Line-Up Skutik Yamaha Memang Harus Berbenah !

Mio GT White

 

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, Penjualan skutik merupakan porsi terbesar dalam pasar Roda 2 Tanah Air. . . Porsi yang jumlahnya sangat banyak itu tentu saja sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja, Seperti yang telah kita lihat dalam persaingan duo pabrikan jepang yang sangat serius menggarap segmen skutik. . .

Sayangnya, Hingga kini penjualan skutik dengan jumlah terbesar masih dikuasai oleh pabrikan sayap mengepak. . . Sementara itu, Yamaha harus terseok-seok melawan ganasnya gempuran kompetitor, Padahal Yamaha adalah pelopor skutik dari kwartet raksasa Pabrikan Jepang di Indonesia. . . Lantas apa yang terjadi ??

 

GT Headlamp

 

Sejak digempur oleh “gerombolan” skutik kompetitor dan akhirnya menyerah beberapa tahun silam, Yamaha seakan belum bisa “Move On”. . . Padahal, Kita tahu Yamaha Mio edisi lawas adalah salah satu skutik yang paling disukai di Indonesia. . . Namun, Sejak direvisi menjadi Mio J & Mio GT , Perubahan untuk maju dan memenangkan segmen skutik tetap berada sekelas di bawah Kompetitor, Terutama di kelas Skutik Entry-Level. . .

Jika difikir dan ditelaah, Jelas Yamaha butuh strategi baru yang bisa diandalkan di semen skutik ini agar tak terus-terusan tertinggal dan tenggelam diantara Line-Up skutik kompetitor. . . Nah mungkin ini dia beberapa perubahan yang mampu dicermati oleh Yamaha untuk kembali berkibar di segmen skutik. . .

 

 

– Perubahan Desain

 

Mio J

 

Sudah bukan rahasia lagi bila Yamaha memiliki design Motor Sport yang sangat baik, Garis Sporty-nya sangat pas dan disukai Konsumen Indonesia (Kasus NVL, R15 & Byson). . . Nah, Sepertinya Yamaha tak perlu terus menerus menjejali konsumen dengan desain yang Sporty terutama di segmen Skutik. . . Konsumen di kelas ini tentunya tak melulu menginginkan desain yang sporty namun dipastikan menginginkan kemudahan & kepraktisan, Sehingga desain yang lebih simple, futuristik & kaya fitur tentunya lebih disukai oleh konsumen (IMHO). . .

Salah satu yang EA’s Blog anggap mewakili desain yang menarik namun tak berlebihan adalah Soul GT & GT125. . . Bila kedua skutik ini dirubah pada kedua sisi yang akan kita bahas setelah ini, Tentunya ini bisa menjadi ancaman di segmen skutik. . .

 

 

– Perubahan Mesin & Performa

 

X-Ride Black

 

Ini dia salah satu alasan mengapa Skutik Entry Level (110 cc) Yamaha belum bisa fight optimal, Padahal kelas Entry-Level asdalah kelas skutik yang memiliki porsi penjualan terbanyak. . . Yup !! Seperti yang kita ketahui bersama, Line-Up semua Skutik Yamaha mempunyai kubikasi yang lebih besar dibanding kompetitor, Namun justru memiliki power yang inferior. . . Meski Konsumen tak selamanya membutuhkan Power, Namun tetaplah ini menjadi salah satu faktor pertimbangan utama dalam memilih skutik. . .

Nampaknya kita harus menantikan kehadiran mesin terbaru dari Yamaha untuk bisa terus bersaing. . . Tak perlu muluk-muluk menggunakan Diasil Cylinder atau yang lainnya, Cukup berikan saja kubikasi yang lebih besar (125 cc Air-Cooled misalnya) , Pemakaian BBM Irit plus Power yang unggul diatas kompetitor. . . Padahal Skutik 125cc Liquid-Cooled Yamaha yang memiliki kelebihan di sektor ini pun tak serta merta memenangkan duel. . . Itupun sudah 2 lawan 1, Apalagi 1 lawan 1. . .

 

 

– Perubahan Strategi Marketing

 

GT125

 

Setelah 2 hal diatas terpenuhi, Jelas tak akan berguna tanpa strategi Marketing yang bagus. . . Di sisi ini, Mungkin Yamaha tertinggal jauh dibanding kompetitor yang memang terkenal habis-habisan dalam memasarkan produknya. . . Tentunya Bohong apabila pabrikan tak memanfaatkan segmen ini sebagai sasaran utama (Lirik pabrikan berlogo S), Lantaran daya serap konsumennya pasti lebih besar dibanding kelas sport yang kini dikuasai Yamaha, Itupun sudah mulai kocar-kacir oleh strategi “keroyokan” ala kompetitor. . .

Oleh karena itu Yamaha sepertinya harus berbenah, Padahal kita tahu bersama, Jaringan 3S Yamaha juga masih bisa bersaing bahkan pelayanannya bisa dibuat unggul melawan kompetitor !!

 

 

Well. . . Apapun itu, Semua yang kita bahas kali ini hanya berdasarkan berbagai pengamatan yang EA’s Blog lakukan terhadap “lesu” nya pasar skutik Yamaha, Yang kini dihuni Line-Up yang sangat beragam. . . Tentunya kita mengharapkan Yamaha mampu bangkit dan kembali bersaing sengit merebut segmen ber-porsi besar ini. . . Lantaran dengan persaingan itu kita sebagai konsumen akan diuntungkan dengan berbagai produk plus tawaran lainnya yang menggiurkan. . . So, Line-Up Skutik Yamaha Memang Harus Berbenah !!

 

Pembenahan di Skutik Yamaha. . . Brosist Ada yang berkenan Menambahkan ??

Xeon RC

Iklan

28 comments

  1. Menurut ane yg harus dibenahi yg paling fatal itu karakter mesinnya dan cvt yg terlalu teriak dan bergetar pas akselerasi awal dan suspensinya yang kayak odong odong, keras banget….selain itu model ngga usah terlalu signifikan banget buat dibenahi…itu yg belum bisa ane terima di mantan soul gt ane yg sudah pindah tangan kang….dan akhirnya berpindah ke lain hati produk tettangganya…

    • Nah, Masukkan bagus nihh. . . Joss kang !! πŸ˜€

      Kalo soul GT mah saya juga suka koq desainnya, Andai mesin & fiturnya jauh lebih baik pasti bakal sesuatu deh πŸ˜€

  2. Bnahi durabilitinya:sasis inget berapa bnyak mio generasi awal patah sasis tengahnya,pelk,cvt,maaf bkan bc :D’
    klo itu di benahin yakin deh konsumen akan percaya lagi, soal fitur ibarat cuma modifikasi

  3. tambahin 1 lgi nich yaitu ukuran bannya jg hrus diperlebar lgi donk sperti ukuran ban kompetitor, krn konsumen jg mngeluhkan ban matic yamaha yg trlalu imut dibndingkan kompetitor, msa dri smua segmen dri yg 115cc-125cc bannya imut smua, msa cma x-ride aj yg bannya lebar..,y minimal hrusnya samainlah dgn ukurannya bannya dgn kompetitor..biar lebih mantap!

  4. ah gw kirimin email dari tahun 2012 aja ga digubris sama pihak yamaha.

    upgrade :

    – seperti standar samping, sampe sekarang tipe tertentu doank yang ada.
    – bagasi kecil
    – ban kecil

    padahal sekarang matic sedikit besar juga diminati orang-orang.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s