Siapa Sih Juara Pertama Kali GP Assen Beserta Semua Rekornya ? Nih Dia Jawabannya !!

Assen History

 

Hollaa Brosist. . . Kita kembali lagi bertemu di Artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Masih dalam suasana menantikan duel sengit MotoGP di Sirkuit Assen, Kali ini kita akan membahas tentang Jagoan-jagoan yang berhasil menjadi Juara di GrandPrix Negeri Kincir Angin beserta semua Data & Fakta menarik di Sirkuit Assen. . .

Siapa sih Juara Pertama Kali di Sirkuit Assen ??

Apa Aja sih Fakta beserta Rekornya ??

Yuk kita bahas bareng-bareng Brosist. . . Cekdisott !!

Juara Perdana GP Assen

 

Assen 1949

GrandPrix Assen 1949

 

Seperti yang sudah sedikit kita singgung di Artikel sebelumnya, Sirkuit Assen memulai debut untuk balap sejak tahun 1925 dan masih berupa sirkuit jalanan yang tradisional, Perbaikan dan perombakan sirkuit ini untuk pertama kalinya dikerjakan pada tahun 1955. . . Di ajang GrandPrix sendiri, Sirkuit Assen adalah satu-satunya Sirkuit Tertua (Diantara seri yang dilombakan MotoGP 2014) yang pernah dilombakan di Ajang Grandprix. . .

Kenapa bisa disebut yang paling tua ?? Yup ! Lantaran Sirkuit Assen sudah dilombakan untuk ajang GrandPrix prasejarah perdana pada tahun 1949 Brosist !!

 

Nello Pagani

Nello Pagani, Penunggang Gilera GP 500 ‘Racer’

 

Pada tahun 1949 atau saat GrandPrix pertama kali dihelat, Persaingan ketat terjadi antar Pabrikan yang bermarkas di Eropa. . . Di GrandPrix Seri Assen yang saat itu bernama Dutch TT (Dutch Tourist Trophy), Duel ketat terjadi antara Pabikan Inggris (AJS) & Pabrikan Italia (Gilera). . .

Pada GrandPrix Assen 500cc (Kelas Premier) tahun 1949, Saat itu Leslie Graham yang menunggang AJS E90 ‘Porcupine’ berhasil diasapi oleh Nello Pagani yang menunggang Gilera GP 500 Racer yang akhirnya Sukses Menjuarai GP Assen untuk pertama kalinya. . . Sementara itu di kelas 350cc, Freddie Firth yang menunggang Velocette DOHC GP berhasil menjadi Juara GP Assen diikuti oleh Rekan Setim nya di Pabrikan Velocette Bob Foster. . .

Terakhir di kelas 125cc, Nello Pagani yang saat itu berlaga di 2 kelas berbeda (125cc & 500cc) dan Di 2 Tim berbeda (Mondial & Gilera), Berhasil menjuarai GP Assen 125cc. . . Nello sukses mengasapi Oscar Clemencich penunggang MV Agusta dengan perbedaan catatan waktu 48 detik lebih !! Woww Dahsyat !!

 

 

Pabrikan Jepang

 

Hailwood RC162

 

Yup ! Seperti yang kita ketahui dan pernah bahas sebelumnya, Para Pabrikan asal Negeri Sakura mulai ikut serta pada Ajang GrandPrix akhir tahun 50-an. . . Yang Sukses pertama kali menyabet gelar juara di sirkuit Assen adalah Pabrikan Sayap Mengepak di Tahun 1961. . .

Honda berhasil menjuarai GP Assen di 2 kelas berturut-turut yakni kelas 125cc & 250cc. . . Sang Legend Mike Hailwood menyumbang kemenangan untuk Honda di Kelas 250cc bersama motornya Honda RC162, Sementara itu di kelas 125 cc Honda berhasil menjadi Juara lewat pembalapnya Tom Phillis yang menunggang Honda 2RC143. . .

 

Ernst Degner

 

Setelah Pabrikan Sayap Mengepak, Ada Pabrikan Suzuki bersama Ernst Degner yang sukses menjuarai Kelas 50 cc GP Assen tahun 1962. . . Setelahnya hadir Pabrikan Yamaha yang berhasil menjuarai Perdana GP Assen di kelas 250 cc bersama pembalapnya Phil Read. . . Terakhir, Ada Kawasaki bersama Dave Simmonds yang berhasil menjuarai GP Assen kelas 125 cc di tahun 1969. . .

 

 

Data & Rekor GP Assen

 

Angel Nieto

Angel Nieto

 

Setelah terakhir digelar tahun 2013 kemarin, Total sudah 263 Ajang GrandPrix digelar di Sirkuit Assen. . . Rekor Pembalap Terbanyak yang menjuarai Seri GP Assen adalah Angel Nieto asal Spanyol yang telah mengemas 15 kemenangan di kelas 125 cc & 50 cc, Kemudian diikuti Oleh Opa Giacomo Agostini yang berhasil mencatatkan 14 kali kemenangan di kelas 350 cc & 500 cc. . .

Sementara itu di ajang Balapan GrandPrix Modern, “The Doctor” Valentino Rossi memegang Rekor Juara terbanyak yaitu 8 Kali, Masing-masing 6 kali di kelas MotoGP, 1 Kali kelas 250 cc & 1 kali kelas 125 cc. . .

 

Sirkuit Assen adalah Sirkuit yang bersahabat bagi Pabrikan Yamaha. . . Terbukti sejak era MotoGP dimulai, Yamaha sudah mengoleksi 7 kali kemenangan di Sirkuit ini, Meninggalkan jauh Pabrikan Honda dengan 4 kali kemenangan & Ducati dengan 1 kali kemenangan. . .

 

 

Well. . . Demikian tadi sedikit yang bisa EA’s Blog bahas di kesempatan kali ini. . . Sedikit harapan sederhana dari EA’s Blog, Semoga Artikel ini mampu menambah wawasan & informasi Brosist terkait balapan yang akan digelar Sore Nanti. . .

Kita bertemu di Next Artikel History Selanjutnya ya Brosist, See Yahh !!

 

So, GP Assen 2014. . . Siapa Jagoanmu Brosist ??

Rossi

16 comments

  1. Ini nih yg paling gw demen di blog nya kang EA,selain folder2 nya rapi ada folder khusus motor jadul,salut sama si akang,and thx loh info2 nya sangat membantu buat ane selama ini.salam 2 jempol buat akang.(Β₯)(Β₯)

    • Wahh haturtengkyu pisan kang. . . Semoga artikel di blog sederhana ini bisa menambah wawasan & semakin bermanfaat info/ilmu nya yaa. . . Aminn
      Thanks banyak buat jempolnya kang, Artikel history bakal hidup terus, Setiap rabu & sabtu. . . πŸ˜€

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s