Ternyata, Karakter New CBR300R Persis Layaknya All New CBR150R !!

 

CBR150 & 300

 

Sesaat setelah All New CBR150R secara resmi diluncurkan pada hari Minggu, 7 September 2014 silam…. Para Blogger yang diundang berkesempatan untuk mengetes ability All New CBR rakitan lokal ini di sirkuit pasar senggol Kemayoran, Jakarta, Termasuk EA’s Blog yang saat itu beruntung diundang oleh pihak AHM. . . Review tentang ability nya pun sudah pernah EA’s Blog kupas tuntas di Artikel sebelumnya. . .

Nah, Bagaimanakah bila kita membandingkannya dengan sang Kakak, New CBR300R, yang merupakan “sumber inspirasi” lahirnya All New CBR150R ini ?? Yuk kita simak bareng-bareng Brosist. . . .

 

Secara kubikasi, Tentu saja kedua motor ini (150 cc & 300 cc) tak bisa di head2head kan secara langsung. . . Apalagi bila kita menilik banderol harganya yang memang timpang cukup jauh tuh Brosist. . . Akan tetapi, kita akan membahasnya secara overall package yang terdapat dalam diri kedua motor penyandang nama CBR-Series ini. . .

Nah, Berbekal sebuah artikel Test Ride New CBR150R oleh Steve Farrell, Seorang Tester dari Media Otomotif kenamaan Dunia Visordown, EA’s Blog akan coba menyuguhkan perbandingan keduanya untuk Brosist sekalian. . .

 

CBR with Eno

 

Yang pertama tentu adalah Sisi Eronomi nya (Desain nya gak usah lah yaa Brosist, Sama Plek..plek…plek koq). . . Seperti yang kita ketahui bersama, All New CBR150R, CBR250R, bahkan CBR300R, memiliki aspek desain dan dimensi yang mirip-mirip alias hampir sama tuh Brosist ! Bahkan sampai banyak Blogger yang “tertipu” tuh, Saat pertama kali melihat motor ini secara langsung ( Colek mang maung, mang nde & mang ridertasik πŸ˜› ). . .

So, Secara Ergonomi, Kedua motor ini jelas masih sama persis alias Nyaman banget untuk digunakan sehari-hari. . . Persis seperti yang disebutkan oleh Steve Farrell yang mengatakan bahwa CBR300R ini tampil Sporty, Namun masih Nyaman digunakan dalam segala kondisi (Kecuali kondisi sakit yaa :P). . .

 

Hal tersebut pastinya berkat penggunaan Stang Clip On yang berada di atas stang, plus Posisi duduk yang tak terlalu nungging. . . Sehingga posisi rider masih cukup tegak tanpa ada gejala membungkuk berlebihan (baca : lebay). . .Β  Bahkan Steve juga menyebutkan New CBR300R ini terasa ringan banget loh Brosist, Persis seperti yang EA’s Blog rasakan saat mencoba All New CBR150R ini di Kemayoran kemarin. . . Padahal, Bobotnya justru lebih berat ketimbang versi lawas loh Brosist !!

 

Mbah Kobay in Action

“The Ghost Rider” in Action…. khihihihii, Piss mang πŸ˜›

 

 

Point kedua adalah Sisi Handling. . . Yup, Seperti yang bisa kita baca pada hasil review para Blogger & Media kenamaan Tanah Air, All New CBR150R ini memiliki handling yang mumpuni loh Brosist !! Lucunya, Bahkan handling All New CBR150R ini terbukti lebih mantap ketimbang CBR150 FI CBU Thailand. . .

Nah, Seperti yang diutarakan oleh Steve, Ternyata New CBR300R ini memiliki impresi handling yang serupa alias sama loh Brosist. . . Yup ! Seperti salah satu Filosofi Dasar Honda CBR-Series yakni Easy to Ride, Maka New CBR300R & All New CBR150R ini MASIH memiliki salah satu Filosofi klan CBR-Series yang melegenda sejak tahun 80-an silam tersebut Brosist. . . Terbukti, Steve mengungkapkan bahwa CBR300R ini handlingnya sudah tak perlu dipertanyakan lagi, Alias masih layaknya kebanyakan Motor Honda, Yakni Ringan, Nyaman dan Responsif saat diajak menikung. . . Persis seperti yang EA’s Blog Rasakan saat Riding dengan All New CBR150R. . .

 

 

CBR Test by Eno

 

Ketiga dan menjadi yang terakhir adalah Ability Performanya ! Dari yang EA’s Blog rasakan, Terdapat improve signifikan terkait power yang dihasilkan oleh All New CBR150R ini dibanding CBR CBU, Terutama di Kitiran RPM bawah Brosist. . . Berbeda dengan CBR150R CBU yang tenaganya justru melandai dan terasa sedikit lemot di RPM Bawah, All New CBR150R ini powernya linear dan terasa lebih responsif di Kitiran RPM 4.000 hingga mencapai Redline. . . Dari yang bisa EA’s Blog test pada saat upshift ke gear-4, Speedometer sudah menunjukkan angka top speed sekitaran 90-100 Km/h (Kalo gak salah sampai 98-102 Km/h). . . Sayangnya saat itu EA’s Blog tak bisa meneruskan penggapaian Top Speed, lantaran Trek Testride yang terbatas. . .

 

 

Beralih ke New CBR300R yang dites oleh Steve Farrell, Motor ini diciptakan memang Pure untuk penggunaan Sehari-hari dan sangat bersahabat bagi Para Bikers pemula (Bikers pemula di Luar Negeri loh yaaa). . . Karakter Powernya juga sangat linear, Meski secara kecepatan tentunya tak dapat dissandingkan dengan All New CBR150R. . . Namun karakter smooth & powernya yang linear di setiap rentang RPM menuju Redline, Membuat New CBR300R ini memiliki “Taste” yang persis dengan All New CBR150R. . .

Sedikit perbedaannya, CBR300R memiliki Puncak power yang berada di RPM lebih rendah ketimbang All New CBR150R. . . Jika Motor 300 cc tersebut asik diajak geber-geberan di sekitar 4000-9000 RPM, Maka All New CBR150R ini asik digeber hingga nantinya powernya terasa drop diatas 10.500 RPM. . .

 

 

 

Well. . . Bagaimana tuh Brosist ?? Sudah mengetahui beberapa aspek penting dari kedua Motor ini kan ?? Intinya, Kedua Motor ini selain memiliki Desain yang sama persis, Ternyata juga mempunyai Karakter Power dan Feeling Riding yang persis, Antara satu sama lainnya tuh Brosist. . . Jadi, Dengan ketiga point pembahasan yang telah EA’s Blog bahas tadi, New CBR300R & All New CBR150R jelas Masih memiliki “Sentuhan” khas ala CBR-Series…..Β  Yang berupa Complete Package !!

 

 

So, All New CBR150R & CBR300R. . . Ternyata tak hanya Desainnya yang Sama !!

CBR3

Baca Juga yaaa Brosist. . . .

 

Honda All New CBR150R vs CBR150R CBU, Ability Performa & Handling !

Honda All New CBR150R vs CBR150R CBU, Komparasi Finishing & Material !!

Honda All New CBR150R, It’s Fun To Ride Bro !!!

WTH : Se-Kopong Apa Sih All New CBR150R ??

Honda All New CBR150R dan Jawaban Pertanyaan Brosist Sekalian. . . !

Spesial : Ini Dia Evolusi Sport 250cc Yamaha, Dari Masa ke Masa !

Spesial : Ini Dia 10 Motor Dengan Suara Terbaik di Dunia Versi EA’s Blog !

Sosok CB150R Streetfire Facelift Karya Kang Ridertasik, Boleh Juga Nih !!

Iklan

27 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s