Seperti Apa Sih Balapan Pertama Kali GP Sachsenring Beserta Juara & Semua Rekornya ? Nih Dia Jawabannya !

 

Gary Hocking

 

Hollaa Brosist. . . Kembali lagi kita bersama artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Menjelang Gelaran GP Jerman yang akan digelar esok hari, Yuk kita sama-sama mengintip sejarah beserta semua rekor yang pernah diciptakan di sirkuit yang memiliki panjang trek 3.761 m ini. . . . Yang menarik, Ternyata nama-nama besar pebalap legendaris juga turut memiliki andil dalam terciptanya sejarah GP Sachsenring loh Brosist. . .

Seperti Apa Sih balapan Sachsenring Dahulu Kala ??

Siapa Sih Pebalap yang Berhasil Menjuarai GP Sachsenring untuk Pertama Kali ??

Apa Saja Rekor yang Diciptakan di Sirkuit ini ??

Yuk sama-sama kita intip Brosist. . . . Cekdiswanaut !!

 

Ajang Balap Perdana GP Sachsenring

 

 

Sachsenring 1961 2

 

Seperti yang sudah sedikit kita bahas sebelumnya di Artikel Preview GP Sachsenring 2014, Balapan GrandPrix perdana di Sirkuit ini dimulai pada tahun 1961 silam. . . Dulunya sirkuit ini bertempat di Wilayah Jerman Timur (Dulu Jerman masih terbagi 2 yakni Jerman Barat & Jerman Timur) yaitu di desa Hohenstein-Ernstthal. . . Sebenarnya, Ajang Balapan di sirkuit ini sudah dimulai sejak tahun 1927, Serta pernah juga dipakai untuk Ajang Germany GrandPrix (Balapan Nasional Jerman) sejak tahun 1934 Silam. . . Namun untuk ajang GrandPrix sendiri baru dimulai pada tanggal 30 Juli 1961. . .

Oleh karena itu, Sachsenring juga sering disebut sebagai “Sirkuit Tua“, Lantaran sudah sangat lama menggelar Ajang GrandPrix hingga sekarang berformat MotoGP. . . Sirkuit ini dulunya hanyalah Jalanan Pedesaan yang disulap menjadi Arena Balap, Persis seperti Sirkuit Assen (Belanda) yang sudah kita bahas tuntas 2 minggu silam. . .

 

 

Dieter Braun

Dieter Braun, Sang Tokoh “Kontroversial” Sachsenring

 

Ajang Balap di sirkuit ini ternyata juga pernah mengalami problem beraroma politis loh Brosist !! Pada tahun 1971, Pembalap Asal Jerman Barat, Dieter Braun, Memenangkan kejuaraan GP Sachsenring kelas 250cc bersama Yamaha. . . Situasi konflik ideologi antara Jerman Timur & Jerman Barat yang saat itu sedang panas-panasnya langsung mencapai klimaks Saat Dieter Braun memenangkan GP Sachsenring dan mengumandangkan Lagu kebangsaan Jerman Barat di Sirkuit Jerman Timur itu. . .

Akhirnya, Sorak sorai para fans GP setempat langsung terhenyak dan hening sesaat saat lagu Jerman Barat dikumandangkan !! Kondisi yang memanas itu langsung ditanggapi oleh para pemerintah komunis yang menguasai Jerman Timur. . . Walhasil, Ajang Balap di Sachsenring pun Resmi Ditutup pada tahun 1972 dan gelaran GP Jerman terfokus diadakan di Hockenheim. . . Serta Demi Kenyamanan para Rider, Akhirnya Komisi Pimpinan GrandPrix menunjuk Sirkuit Nurburgring sebagai pengganti Sirkuit Sachsenring yang saat itu penuh Kontroversi. . .

 

Sachsenring 1961 Layout

Layout Sirkuit Sachsenring 1961

Sachsenring Details

Layout Sirkuit Sachsenring 2004 – Sekarang

 

Perubahan Radikal pada sirkuit ini dimulai pada tahun 1990 dengan mengganti total seluruh format lintasan dari yang semula jalanan pedesaan menjadi Sirkuit yang sesungguhnya. . . Pembangunan sirkuit baru ini selesai tahun 1995 dan langsung diadakan safety test oleh para pemerintah serta penyelenggara MotoGP. . . Barulah di Tahun 1998, Balapan GrandPrix kembali digelar di Sirkuit ini dengan Trek Baru sepanjang 2, 9 Km (saat itu). . .Hingga akhirnya di awal tahun 2000-an, Sachsenring dipermak sedikit dan memiliki layout seperti sekarang ini. . .

Resminya balapan di Sachsenring ini juga sekaligus menghapus sirkuit Nurburgring dari daftar Seri GP yang sebelumnya menggelar GP Jerman. . . Akhirnya Sirkuit Nurburgring difokuskan hanya untuk menyelenggarakan balap Formula 1. . .

 

 Lanjutkan Membaca >> Juara Perdana GP Sachsenring 1961

 

11 comments

  1. Kompilasiin nama2 Ring di eropa,,, bisa jadi 1 artikel tuh.. Nurburgring, Sachsenring, Hungaroring, Hockenheimring

    tapi yg kepake buat motoGP cuma sachsenring aja sih… 😛

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s