmat suguhan informasi
    kang eno sebulanan ini, bagian history
    malah favorit saya, apa lagi bahasan metalurgi. Saya langsung daftarin email
    saya kok biar bisa langsung tahu kalo
    ada update.an kang eno. Eh tapi paling g
    disangka ya update.an hari ini, masa
    harus kehilangan sumber bacaan favorit saya πŸ˜₯

    semangat kangg!! Ambil cuti aja, g usah
    berhenti ngblognya..

  15. dari sisi penulisan artikel sich termasuk yg sangat bagus,

    terstruktur bahasanya,

    walu kalu dari penuturannya cuma bacground sma.

    Terlihat jelas bakat menulisnya.

    artikelnya juga bagus

    dan ini termasuk salah satu dari 2 warung yang nyaman,

    selain tentunya warung mind genesis yg dah lama absent artikel.

    dan 2 warung ini emang punya cirikhas tersemdiri

    Tetap semangat om,

    emang hati itu kadang naek turun emosinya.

    • Ane setuju ama ente
      Bertahun2 tahun cuma jadi silent readernya iwb ma tmc, gak sengaja buka linknya eno, langsung kaget dengan gaya nulisnya
      Ane yg cuma hobi baca dari kecil lgsung terpana ama bahasa detilnya kang eno
      Apalagi pas liat lgsung orangnya, pas testride cbr150r, keliatannya sama aja kyak yg lain pas ngetes motor, tapi begitu liat artikelnya, anjrit, detil amat yak

  16. Hahaha, ternyata bukan cuma ane yg mikir artikelnya eno puanjang2 bingits, apalagi untuk kategori newbie
    Tapi dari tulisan2nya, koq ragu ya kalo basicnya cuma dari baca buku
    Ane kira kang eno lulusan stm ato lagi kul di bidang teknik, soalnya bahasanya yaaaa, kayak yg lain bilang, rada susah dijangkau yg otaknya terbatas kayak ane
    Btw, ane udah lama punya blog, cuma angin2an, tapi semenjak pertama liat tulisan kang eno yg katanya newbie tapi bisa bikin artikel2 yg waow bingits, jadi ngerasa tertantang juga, walopun sampai saat ini masih belum bisa bikin artikel yg berat2, karena satu dan lain hal padahal draftnya udah lumayan lho πŸ˜€ (draft dalam pikiran ane)
    Masih inget kan waktu pertama ane komen di status ente, ane gak percaya ada blogger baru tulisannya dah kaya profesor, panjang banget, begitu detil, nyampe ane bilang pasti nilai bahasa indonya bagus nin
    Beberapa hari ini ane jg rada aneh, biasanya sehari 2 postingan, dari kemaren ane liat koq gak ada, lagi kenapa ini
    Ternyata gini toh
    Tetep semangat aja kang eno
    Keep posting

  17. Jujur, dari beberapa blogger ada point2 yg ane suka
    Iwb: kecepatan mendapatkan info terbaru, dan juga bahasa tulisannya yg enak dibaca
    Tmc: pembahasan teknisnya lengkap,
    Eno: bahasa penulisannya joss, apalagi kalo soal bahas impressi motor baru. Usul aja nih, kalo gak mau baca komen yg gaje, jadi penulis buku aja kang πŸ˜€ jangan sia2kan bakat menulis ente

  18. kalau lagi jenuh, istirahat dulu ngga papa kang Eno,,ntar kalau ‘dah semangat nulis,,lanjut lagi,,oc,,ingat,,”pepatah” terminatornya si arnold”,,”i’ll be back,,,hehe,,

  19. Bro Eno, tetep semangat ya. Boleh mundur 3 langkah untuk maju 3000 langkah. Blog bro Eno ini salah satu blog yg saya sukai. Walaupun jarang komentar, saya merasa mendapat banyak wawasan dari blog ini. Tetap semangat dan jangan kelamaan berdiam diri….salam.

  20. gimana nih…hari2 saya tungguin artikelnya ko malah mundur,padahal saya suka banget sama artikel2 history nya buat tambah pengetahuan otomotif, ayo lanjutkan lagi ngeblognya mas eno.jangan di perdulikan yg komen2 negatif itu, yg penting ngeblognya jalan terus.itu sudah biasa namanya hidup didunia pasti ada yg suka dan tidak suka itu wajar,karena dunia ini tempatnya ujian cobaan.

  21. ada saatnya kejenuhan melanda……
    tapi jangan tinggalkan total sesuatu yang disukai……..
    tetaplah berkorespondensi melalui blog ini secara secara ringan dan tidak terbebani

    maaf menggurui, cuma ‘win saja’ sudah mengalami di sebuah instansi setahun yang lalu setelah mengabdi di dunia pendikan sejak 2000

    sabar dan tetap semangat, pasti ada jalan yang dilapangkan dan dimudahkan

  22. tuh om yg dukung om eno tetep nulis banyak juga lho, karena emang asik baca blog ini, blog copasan dah banyak, malah yg orisinil gini yg jarang, terus nulis yak!

  23. umur pendidikan profesi gelar jabatan tidak mbjadi tolak ukur mas

    artikel EA banyak sekali manfaatnya.. dan bahkan lebih berguna ketimbanv hanya warunv untuk mengejar hits

    tetap semangat mas

  24. haduhh kepriben maning kie lah… tiap hari saya cek blog kang eno siapa tau ada ilmu yang bisa saya dapat, tp kang eno malah rehat. jangan lama” y kang. tetep semangat nulis kang. saya haus akan info” dan ilmu pengetahuan yang bisa saya dapat dari blognya kang eno. dari blognya kang eno lah saya jadi makin tau makin tambah ilmu.semangat kanggg.

  25. sesuatu yg mlwn arus mmng ssh mas eno…ttp skli bisa psti kpuasanny luar biasa…
    d blog laen blom ada mas eno yg kya gni…ane ttp dkng mas eno…
    semangat…

  26. jadi inget kang IWB dulu juga pernah down karena celaan para kementator, tapi dia tetap tegar sampe blognya rame seperti sekarang.
    tetap semangat aja kang Eno, anggap celaan sebagai motivator buat lebih baik.

  27. Tetap semangat bang…,dengerin dream theater dlu biar nyante,,,.rekan bloger ma pemirsa yg laen dah bnyk kasi smgt ni bang..,cara terbaik untuk menghancurkan seorang musuh adalah dengan menjadikannya seorang teman..,bkn kt sy lho bang tp Abraham Lincoln,Wkwkwkwk…,chapter west borneo waiting for next articels…

  28. Oh astaga, kang eno lg galau. Masalah job sih, seperasaan kang, dengan ijazah sebatas SMK, taruh” resume di banyak perusahaan dan ditolak, it’s too hurt to said. But don’t make it as a reason to stop, brother. You have a good writing skill. Galaulah sesaat untuk melangkah lebih jauh dimasa mendatang. Write back, bro. Ane mang silent reader, pi tiap hari selalu nyumbang hits buat cek artikel. Get rise, kang eno. Don’t stop here.

  29. bangkit bang eno kami bersamamu mski jauh.hny yg ber SDM rendah yg slalu mencela org lain.tlisanmu sngat berguna untk kemajuan pendidikan d bidang otomotif.smkin bnyk mnulis mka smkin bnyk ibadah mnyebarkan ilmu.let’s roll

  30. lah kunaon kang eno? g bs request artikel mtr lg atuh saya?? cuman kang eno bloger yg kabulin request artikel ane, dan itu buat ane merasa dihargai..

  31. Lah halah orang tuna moral aja digubriss..
    Udh hukum alam emg, ada brg bagus, barang jelek, n terkhir barang sampah…
    Kl barang bagus disandingin barang sampah gmn? Mknya jgn digubris itu org2, udh bagus bgt kok bro eno ini, ntr malah ikut2an bau lagi.. :ngakaks

  32. Tetep nulis bro, jarang-jarang ada anak muda mau nulis blog yang isinya sejarah motor, tetep punya ciri khas, kalau masukan konstruktif dari komen pakai buat masukan, yang negatif ya pakai buat introspeksi saja….

  33. aduh gan.. mslh bully mah kg ush d pikirin.. lanjut nulis aj..

    n ane plng dmn d bhsn ttg motor2 jadul n filosofi suatu produk or pabrikan mtor..
    nah dr stu ane tau, knpa desain motor merk ini bgni, trus merk itu..

  34. Semoga cuma istirahat doang Kang, artikel2nya (apalagi yang history bike) asli lengkap, detail, tulisan enak dibaca, ada guyonannya, udah paket lengkap. Ditunggu Come Backnya Kang Eno, Jyyooooossss

  35. Keep blogging bro…. Artikelnya bagus… Tulisannya rapih, kalimatnya jelas…. Bagus sekali beda ama warung yang tulisannya pating pecothot…. 78deka πŸ˜€ πŸ˜€

  36. Walah, makanya tak tunggu update terbaru eno kok gk muncul2, emang knp eno, nanti gk ada lagi yang nulis artikel history lagi tentang dunia motor R2, tetep semangat eno

  37. walah..walah..ayo supaya semangat dengerin lagu NETRAL saja…
    I wish This is not a goodbye, only hasta luego or β€œsee you later” πŸ˜€ πŸ˜€

  38. Sumber ilmu pemotoran sy hilang deh terutama yg berbau sejarah… sumpah, sy belajar sejarah pemotoran dr blog mas EA ini.. saya baru liat yg namanya silinder oval kyk gmn, motor2 canggih jaman dulu ketika sy kecil bahkan belum lahir..pdhl sy lahir lebih dulu dr yg punya warung tp pengetahuannya jauh lbh expert..

    Semoga kiprah EA’s Blog berlanjut lg..memberikan ilmu2 yg bermanfaat bagi pembacanya..aamiin..
    Sy tunggu artikel selanjutnya..tiap hari sy keliling kok dr 1 blog ke blog lainnya.. πŸ˜€

    • Kuduna mundur lain rek ngelehan, tapi rek ngawahan, tah kudu kitu kang eno !!
      Lanjuuuut lah tong di denge nu baceo mah !!
      diantos artikel terbaru na !!

  39. sayang banget bro…
    artikel history ente sungguh menginspirasi & memberikan ilmu pengetahuan yg lumayan lengkap menurut ane, dan ada beberapa di artikel ente yg kagak ada di wikipedia…
    semoga semangat ngeBlognya kembali bro & perbanyak artikel historynya. :D:D:D

  40. Titipan?????
    Ga ada yg tahu kok kecuali si pemilik blog, ATPM dan Tuhan. πŸ™‚
    Klo cenderung 1 merk mungkin seperti ……….. karena akses memang dibatasi.
    Susah juga ketika review MOTOR SENDIRI dikatakan titipan.

    Selamat menenangkan diri saja.

  41. tetap semangat, hidup itu tantangan, kalo ini dirasa berat berarti ini adalah emang jalan loe, untuk menjadi besar….buktikan.. don’t give up.. life must go on..biarkan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.

  42. kena BACOTAN…jgn mundur bro…
    biasa kellezz gitu…namany jg org…ente baru…langsung terkenal…ada aja yg ngiri…

    ente punya BAKAT ALAMI…analisis mendalam…bawaan otak itu bro…LANGKA…gw ada nemu bbrp tmen yg ky gitu
    analisis…nyambung SEJARAH…keren itu…lama2 bisa kerja di National Geographic ato History channel..hehehe

    rejeki itu gak kemana bro…
    mau ampe tua jg tetep ada aja yg fitnah…
    apa lagi kita masih idup punya kuping…
    lumayan malah buat ngurangin dosa2 kita…hehe (kalo gw gt)

  43. lanjutin aja masbro, jangan biarkan troll menguasai hidup ente.

    kapan dan dimana lagi bisa baca artikel menarik yang berisi kalo gak disini? terkadang ane bosen juga ke blog-blog yg udah terkenal, isinya sih bagus, tapi komentarnya luar biasa, kayak medan perang.

    gak bisa dipungkiri emang market share blog begini jauh lebih kecil daripada blog yg isinya cuma bahas spyshoot/NJKB, tapi blog “langka” pasti punya penggemar tersendiri loh, jadi jangan lama-lama vakumnya, minggu depan terbit lagi bro, haha!

  44. Tetep smangat bro …..artikel ente bagus…laen dari yg laen…ane sbg pembaca terusterang kecewa dgn keputusan ente off bro…cacian dan hinaan jadikan pelajaran n semangat bro….dr blog ini saya bnyak tambah pengetahuan bro..ttg siapa bigboss honda n gmn latar belakngnya dia hingga bisa sebesar ini….ayo ngeblog lg….bnyak kok artikel yg bagus….semangat bro……semangat bro…..semangat bro….,

  45. Keep writing masbro, tulisan sampeyan terhitung bermanfaat buat saya, saya penyuka historical bike, saya suka ulasan motor2 eksotis jadul, saya suka semua artikel yg EA’s blog share… semoga cepat mendapatkan passion nya kembali masbro, saya doakan πŸ™‚

  46. selama ini aku ngikutin tulisan bro EA informatif banget, favoritku historic bike -nya itu lho… jangan nyerah bro
    LANJUTKAN NULIS ARTIKELNYA!
    MAAF CAPSLOCKNYA SAMPE JEBOL TUCH

  47. Kang eno,..ko’ ga update lagi sih blog nya,..padahal ini blog dah tak book mark,…bersama dengan,,.IWB,TMC,INDOBIKER,PERTAMAX,KOBAY,MMBLOG,..,..ko malah ngilang,..ayo dong kang eno,nulis lagi,biarin aja gerombolan bullyers itu nulis nyampe jari nya keriting,..anggep aja anjing yg menggonggong,…

  48. Semoga yg menjelek2kan Blog sampeyan segera diberikan petunjuk sama Gusti Allah Mas…

    Anda berbakat dan bertalenta!
    Selama niatan sampeyan bagus buat ngeBlog jangan takut sama cobaan kecil gitu.

    Tahukah anda mas Eno?
    Saya menyukai tulisan2 anda. Sebagaimana saya menyukai tulisan2 blogger senior lainnya…
    Keep Writing yaa!!!

  49. yg ngebully kn krn sentimen pribadi, bkn berarti ia jauh lebih tau drpd yg dibully. klu berhenti anda berarti kalah, siap maju siap menerima hadangan, siap terbang tinggi siap tuk terjatuh. guru terbaik adalah pengalaman.. tetep semangat, semoga lekas kembali bung.

  50. barusan buka-buka artikel-artikelnya mas eno,,
    sangat luar biasanya ternyata…
    sangat informatif,, bahasa penyampaiannya juga sangat asik, n nyaman..
    cakupan informasinya juga lebih luas..
    tidak hanya membahas yg ada di tanah air saja.. tapi lebih menyeluruh…
    blog roda dua sejati ini..

    blog seperti ini harus tetap ada,, anda harus tetap eksis mas,, melengkapi kekaya’an warna blog R2 tanah air..

    bahkan informasi2 seputar R2 yang sulit di temukan di blog R2 lainnya, tersaji lengkap dan gamblang di sini..

    ayo mas eno,, tetap semangat..
    jangan dengarkan suara2 yang menjatuhkan..

    sajian dari anda tentu akan sangat di butuhkan untuk memberikan tambahan referensi yg di butuhkan para pecinta Roda 2..

    dengan membaca artikel2 nya mas eno tadi,, ane yakin.. pecinta blog ini pasti engga sedikit..
    mereka pasti akan merasa sangat kehilangan dan berharap mas eno tetap eksis.. termasuk ane,, karena ane juga suka informasi yang luas seperti pada blognya mas eno ini..
    tetap semangat mas eno,, never give up.

    apalagi setelah ane baca2 banyak artikelnya mas eno barusan,, menurut ane mas eno itu istimewa.

    dan untuk menyajikan sajian yang seperti itu,, mas eno pastilah orang yang sangat banyak mempelajari bahkan secara mendalam seluk beluk dunia R2..

    buruan kembali mas… dunia R2 membutuhkan orang seperti anda.

  51. hrusnya anda melihat mas, d sini masih banyak orang yg mendukung n menyayangi anda, tp kenapa anda mundur bgtu saja , ingat ya ORANG LAIN HARUS MEMBUNUHMU UNTUK DAPAT MENGALAHKANMU,,,.#copas,, piss..

  52. walah…. masa ente kalah sama triatmono yg dibully dr jaman firaun sampe sekarang, tetep semangat gan
    —————
    klo blogger anonim yg indetitasnya dirahasiakan emang wajib di bully

  53. Cuekin aja. Toh niatnya buat passion. Menyalurkan hasrat terpendam dgn ngeblog. Itu juga yg njeplak belum tentu niat pengin ngejek ente, sapa tau dia lagi emosi dan kebetulan baca blog ente, ya sikat saja sudah sembarang. Jadi ngapain dipikirin. Mending liburan, tidur cukup, ntar balik pikiran jernih lagi…

  54. sebagai warga Tangerang saya mendukung mas eno.. apalagi tetangga.. cuman orang berpendidikan rendah dan tak punya atitude bagus yg menghina orang lain.. TETAP SEMANGAT DAN JANGAN MENYERAH…

  55. SEMANGAAAAATTTTTT!!!….segala sesuatunya pasti punya resiko, bahkan untuk sesuatu mudah saja atau sesuatu yang kita sukai…belajar dari blog IWB(Sempet dibikin trit juga ya sama beliau:)…) selama semangat masih ada semua yg menjadi point negatif jangan terlalu menjadi puat perhatian…diabaikan juga jangan…mudah mudahan jika sesuatu sudah menjadi kecintaan halangan apapun pasti akan dilewati…tetap menulis kang…

  56. Wah… sayang yah kl sampe tutup pintu, krn saya merasa blog ini punya ciri khas sendiri dgn artikel2nya serta gaya tulisannya. Umur bkn mslh kok bro, jgn berkecil hati, krn yg umurnya lbh banyak aja blm tentu dan bkn berarti lbh pinter dan lbh luas wawasannya, contohnya: SAYA! wkwkwkwk… This is one of the best blog kok menurut saya, so keep it movin’ on bro! I’ll back you up… ah…opo sih iki…wkwkwkwkwk…. maju terus pantang mundur, dan jgn hiraukan hinaan2 manusia2 kera yg pernah mampir ke blog ini, cause… they’re just pre-human alias utan man…wkwkwkwkwk…..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s