Spesial : Duel Spesifikasi Motor 250cc 4-Tak Super Legendaris !

4-T Battle

 

Hollaa Brosist. . . Kembali lagi bersama Artikel History Ringan ala EA’s Blog yang kini kembali hadir untuk Brosist sekalian. . . Setelah pada edisi History sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Duel Motor 250cc 2-Tak Super Legendaris, Maka kali ini EA’s Blog juga akan menghadirkan Duel antara Motor 250cc 4-Tak yang Sangat Diimpikan untuk Di “Reborn” kembali yaitu Honda CBR250RR, Kawasaki ZX-2R, Suzuki GSX-R 250 SP & Yamaha FZR250R. . .

Berbeda dengan Artikel Duel 250cc 2-Tak sebelumnya, Kali ini EA’s Blog akan membagi pembahasannya ke dalam beberapa sub-penilaian, Yaitu :

 

Desain

Pada sektor desain, Keempat Motor ini memang masih terlihat sangat Klasik ya Brosist (Ya iyalah, Motor era 80-90’an gitu). . . Meski Klasik, Namun Part yang terbenam di Motor-motor ini tak bisa dianggap remeh loh !! Bahkan untuk motor 250cc jaman sekarang, Kita bisa lihat perbedaan yang sangat ekstrim dibanding Jajaran Motor Legendaris ini. . .

 

Mesin

Seperti yang sering EA’s Blog tekankan sebelumnya, Keempat Kontendeer kita kali ini memang sudah dikebiri Powernya oleh Regulasi para pemerintah Jepang hingga maksimal 40-45 HP saja. . . Namun, Tentunya kita akan bahas semua yang ada dalam Mesin Motor Super ini dan meng-Kompare nya dengan yang lain. . . Karena sesungguhnya Motor ini mempunyai Power yang sangat luar biasa untuk kategori Motor 250cc 4-Tak, Terlebih lagi Raungan Mesin & Knalpotnya mampu mencapai RPM sangat tinggi yakni hampir 20.000 RPM Brosist !!

So, Langsung saja kita mulai dari Kontender yang pertama. . . . Cekdisottt Brosist !!

 

 

Honda CBR250RR

 

CBR1

 

Honda CBR250RR Hadir dengan tampilan sederhana dan sangat identik dengan era akhir 80-an. . . Apa yang membuatnya Identik dengan Era 80’an ?? Yup ! Tuh Brosist bisa liat desain Headlamp yang masih bulet-bulet Style. . . Jika dibandingkan dengan Para pesaingnya, Tentu sang CBR250RR ini tampak paling minimalis ya Brosist. . . Namun ternyata tidak demikian dengan Part yang menempel di Motor ini. . .

 

Yup ! Saat pesaingnya menggunakan Model Swing-Arm Standar/Asimetris, Sang 250cc Legendaris Honda ini justru telah menyematkan Swing-Arm banana Gambot berbahan baku Alumunium yang Eksotis, Honda menyebutnya dengan Castec Gull-Arm. . . Tak hanya itu, Sang CBR juga diklaim memiliki Kualitas Material dan Low-Centre Gravity terbaik untuk Frame Twinspar Gambotnya (Brosist bisa lihat model Twinspar-nya) & Velg Magnesium Mag-Tek yang sangat Ringan. . .

 

(+) Detail Mantap, Kualitas Material Mumpuni & Part Bodykit Aftermarket Tersedia Banyak Type

(-) Desain Standar, Headlamp Bulet & Minus Upside-Down

 

CBR5

 

Di sektor Mesin, Honda CB250RR Dibekali Mesin Inline-4 Silinder DOHC 16 Valve dengan Ukuran Piston yang imut-imut ( 48,5 x 33,8 mm ) yang mampu berkitir hingga Redline 19.000 RPM. . . Tak hanya mesinnya yang memiliki reputasi sangat baik di kalangan Bikers Luar Negeri, CBR250RR juga dibekali Gear-Driven Camshaft, Sehingga Minim loss antara putaran Kruk-As dan juga putaran Noken-As. . . Gear-Driven Camshaft adalah salah satu yang paling difavoritkan Bikers Luar Negeri lantaran Minim Loss Power dan juga Dengungan Mesinnya yang Unik. . .

Berikut Spesifikasinya :

 

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Inline-4 Silinder DOHC 16 Valve (4 Valves per Silinder), Gear-Driven Camshaft

Kapasitas Mesin : 249 cc

Bore x Stroke : 48.5 Γ— 33.8 mm

Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Keihin CV30

Rasio Kompresi :Β  11.5 : 1

Transmisi : 6 Percepatan

Max Power : 44,1 HP @ 15,000 Rpm (Restricted)

Max Torque : 21,5 N.m @ 12.000 Rpm

Berat Kosong : 143 Kg

 

CBR12

 

Selanjutnya >> Kawasaki Ninja ZX-2R

Iklan

48 comments

  1. masih saja, zx series-nya kawasaki main di gurat desain yang aduhai. Power mumpuni. Keredongin deh di kamar kalo punya yang satu itu. Ngidam moge iki.

  2. ZX-2R: dibandingkan dgn ninja 250 yg skrg, maka yg skrg tdk ada apa2nya dg zx-2R
    FZR250R: dibndingkan dg yzf r25 yg bru2 ini muncul jelas bkn tandingannya FzR250R
    Gsx250r: tidak ada. krn inazuma beda aliran
    CbR250Rr: ini nih yg gk ada komennya dg cbr yg skrg. mgkin kalo ada bunyinya sperti ini “dibandingkan dg Cbr 250 yg skrg jelas kalah telak cbr yg skrg, aplg dg mesin 1 silinder. sm ninja 250 dan R25 aja kalah (2silinder). apalagi yg 4 silinder.””

    jadilah bloger yg netral bro.. ketahuan bgt fansboynya!

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s