Opini : Power Disunat 2 HP ?? Ahh, Lihat Dulu Yang Ini !!

 

Gallery R25 8

 

Brosist sekalian. . . Menanggapi sebagian besar Blog yang beberapa waktu silam membahas tentang “sunatan massal” , Eh Pengurangan Power pada Salah satu motor produksi massal yang baru saja beredar di Jalanan Indonesia, EA’s Blog tergelitik untuk membuat sebuah artikel yang berisi tentang pandangan EA’s Blog terhadap kasus rada panas tersebut. . . Meskipun sudah agak basi, Yaaahh apa salahnya sih berbagi opini, Ya nggak Brosist ?? hehehee πŸ˜€

Mesin R25

 

Kalau kemarin sempat dihebohkan dengan pengurangan power hingga 1,58 HP (dengan versi Tester Media) atau penurunan hingga 7 HP ketimbang Power On Crank (cmiiw) atau berapalah itu, Maka banyak sekali kesimpulan sepihak yang bisa ditarik dari sana. . . Bisa saja karena Alat Dynotest yang digunakan berbeda, Kondisi saat Running Dyno yang berbeda, Motor yang digunakan telah di Spek Down, Menerima Produk Gagal, dan Masih banyak lagi alasan yang bisa didapat dari kasus tersebut. . .

 

2011 Yamaha YZF-R6

 

Padahal kalau kita sedikit membuka mata ke banyaknya kasus Dynotest Motor lainnya yang sudah terlebih dahulu menggegerkan ranah dunia maya luar negeri, Kita bisa melihat satu hal yang unik. . . Disana penurunan power klaim pabrikan (Biasanya On Crankcase) dengan Versi Dynotest sangat kentara jauhnya Brosist. . . Entah Mesin dyno nya yang “Galak” atau apapun itu alasannya, Tapi itulah faktanya. . .

 

Mari kita cermati dengan hasil Dynotest kakaknya si YZF R25, yakni YZF R6 versi Media Kenamaan motorcycle-usa :

YZF R6 2011 Claimed HorsepowerΒ  :Β  122 HP @ 14.500 RPM

YZF R6 2011 Dyno Running Β  :Β  103, 28 HP @ 13.800 RPM

Selisih Horsepower :Β  18, 72 HP

 

Bahkan kasus tersebut tak hanya menimpa pada YZF R6 saja Brosist !! Tercatat Motor sekelas YZF R1, CBR1000RR Fireblade, Kawasaki ZX-10R, Ducati Panigale, hingga BMW S1000RR pun mengalami kasus yang sama. . . Padahal bila kita melihat beberapa aspek detail yang diusung supersport ini, Tentunya jauh lebih advance ketimbang sang adik yang hanya bermain di kelas 250 cc. . . Otomatis, Ukuran ban yang segitu besarnya tentunya tak dapat mempengaruhi signifikan Dynotest Motor yang disebut-sebut sebagai Supersport terbaik ini. . .

 

Namun ada sedikit yang bisa dicermati juga, yakni Karakter Maksimum Horsepower YZF R6 (Seperti detail diatas) yang dijanjikan oleh Pabrikan tak berbeda jauh dengan Versi Dynotest. . . Kasus ini tentunya menyimpang jauh dengan yang ada di tanah air, Dimana Power Maksimum yang diset pada 12.000 RPM ala Motor 250cc berperforma tinggi harus drop bahkan tertahan di 10.500 RPM saja. . . Menyikapi hal tersebut, Tentunya sudah terdapat perbedaan yang signifikan, Apalagi sebelumnya media juga sudah mengetes R25 ini dan didapat hasil yang sangat memuaskan (29, 43 HP @ 12.100 RPM). . .

 

 

Well. . . Sebenarnya yang dinantikan disini adalah keterbukaan dari Pihak Pabrikan terkait Penyunatan #ehh penurunan Horsepower yang sempat mengegerkan ini. . . Jika memang diset lebih rendah, So just say it….. Tak perlu lagi membingungkan konsumen dengan jawaban yang dianggap aneh dan berbelit-belit. . . . Tapi, Ini hanya sekedar Opini ala EA’s Blog koq Brosist, Setiap orang bebas berpendapat kan ?? hehehehe πŸ˜€

 

So, Brosist Punya Opini ?? Silahkan Diisi di Kolom Komentar yaaa………

R25 Proto

IKUTI QUIZ 1 JUTA HITS EA’S BLOG BERHADIAH TOTAL PULSA Rp. 100 RIBU BROSIST !!

57 comments

  1. ups.. correction yahh YZF R6/R1
    Mari kita cermati dengan hasil Dynotest kakaknya si YZF R25, yakni YZF R6 versi Media Kenamaan motorcycle-usa :

    YZF R6 2011 Claimed Horsepower : 122 HP @ 14.500 RPM

    YZF R1 2011 Dyno Running : 103, 28 HP @ 13.800 RPM

    Selisih Horsepower : 18, 72 HP

  2. mungkin yimm takut gengsi klo bilang kurva pengapian diturunkan setelah 10500 RPM karena biar. bisa minum premium

  3. mungkin yimm takut gengsi klo bilang kurva pengapian diturunkan setelah 10500 RPM karena biar. bisa minum premium. heheheh

    • Hahahaa, Kadang masih suka nyerempet ke yang panas yaa. . . Tapi anehnya gak ada fansboy aneh mampir kesini πŸ˜€
      Siap broo, Doakan ya semoga makin bermutu kedepannya πŸ˜€

  4. r25 bukan masalah sunat power mas bro… ni masalahnya unit tes ma unit yang di jual masal ada perbedaan power. klo aja unit tes 27 hp, gak bakal rame kayak gini.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s