Opini : Motor Masa Kini Akan Kembali ke Masa Lalu ??

 

VFR 11

 

Era 70’an, 80’an, 90’an, Era Millenium, Hingga abad 21 ini, Perkembangan teknologi di sepeda motor yang beredar di dunia terasa sangat cepat yaa Brosist. . . Jika Brosist sekalian pembaca setia Artikel Historical Bike ala EA’s Blog, Pasti terasa banget deh ya perjalanan Sepeda Motor dari Waktu ke Waktu. . . Mulai dari yang berpenyuplai BBM Karburator hingga ke era Injeksi, Mulai dari yang memiliki desain bulet-bulet hingga ber-desain agresif seperti sekarang, Semua jelas punya cerita yang menarik. . .

Nah, Karena disinggung oleh salah satu komentator tentang Motor masa kini dan masa lampau, EA’s Blog tergelitik untuk mengutarakan opini nih Brosist. . . Seperti apa sih opini EA’s Blog yang sangat tertarik untuk mempelajari seluk-beluk Motor Legendaris ?? Yuk langsung kita bahas Brosist……

 

 

Mesin Multi-Silinder Di “Dewa” kan ?

 

 

Ninja 250 Engine

 

Inilah yang sedikit unik di Indonesia, Tanah Air kita tercinta ini. . . Saat efisiensi kendaraan Roda 2 (Hemat BBM, Hemat Biaya, Kepraktisan) coba untuk dijunjung tinggi, Justru konsumennya malah meneriakkan Power yang sebesar-besarnya, Yang sangat jelas berbanding terbaik dengan efisiensi. . . Disodori Sport 250 cc mesin silinder tunggal yang jelas lebih efisien dan praktis, Konsumen malah berteriak-teriak ingin mesin multi-silinder yang jelas lebih berpower, lebih fantastis kitiran RPM nya, lebih merdu suaranya, dan clearly lebih boros BBM ( EA’s Blog juga demikian koq, hehehehee ). . .

 

Ninja 250 Main

 

Kondisi ini jelas merupakan Ulangan dari apa yang terjadi di beberapa tahun silam, Atau tepatnya di Tahun 1980 – 1990 – an. . . Saat itu, Entah mengapa pamor motor yang bersilinder lebih banyak justru lebih mengkilat ketimbang yang memiliki jumlah silinder lebih sedikit. . . Coba brosist bandingkan pamor yang dimiliki Kawasaki EX-250 Inline-Twin (Sekarang Ninja 250R) vs Kawasaki ZXR-250 Inline-Four (Ninja 4 Silinder) ??

Atau bisa juga yang lebih fenomenal, Antara Honda VTR250 V-Twin vs Honda CBR250RR Inline-Four ?? Mana lebih familiar diantara keduanya ?? Jelas yang memiliki jumlah silinder lebih banyak jauh lebih familiar & diterima. . . Kondisi yang seperti demikian, kini juga bisa terlihat di tanah air, Dimana YZF R25 & Ninja 250 FI lebih fenomenal ketimbang CBR250R ataupun Ninja RR Mono. . . .

 

 

Inline-Four 250 cc ? Reborn ?

 

 

ZT10

 

Ini juga yang kini sedang hangat dibicarakan di jagad tanah air, Apalagi bila membahas tentang issue yang berkembang dari Pabrikan Geng-Ijo alias Kawasaki. . . Yup, Seperti yang sering dibahas oleh beberapa blogger senior & fenomenal para suhu & master EA’s Blog seperti wak haji taufik, Kawasaki diketahui juga sedang mengembangkan dan mempertimbangkan mesin Inline-Four 250 cc yang terinspirasi (baca : nyomot) dari sosok Kawasaki Ninja ZXR-250. . . Walhasil, Para pencinta otomotif tanah air pun menyambut issue ini dengan sangat berbunga-bunga. . .

 

ZX15

 

Apa yang aneh disana ? Yup ! Karena memang Mesin Inline-Four (Inline 4 Silinder) 250 cc sudah pernah beken dan tenar di era 80’an hingga akhir era 90’an, Seperti yang sudah sedikit EA’s Blog bahas pada poin pertama tadi. . . Sosok seperti Kawasaki Ninja ZXR-250, Honda CBR250RR, Suzuki GSX-R 250 SP, Yamaha FZR250R adalah contoh dari beberapa motor eksotis tadi. . . Mesin dengan Power sangat besar 40 HP++, Kitiran RPM Maha Dahsyat (19.000 RPM), Bobotnya yang super Ringan karena penggunaan Material kelas dewa, Suaranya pun melengking laksana Formula 1 yang sedang berakselerasi. . . Woww, Can you Feel it Brosist ??

Yang menarik, Bahkan media sekelas Visordown & Motor+ pun sudah membahas hal ini. . . Hmmmm, Pertanda kah ??

 

Lanjutkan Membaca >> Honda V-Twin 250 cc & Ninja H2 Supercharged, Back to “Old Style” ??

 

39 comments

  1. seluruh pabrikan besar punya “basic design” dari R&D-nya, tinggal mengembangkan sesuai kebutuhan, cuma para FB saja suka mem-bece-merk sebelah meniru merk sembahannya,

  2. inti ny sih karena daya beli masyarakat indonesia yg meningkat…

    paling hanya power saja yg ky jaman dlu…
    desain masa kini…

    material part kelas dewa ??
    kayak ny kagak wkwk

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s