Hercules W2000, Ini Dia Motor Pertama Bermesin Wankel Engine !!

 

W2000 1

 

Hollaa Brosist. . . Kita bertemu lagi tentunya masih dalam Artikel Historical Bike Ringan ala EA’s Blog meskipun telat karena kesiangan, wkwkwk πŸ˜€ . . . Kali ini kita akan membahas tentang sebuah Motor Klasik asal Jerman yang pernah mengegerkan Jagad Roda 2 Dunia pada tahun 1970 – an silam. . . Bila Brosist pernah membaca tentang Artikel Museum Motor Barber, Maka Brosist tak akan asing lagi dengan Motor ini. . . Karena saat itu pernah EA’s Blog singgung sedikit mengenai Motor yang dikenal dengan Nama Hercules W2000 (Hercules Wankel 2000) ini. . .

Seperti apa sih Detail serta Keunikan nya ?? Yuk kita bahas sama-sama Brosist. . . Cekdisott !!

 

W2000 5

 

Hercules Wankel 2000 adalah sebuah Mahakarya Roda 2 dari Pabrikan Asal Jerman, Hercules. . . Motor ini diciptakan pada tahun 1974, Setelah sebelumnya Prototype nya sudah terlebih dahulu diuji coba sejak tahun 1970 silam. . . Motor ini Dijual secara Domestik serta ke berbagai Negara di Eropa, Namun saat masuk pasar Inggris Hercules W2000 menggunakan Brand DKW sebagai distributornya. . .

Sisi Desain Hercules W2000 ini terlihat seperti Motor Klasik Lainnya, Alias masih dibalut style ala Motor tahun 80-an dengan Velg Spoke, Desain membulat plus Styling Vintage yang kental. . . Namun, Motor Jerman ini memiliki bentuk mesin yang unik lantaran mengadopsi Wankel Engine. . . Sayangnya saat itu Motor ini terkenal dengan Ground Clearance nya yang Rendah plus Ability Handling yang kurang mumpuni untuk ukuran Motor Sport. . .

 

W2000

 

Yang lebih fenomenal adalah saat kita melihat Sektor Mesinnya Brosist. . . Berbekal Wankel Engine yang ditemukan oleh Felix Wankel tahun 1929 silam, Hercules W2000 menjadi Motor pertama di Dunia yang menggunakan Mesin Unik dan Nyentrik ini. . . Mengapa disebut Unik ?? Yup, Itu semua lantaran Mesin ini sama sekali tak menggunakan Piston sebagai Jantung Pacu utamanya. . . Mesin ini mengandalkan Putaran Rotor yang diubah sedemikian rupa untuk menghasilkan Power. . . Penjelasan detail tentang Wankel Engine akan Kita bahas pada Rubrik Engine Holics ya Brosist. . .

 

w2000 3

 

Mesin ini ternyata sangat efektif ketika Dipasang Pada Hercules W2000. . . Berbekal Mesin 294 cc, Oli Mesin yang dicampurkan ke dalam Bensin (Edisi 1975 keatas Menggunakan Oil Injection) , Plus Kompresi Rendah 8,5 : 1 , Hercules W2000 mampu memuntahkan tenaga hingga 32 HP @ 6.500 RPM. . .

Jika kita membandingkan dengan Motor 4-Tak yang ada di Masanya (Dengan Kubikasi yang Mirip) , Maka W2000 hadir sebagai Motor dengan performa paling mumpuni, Bahkan hampir bisa menyaingi jajaran Motor 2 Tak yang juga berada pada Era Motor ini. . . Top Speednya juga diklaim mampu menembus 145 Km/h loh Brosist !! Waooww mantep kan untuk ukuran motor 294 cc buatan tahun 1970-an. . . .

 

Sebagai Tambahan, Nih Dia Spesifikasi Detail Hercules Wankel 2000 :

 

Manufaktur : Hercules Cycles

Model : Wankel 2000 (W2000)

Tahun Pembuatan : 1974 – 1978

 

Engine : 4-Tak, Wankel Engine Single – Rotor, Air-Cooled with Fan-Cooling System

Kapasitas Mesin : 294 cc

Rasio Kompresi : 8,5 : 1

Sistem Penyuplai BBM : Karburator

Transmisi : 6-Speed Gearbox

Starter : Kick Starter

Max Power :Β  23 HP @ 6.500 RPM (1974) , 32 HP @ 6.500 RPM (1975-1978)

Top Speed : 90 Mph (145 Km/h)

 

Frame : Diamond-Steel Tube Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual – Shockbreaker, Tube Swingarm

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan :Β  3.00 – 18

Ban Belakang : 3.25 – 18

 

 

Well. . . Sayangnya Saat itu Hercules W2000 memiliki sebuah Problematika yang cukup mendasar, Yakni Ground-Clearance yang sangat Rendah plus Handling yang Dicap Tidak Mumpuni. . . Akibatnya, Hercules W2000 hanya mampu diproduksi hingga tahun 1978 atau sekitar 4 Tahun Masa Produksi saja, Padahal saat itu Hercules W2000 memiliki Performa yang diklaim mantap untuk ukuran Motor Berkubikasi Kecil. . . Meskipun pada saat ini Wankel-Engine selalu dihadapkan pada masalah Emisi Gas Buang yang dianggap Buruk, Tapi pada era Kelahiran Hercules W2000, Motor ini tetaplah menjadi Motor Super yang akan selalu kita kenang. . .

Oleh Karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberi Tagline :

 

” Hercules W2000 , The Difference Make It Sophisticated “

W2000 4

Oke, Demikian dulu yang bisa EA’s Blog share pada artikel History Ringan kita pada kesempatan kali ini. . . Tetap Stay Tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist. . . Karena kita akan terus mengupas berbagai Motor Legendaris Dunia Komplit, Hanya di Rubrik Historical Bike ala EA’s Blog. . . Kita ketemu lagi di lain kesempatan, See yaahh….. πŸ˜€

 

So, Hercules W2000. . . Ini Dia Motor Bermesin Rotary / Wankel Engine Brosist !!

W2000 2

51 comments

  1. apakah mesin rotary /wankle ini termasuk high vibration ya? padahal secara konstruksi mesin ini efisien ketimbang mesin empat langkah.
    oh iya bro pernah dengar teknologi pelapisan dinding silinder “ceratal coating ” (katanya ini yang dipake di ducati mesin panigale)

    • Justru harusnya Wankel lebih Vibration Free masbroo. . . Soalnya minim gesekan & part internal mesin gak sebanyak motor dengan sistem piston. . . Mesin ini kalau punya solusi di emisi gas buang, Mungkin bakal jadi fenomena baru dari dulu. . .

      Ceratal Coating ?? Kayak yang dipakai di penggorengan lapis teflon itu ya. . . Coba deh saya cari tau lebih lanjut soal hubungannya ke Ducati πŸ˜€

  2. Kenapa mesinnya gk kepake lg ya, masalah emisi kyny sudah banyak solusinya jmn skg, seperti catalytic converter dsb. Pdhl keliatannya lebih efisien.

    Coba kalau di jalanan pake itu, orang pasti bingung, motor kok ditempelin pompa sanyo hahaha

  3. ijin repost ke kaskus kang..:D
    sekalian nyambung trit saya..
    mampir yah kang
    m.kaskus.co.id/thread/537546c0af07e7de558b45a2/mesin-wankel-atau-rotary—piston-segitiga

  4. ceratal itu kalo gak salah singkatan “ceramic metal” bro, jadi mungkin campuran ceramic & metal buat coating cylinder wall nya, katanya sih hampir similar sama nikasil atau SCEM nya suzuki: )

  5. ceratal itu kalo gak salah singkatan “ceramic metal” bro, jadi mungkin campuran ceramic & metal buat coating cylinder wall nya, katanya sih hampir similar sama nikasil atau SCEM nya suzuki: ) CMIIW

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s