Yamaha RZV500R, Sport Replika Balap Grandprix Dari Pabrikan Garputala !

 

RZV Main

 

Brosist sekalian pernah membaca artikel lawas EA’s Blog tentang Yamaha YZR500 yang pernah sukses besar di Ajang World Grandprix (Sekarang MotoGP) ?? Naah, Bahan pembahasan kita kali ini adalah motor yang memiliki hubungan serta kemiripan dengan Motor Balap tersebut, Akan tetapi bukan dibuat untuk balap, Melainkan untuk versi Jalan Raya. . . . Motor 2-Stroke yang dimaksud Adalah Yamaha RZV500R, Sebuah Motor yang Spesial dibuat oleh Pabrikan Iwata ini pada era 80-an silam. . . .

Seperti apa Pernak-pernik, Detail serta Sejarahnya ??? Yuk kita intip bareng-bareng Brosist. . . . Cekdisoottt !!

RZV3

 

Di Masa kejayaan Kenny Roberts Sr. Bersama Yamaha YZR500, Pabrikan berlogo Garputala ini pernah memiliki ide yang fenomenal yaitu mengangkat tema Racing Homologation (Replika Balap) pada Motor Versi Jalanannya. . . Setelah melalui beberapa masa development agar sesuai dengan peruntukannya, Akhirnya Pihak Yamaha memutuskan untuk mendevelop beberapa Motor yang sekarang kita kenal dengan RD500 (RZ500) & RZV500R. . .

Yamaha RZV500R adalah Motor yang diciptakan untuk keperluan High-Performance pada tahun 1984 hingga akhirnya berakhir diproduksi tahun 1986 silam. . . Sayangnya, Yamaha RZV500R yang merupakan penyempurnaan dari RD500/RZ500 hanya dijual untuk Pasar Domestik Jepang saja. . . Meskipun demikian, Yamaha RZV500R tetaplah menjadi incaran para Bikers yang berada di Luar Jepang, Sehingga tak heran sangat banyak orang yang membelinya melalui jalur Import entah itu secara resmi ataupun Abu-abu. . .

 

RZV

 

Di sisi estestika atau desainnya, Maka kita akan melihat desain yang benar-benar Identik dengan Motor Balap era 80-an silam. . . Tampilan Full Fairing yang minimalis serta Buritan (Tail) yang menggembung dan diisi oleh Knalpot Undertail adalah bukti sahih behwa Motor ini memang didevelop berbasis Motor Balap. . . Lihat saja secara Overall Brosist !! Kita akan melihat sosok YZR500 yang pernah mengantarkan Giacomo Agostini, Kenny Roberts Sr. , Eddie Lawson & Wayne Rainey menggapai Juara Dunia kelas Premier (GP 500 cc). . . Apalagi dengan balutan warna/livery yang identik dengan Motor balap Yamaha tersebut. . . .

 

RZV7

 

Di sektor depan, Suspensi Teleskopik yang sudah dibekali Peredam Udara (Air-Assisted) mengawal Dual Hydraulic Disc Brake plus ban Berukuran Gambot yang ternyata memiliki diameter 16 inci. . . Di sektor tengah, Alumunium Deltabox Frame khas Yamaha mengawal Mesin Gambot yang dipakai oleh RZV500R. . . Frame Alumunium Deltabox yang terbukti kestabilannya ini menggantikan Steel Twinspar Frame yang kita temui di RD500. . . Sementara itu, Di bagian belakang Suspensi Monoshock plus Swingarm Alumunium Box mengawal Velg & Ban Gambot berdiameter 18 inci. . .

 

RZV Engine

RZV Frame

Lihatlah Betapa Kompleks nya Susunan Mesin RZV500R

 

Beralih ke sektor Mesin, Maka kita akan menemui sosok Mesin 2-Tak, Liquid-Cooled, V-4 Engine yang bercitarasa U-4 (Square Four) loh Brosist. . . . Mengapa EA’s Blog sebut demikian ??  Karena meskipun Yamaha menyebutnya V-4 Engine, Namun pada kenyataannya Mesin ini masih memiliki 2 Kruk-As (Crankshaft) yang digabungkan menggunakan Gear-Train. . .

Akan tetapi, Lantaran konfigurasinya yang identik dengan V-Four bersudut 50° , Maka RZV500R lebih sering disebut menggunakan mesin V-4 ketimbang U-4 yang rata-rata konfigurasinya memiliki bentuk layaknya “Gedung Kembar“. . . Selain itu, RZV500R juga sudah dibekali YPVS (Yamaha Powervalve System) untuk penyesuaian konsumsi BBM nya serta membuat karakter Speed sang Replika balap ini agar tetap Smooth digunakan di Jalanan Umum. . . Ebusyeehh, Mantap pisan euyy !!

 

RZV4

RZV11

 

Sayangnya, Kita akan menemui kekecewaan saat mengetahui Output Powernya Brosist. . . Jika pada RD500 kita bisa menemukan Power Dahsyat hingga 88 HP @ 9.500 RPM Plus Torsi Dahsyat di 67 N.m @ 8.500 RPM, Maka kita justru menemukan pengurangan di RZV500R ini Brosist. . . .

Yup ! RZV500R hanya mampu menyemburkan Power Maksimal sebesar 64 HP @ 8.500 RPM saja Brosist. . . Padahal dengan segala keuntungan yang dimilikinya, Harusnya Motor ini mampu menyamai catatan seteru nya saat itu yakni Suzuki RG500 yang mampu menembus Power Superior 95 HP @ 9.500 RPM. . . Hal ini disebabkan karena RZV500R terkena regulasi pembatasan power yang diterapkan oleh pemerintah Jepang sana Brosist. . . . Lebih parahnya lagi, Pembatasan bukan hanya dilakukan pada Otak pengapiannya saja (CDI), Tapi juga menyeluruh hingga ke redesain ulang Knalpot, Jetting Karburator, bahkan hingga ke Setting ulang YPVS nya Brosist !! Tegasnyaaaaa…….

 

Sebagai Tambahan, Ini Dia Spesifikasi Detail Yamaha RZV500R :

 

Manufaktur : Yamaha

Model :  RZV500R

Tahun Pembuatan : 1984 – 1986

 

Engine : 2-Tak, Liquid-Cooled, V-4 (4 Silinder), YPVS (Yamaha Powervalve System), Reed-Valve

Bore x Stroke :  56,4  x 50  mm

Kapasitas Silinder : 499,5 cc

Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Mikuni VM26SS

Rasio Kompresi :   6,6 : 1

Transmisi : 6-Speed Gearbox

Max Power : 64 HP @ 8.500 RPM

Max Torsi : 55,9 N.m @ 7.500 RPM

 

Frame : Alumunium Twinspar Frame (Deltabox)

Berat Kosong : 196 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 22 Liter

Suspensi Depan : Air-Assisted Teleskopik Fork, Adjustable Preload

Suspensi Belakang : Alumunium Swingarm, Linked-Monoshock Absorber

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik (Disc 267 mm), Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik (Disc 245 mm), Kaliper 2 Piston

Ban Depan : 120/80 – 16

Ban Belakang : 130/80 – 18

 

 

Well. . . . Yamaha RZV500R memang layak dijuluki sebagai GP Street Bike, Lantaran semua Ability nya menunjang motor ini meraih yang terdepan. . . Sayangnya, Dengan pembatasan tersebut RZV500R menjadi layu sebelum berkembang, Serta kalah pamor dibandingkan seteru nya Suzuki RG500. . . Akan tetapi, Dengan harga plus Stabilisasi kelas dewa yang ditawarkan saat itu, Maka rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Yamaha RZV500R , The Restricting Beauty “

RZV Last

Okey, Demikian yang bisa EA’s Blog share pada kesempatan kali ini. . . . Semoga mampu menginspirasi serta menambah wawasan Brosist sekalian terkait Motor Legendaris yaa. . . . Kita bertemu lagi di Artikel Historical Bike lainnya. . . jadi jangan lupa untuk  Stay tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist. . . .

 

So, Yamaha RZV500R. . . . Ini dia Replika Balap dari Pabrikan Garputala !!

RZV9

23 comments

  1. Fully tune RZV500R bisa tembus 135hp on wheel sama kek RG500.
    motor keren nih, kalo kata orang sekarang sih jelek, kalo kata gw sih nih motor emang cakep.

    Ronax 500 pun engine nya nyomot nih motor punya desain. ROC atau Harris Yamaha.

    kalo di liat Ronax output power dengan desain mesin yang sama tembus 160hp (street). jadi kalo ada orang yang bilang NSR500 cuma 180hp itu g*bl*k. maximum power Suter 500 aja bisa 200hp. masa Honda 180hp? -_-”

    nie motor kalo masih dikembangin bisa tembus 160hp.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s