Ninja 250 2 Silinder Atau 4 Silinder, Bagaimana Kalau yang Ini ??

 

Inline-Triple 3

 

Pasar Sport 250 cc kini semakin memanas dan bergairah sejak hadirnya Yamaha YZF R25. . . Pasar yang dulunya dikuasai mutlak oleh Kawasaki (Juga sedikit dinikmati Honda, dengan CBR250R Single) oleh mesin Inline-Twin nya, Kini pergerakan angka penjualan Pasar 250 cc semakin meningkat, berkat Yamaha yang turut ambil peran dengan spesifikasi mesin yang Identik. . . Tak hanya berdiam diri saja, Honda juga dikabarkan turut mempersiapkan Jagoan terbarunya, Yang diketahui bermesin V-Twin 250 cc. . . Lantas, Apa yang dilakukan oleh Kawasaki ??

 

Menanggapi hal yang “mendesak” ini, Tentu saja sang penguasa kelas 250 cc sebelumnya, Kawasaki, tak akan mau berdiam diri saja dan meratapi nasibnya. . . Bahkan, Kini diketahui Pabrikan geng-ijo juga sedang menyiapkan amunisi terbaru, yang kabarnya sedang galau antara Inline-Twin (2 Silinder) atau Inline-Four (4 Silinder). . . Ehh, Tapi kenapa gak sekalian pakai konfigurasi mesin ini yaa ?? Apaan tuh Kang Eno ??

 

Inline-Triple 2

 

Yup ! Inilah mesin berkonfigurasi Inline-Triple (3 Silinder). . . Mesin ini pertama kali dipopulerkan oleh jajaran pabrikan asal negeri Ratu Elizabeth, Hingga kini dipakai di berbagai pabrikan di dunia. . . Mesin ini terbukti mampu menghasilkan karakter power yang berbeda dibanding Mesin Inline-Twin ataupun Inline-Four. . .

 

 

Apa sih kelebihan Mesin Inline-Triple Kang Eno ??

 

 

Inline-Triple

 

Sebenarnya sih, IMHO Untuk ukuran mesin berkubikasi 250cc, Inline-Twin sudahlah lebih dari cukup. . . Berbagai Potensi sebenarnya masih mampu dioptimalkan oleh Kawasaki layaknya para leluhur Ninja 250, Kawasaki EX-250 series yang memiliki power rata-rata diatas 36 HP. . . Namun, Karena sebuah “desakan tersurat“, maka motor 250 cc bermesin Inline-Four yang sempat tenar di Era 80-90 ‘an silam, Kini semakin dekat untuk menjadi kenyataan. . .

Baca Disini : Duel Spesifikasi Motor 250 cc 4 Silinder Super Legendaris !!

 

 

Balik ke pertanyaan Inline-Triple tadi, Mesin ini punya keunggulan yang mumpuni karena menggabungkan karakter Inline-Twin & Inline-Four. . . Inline -Triple mampu mengakomodir kelemahan mesin 250 cc 4 Cyl yang pasti baka kedodoran abiss di Putaran RPM bawah (Jika dibandingkan dengan Twin). . . Sebab mesin Inline-Four tersebut harus dipaksa meraung hingga RPM setinggi-tingginya (Bahkan mampu sampai 18.000 RPM lebih) untuk bisa mendapatkan Power Maksimal. . .

Istilahnya, Inline-Triple adalah perpaduan karakter antara Mesin berkonfigurasi Inline-Twin & Inline-Four, Ngisi di Putaran Bawah (Karakter Twin), namun tetap nampol di putaran mesin tinggi (Karakter 4-Cyl). . . Tak hanya itu, Bahkan Mesin Triple juga memiliki keunggulan lainnya, Yakni mampu tampil lebih slim dibanding Inline-Four. . . Yang nantinya bakal berpengaruh ke sisi dimensi & aerodinamika motor tersebut. . . Bagaimana dengan kelebihannya terhadap mesin Inline-Twin ? Yup ! Mesin Inline-Triple mampu mereduksi getaran (vibrasi) berlebih yang masih ditemui di Mesin Inline-Twin. . .

 

Nah, Mesin Inline-Triple akhir-akhir ini mulai digemari sebagai jawaban atas karakter Inline-Four yang memiliki sedikit kelemahan. . . Terbukti, Pabrikan sekelas MV-Agusta, Benelli, bahkan Pabrikan Jepang pun digossipkan bakal menggunakan konfigurasi mesin ini di Produk Superbike/Supersport terbarunya. . .

 

 

 

Well. . . Ini tentunya hanya sebatas masukan saja yang bisa diberikan oleh EA’s Blog. . . Karena EA’s Blog pun paham, Development mesin anyar ini membutuhkan waktu lama & cost yang tidak sedikit. . . Tapi, sesungguhnya disanalah ujian yang sesungguhnya bagi Kawasaki. . . Lantaran Geng-Ijo selalu memanfaatkan basic mesin jadul yang pernah tenar, Mampukah mereka menjawab dengan sebuah revolusi fantastis layaknya yang ada dalam diri Kawasaki Ninja H2R ? Let’s See aja Brosist. . . .

Naahh, Saat 250 cc 2 Silinder terlalu mainstream, 4 Silinder terlalu sulit diwujudkan…..

 

So, Inline Triple 250 cc….. Why Not !!??

Inline-Triple 4

Baca juga yaa Brosist. . .

 

Kawasaki Ninja ZXR-250, The Real Ninja 250 !

Ninja 250 R Brasse 31BLK , Ebusyed Sangar Banget Euy !!

Kawasaki ZX750 Turbo, Saat Turbocharger Bersemi di Geng-Ijo !!

Kawasaki H2 Mach IV, Inline-Triple Legendaris Ala Pabrikan Jepang !!

Kawasaki ZR250 (Balius), Sport-Tourer Dengan Teriakan Bengis !!

Nih Dia Perbedaan Detail Kawasaki Ninja ZXR-250 & Balius ZR-250 !

Duel Spesifikasi Motor 250 cc 4-Silinder Super Legendaris !

Kawasaki KR-1S, 250cc Speed Standar 225 Km/h !

Parade Motor 50 cc Yang Keren & Unik ala EA’s Blog !

Ini Dia Pernak – Pernik Mesin Inline-Four dari Masa ke Masa !

Iklan

39 comments

  1. klo 300cc saya setuju inline 3..pembagian kubikasinya gampang plus naik kelas walopun harga motor langsung ke arah 80an juta..kayaknya tetep laku, cuman ya itu aturan PwR kena ngga ya???

  2. kalau bedanya mesin inline triplenya Yamaha MT-09 yg berkonsep crossplane filosofi itu dengan mesin triplenya MV agusta F3/Triumph Daytona apa om?

  3. kalau yg ane pernah dengar, mesin inline triple umumnya memiliki jeda waktu pengapian tiap 120° putaran crankshaft, jadi jika dikalikan 3 (karena pistonnya 3) maka dalam 1 putaran 360° crankshaft terjadi 3 kali pembakaran. CMIIW

  4. kalau inline triple Yamaha yg berfilosofi crossplane gimana tuh “menyilangkannya”, bukannya crooplane cuma bisa buat crankhasft 2 pin/4 pin yak?

      • Ya gtu min kan pembagian 3 piston. Nah kalo 2piston ane tambah bingung. Awalnya ane beranggapan mt07 gak make crossplane, pas iseng2 googling loh kok crossplane. Derajatnya pun gak 180° (khas dua syl) apa gak loss power? Atau emg MT dibuat untuk ngejar torsi? Jadi keinget MT (lupa seri berapa) yg pernah dijual sama sodaranya mang kobay, MT itu kalo adu drag sama ninbu cuma menang awalan. Trek panjang menang ninbu (youtube). Masa 600an cc kalah kencang sama 250?

  5. KMI gak punya mal mesin 3 silinder masalahe…
    kl 2&4 kan dah ada….jatuhnya malah mahal menurut ane….apalgi kl tanpa d pasang d line up lain(mesinny)
    kan lg jaman 1 mesin untuk semua 😀
    kayak mesin beat yg d pake bersama2(spacy,scoopy,vario110,beat)
    begitu jg dgn mesin mio

  6. java: lha ane kan udah nulis bos 120°nya, gimana kalo crossplane triple inline itu jeda nya tiap 240° pembakaran tiap pistonnya?

  7. kalau saya jadi KMI saya tinggal lokalin dehc yang ninja 250 sekarang plus perbaikan pake USD, Deltabox, dan spring clutch. Sama new body kayak panigale dijamin 70 juta pasti laris

  8. kalau begitu berapa derajad jeda pembakaran anatar silinder pada mesin triple inline bro?
    bagaimana pula dg inline triplenya yamaha yg crossplane filosofi itu?

  9. Numpang Tanya dong.
    Kalau mesin 1 silinder kan RPMnya jelas. Rotasi per menit dari silinder itu.

    Pertanyaannya, bila mesin 2 silinder. apakah RPMnya langsung di kali 2?

    Mohon pencerahannya…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s