Ini Dia Sejarah, Juara Perdana, Berikut Fakta Menarik GP Inggris !

 

Silverstone 1977

 

Gelaran MotoGP 2014 tak terasa akan memasuki seri ke 12. . . Kali ini, Sirkuit yang dipercaya untuk menggelar kejuaraan balap motor paling bergengsi sedunia ini adalah Sirkuit Silverstone, Inggris. . . Meski sebelumnya Balapan di Inggris telah lebih dahulu terkenal lewat ajang Isle Of Man TT (IOM TT), Namun Silverstone tetaplah memiliki sejarah serta keunikannya tersendiri. . .

Ingin tau seperti apa sejarah serta keunikan dari Sirkuit Silverstone ini ?? Yuk sama-sama kita bahas brosist. . . Cekdisot !!

 

Silverstone, The History !!

 

 

Silverstone 1948-

Sirkuit Silverstone, Tahun 1948 !

 

 

Meskipun masih tergolong lebih muda bila kita bandingkan dengan Ajang Legendaris, IOM TT yang juga bertempat di tanah Britania Raya. . . Namun Silverstone ternyata juga termasuk salah satu sirkuit tua di MotoGP loh Brosist. . . Yup ! Digelar pertama kali di tahun 1977 silam, Silverstone dipercaya menjadi sirkuit penyelenggara GrandPrix terakhir, Atau seri ke 13 di musim 1977. . .

 

Sirkuit yang pertama kali dibuka untuk balapan pada tahun 1948 ini, Ternyata adalah bekas landasan pacu pesawat militer Britania Raya (Great Britain). . . Dibangun diatas bekas landasan pacu & areal basis angkatan udara Inggris semasa Perang Dunia II, Silverstone menjadi salah satu sirkuit yang punya karakter lintasan lurus panjang, Serta tikungan super tajam yang sangat sempit. . . Ini dimungkinkan lantaran Layout Silverstone saat itu menggunakan 2 bekas landasan pacu yang memiliki trek lurus puaaanjaang, layaknya pacuan dragbike !!

 

 

Tahukah Brosist ?

Nama Sirkuit “Silverstone” , Diambil dari nama Basis Royal Air Force / RAF (Angkatan Udara)

yang ada disana, Yakni RAF Silverstone

Silverstone Generations

Perubahan Layout Sirkuit Silverstone !

 

Silverstone kemudian mengalami perubahan layout yang cukup signifikan pada tahun 1949. . . Pada tahun tersebut, Silverstone tak lagi mengusung layout yang berdasarkan bekas landasan pacu, namun telah berubah menjadi sedikit lebih modern . . . Layout sirkuit sejak 1949 ini bertahan hingga tahun 1991, Dimana kala itu Silverstone telah memiliki banyak tikungan yang jelas sangat menyulitkan pembalap. . .

 

Akhirnya, Sirkuit silverstone terus mengalami perombakan minimalis hingga berbentuk seperti sekarang, Sejak tahun 2010 silam. . . Silverstone tercatat sebagai sirkuit pengganti Donnington Park, Terhitung sejak 2010 silam. . .

 

Sejak era dimulainya GP Silverstone pada 1977 silam, Masa bakti sirkuit ini ternyata hanya 10 tahun saja loh Brosist !! Yup, Saat itu di GrandPrix 1987, Pihak penyelenggara memilih Sirkuit Donington Park yang menjadi penyelenggara GP Inggris. . .

Setelah 23 tahun berhenti menyelenggarakan ajang Grandprix, Akhirnya tahun 2010 silam, Silverstone kembali dipercaya menyelenggarakan GP Inggris hingga 5 musim . . . Musim 2014 ini adalah musim terakhir dari perjanjian kontrak pihak penyelenggara MotoGP, Karena untuk musim selanjutnya (2015), GP Inggris akan dihelat di Sirkuit Wales (Circuit of Wales)

 

Baca Juga : Preview GP Silverstone 2014, Selusin Kekalahan Atau Kemenangan Perdana ?

 

 

The First Winner !

 

 

Pat Hennen

Pat Hennen & Peraih Podium GP Silverstone !

 

Di tahun pertama Silverstone menggelar ajang Grandprix (1977), Tercatat ada 4 kelas yang memperebutkan tahta tertinggi di Seri Silverstone, yakni 125 cc, 250 cc, 350 cc & 500 cc. . . Nama pembalap yang sukses merebut gelar juara Silverstone di kelas premier (500 cc) adalah pebalap Suzuki asal Amerika Serikat, Pat Hennen, dengan catatan waktu 45 menit, 31,96 detik (28 Laps). . .

Pat Hennnen berhasil mempecundangi rekan senegara nya yang bercokol di posisi ke 2, Steve Baker, dengan perbedaan waktu 41 detik lebih !! Busyeedd, Jauhnyaaaaa !!

 

 

Kork Ballington

Kork Ballington !

 

Sementara itu dikelas 350 cc, Pemegang Juaranya adalah pebalap Yamaha, Kork Ballington. . . Prestasi Kork Ballington lantas tak hanya sampai disitu !! Di kelas 250 cc, Kork juga berhasil keluar sebagai yang tercepat bersama pabrikan Garputala. . .

Di kelas yang paling mungil, 125 cc, Pebalap Morbidelli, Pierluigi Conforti berhasil menjadi Juara di Sirkuit Silverstone. . .

 

Baca Juga : Duo Movistar Yamaha Optimis Tatap GP Silverstone 2014 !

 

 

Silverstone & Fakta Unik nya !!

 

 

Lorenzo Juara

Jorge Lorenzo, Juara Silverstone 2013 !

 

 

– Kork Ballington dan Angel Nieto adalah dua pembalap dengan kemenangan terbanyak GP di Silverstone, Masing-masing dari mereka berdua telah meraih 6 kali Juara seri Silverstone, Inggris. . .

 

– Pada balapan perdana tahun 1977 di kelas premier (500 cc), Pat Hennen berhasil meng-overlap pebalap di urutan ke-5, Bahkan hampir meng-overlap pebalap diposisi ke-4 !! Kebayang kan saat itu bagaimana cepatnya pebalap Amerika ini ?

 

– Satu-satunya pembalap asal Inggris yang berhasil meraih pole position di GP Silverstone adalah Barry Sheene, Di kelas 500 cc, tahun 1977. . .

 

– Tercatat, Hanya ada 2 pebalap asal Inggris yang mampu memenangkan GP Silverstone. . . Keduanya adalah Ian McConnachie (GP 80 cc, Musim 1986) & Scott Redding (Moto2, Musim 2013)

 

– Pebalap Pertama yang berhasil memenangkan GP Silverstone, Sejak resmi menggantikan Donington Park tahun 2010 silam adalah Jorge Lorenzo (Yamaha). . . Jorge berhasil mengasapi Andrea Dovizioso (Honda) di posisi kedua dengan gap hampir 7 detik. . .

 

– Jika Jeremy McWiiliams jadi tampil bersama Pabrikan Brough Superior di Moto2, maka Ia akan jadi pebalap tertua yang mengikuti Balap GrandPrix modern. . . Yakni pada usia yang menginjak 50 tahun alias setengah abad !!

 

Baca Juga : Jeremy McWilliams Tampil di Moto2 Inggris di Usia 50 Tahun !

 

 

 

Well. . . Sekian dulu yang bisa EA’s Blog sharing dalam Artikel kali ini, Semoga dapat menambah wawasan Brosist sekalian tentang GP Silverstone, Inggris, yang akan digelar beberapa saat lagi. . . So, Akankah Yamaha mampu membalas dendam atas 11 kali kelahan di seri sebelumnya ?? Atau justru malah menjadi bulan-bulanan Repsol Honda dengan selusin (baca : 12 kali) kekalahan ?? Yuk,  Kita saksikan saja Jawabannya di Live race MotoGP yang akan digelar Sore hari ini lewat Transtoedjoeh. . .

 

So, GP Silverstone 2014. . . Siapa Jagoanmu Brosist !!??

Podium Brno 2014

 

Baca Juga yaa Brosist. . . .

 

– Pabrikan Jawa Motors, Tahukah Anda Pabrikan Asli Cekoslovakia Ini ??

Ini Dia Balapan Perdana, Juara Perdana & Fakta Unik GP Sachsenring !!

MV Agusta 500-3, Jagoan MotoGP, Tunggangan Sang Legend Giacomo Agostini !!

10 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s