Rumor Honda Tiger 230cc Ditepis Honda !

GL230

 

Menarik ! Itulah satu kata yang bisa EA’s Blog utarakan apabila kita membahas Kelanjutan Nasib Honda Tiger (GL200) yang sudah discontinue mulai awal 2014 silam. . . Beberapa model mesin telah menjadi rumor kuat akan disematkan ke penerus Motor Sport Legendaris milik AHM yang satu ini. . . Sebut saja Mesin CB223/CRF230, Mesin CB300R hingga yang paling diharapkan yakni Mesin CBR250R versi Lokal. . .

Semakin lama, Penelusuran tentang base mesin yang akan digunakan di Next Tiger ini mulai mengerucut ke arah Mesin 230cc milik CB223/CRF250. . . . Namun, Rumor tersebut justru dibantah oleh Honda ! Loh, Koq ??

 

Tiger Revo

 

Yap ! Seperti yang bisa EA’s Blog simpulkan saat membaca salah satu artikel di otomotif, Direktur Marketing PT. AHM justru membantah rumor tersebut. . . Alasannya sederhana, Karena mesin yang digunakan di Next Tiger haruslah memiliki Power yang mumpuni plus Kadar Emisi gas buang yang rendah. . . Ini penuturannya :

”Kami punya mesin sama seperti Tiger tapi 230 cc di Brasil. Tapi getarannya lebih besar dan emisinya lebih tinggi dibanding mesin baru nanti. Jadi kami enggak akan memakai mesin tersebut,” Tutur Koichi Mizuno, Direktur Marketing AHM. . .

 

Namun, Saat ditanya lebih jauh Petinggi AHM ini hanya memberikan clue tentang Next Tiger yang dikabarkan bermesin 250cc. . . Berikut Kutipannya :

”Ya, harus 250 cc, beremisi rendah dan bertenaga bagus jadi kami akan memakai mesin baru tidak seperti Tiger,” Tutupnya. . .

 

CBR250R Engine

 

Dari perbincangan ini kita bisa melihat bahwa nantinya peluang Honda Tiger bermesin 230 cc ala CB223 mulai pudar. . . Namun, Bisa saja nantinya AHM mengembangkan basis mesin Air-Cooled ini menjadi 250cc dengan ubahan ukuran bore x stroke misalnya. . . Toh itu bisa disebut mesin baru kan ??

 

Tapi Justru yang menarik adalah bila kita melirik ke base mesin milik CBR250R yang powerfull dan efisien serta berkadar emisi cukup baik. . . Mesin ini jelas menjadi perhatian utama apabila yang di fokuskan adalah power, emisi & vibrasi, Karena memang base mesin ini sangat mendukung ketiga hal tadi. . . Peluangnya terbuka koq, Apalagi bila Brosist mengingat strategi ampuh “Common Parts” yang sudah bisa kita lihat di NMP-Verza, CBSF-CBR150Lokal, Blade-SupraX125. . .

So, Meskipun masih terlalu dini dan terkesan “Ngarep” , Tapi bisa aja kan Next Tiger bakal menggunakan mesin tersebut. . . Toh, Buat Motor Tourer/Cruiser jelas Masuk banget kan ??

 

 

Well. . . Simpang siurnya kabar Motor Sport Legendaris di Indonesia ini memang mengundang berbagai spekulasi dan rumor yang hangat. . . Namun, Sayangnya hingga kini belum ada Indikasi yang kuat menuju Project Next Tiger, Baik itu dari bocoran “kode” apalagi timeframe nya. . . Nampaknya CBR150R Lokal akan menjadi fokus utama AHM di segmen Sport Akhir tahun ini hingga awal tahun depan. . . Lantas bagaimana dengan Next Tiger ?? Sayang tuh Nama Besarnya udah terlanjur melekat di Pencinta Sport Tanah Air…….

 

CBX250 Twister

42 comments

  1. kalo menurut saya,ambil contoh mesin inazuma aja,,250cc 2 silinder,sohc yg penting bodi bagus di jamin laris,ntr kalo cb250 sama next tiger di buat mesin yg sama bodi beda,bisa mati salah satu,,naah kalo cm d bikin next tiger tnpa cb250 atau sebaliknya kyknya krg fair..
    tp terserah AHM lah 😀

  2. Mesin ambil basic cbr250, trus desain ambil vtr250 deh…powerfull, efisien, dan aura touringnya dapet bangetz!! (ngarep) 😀

  3. klo opini ane kang, jika beneran yg diutarakan it direktur ahm dgn mesin power bagus & emisi rendah y cb cbr250-300 utk skrg so tiger nantinya bakalan common jg sma cbr lokal, entah boreup/ pke mesin cbr250 lokal tuning high torsi bisa dihargain max 30jeti utk perang harga dgn RRmono & H2H RRmono y cb250 di 35jetian…, klopun mesin pke V-engine tetep utk cb250-cbr250 nantinya

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s