Spesial : Ini Dia Perbedaan MotoGP Jaman Dulu & Sekarang !

 

Banyak Kelas Yang Diperebutkan

 

 

Main Article

 

Di era Modern ini pembagian Kelas dalam balapan Roda 2 Terakbar sedunia ini hanya dibagi 3 yaitu MotoGP, Moto2 (Sebelumnya 2-Tak 250cc) & Moto3 (Sebelumnya 2-Tak 125cc). . . Pembagian kelas yang hanya 3 ini berlangsung sejak tahun 1990, Dimana saat itu Kelas MotoGP masih berupa 2-Tak 500 cc. . . Namun tahukah Brosist, Jaman Grandprix Dahulu ada banyak sekali kelas yang diperebutkan oleh para pembalap ?

Pada Era 1962 – 1982 saat dimana duel sangat ketat, Kelas yang diperebutkan oleh pebalap ada 5 plus 1 Kelas tambahan Loh Brosist !! Kelas tersebut meliputi (dalam kubikasi/cc) 500, 350, 250, 125 & 50 (diganti 80cc), plus Tambahan Kelas Sidecar GP. . . Nah, Sesuatu yang lebih “Edyan” nya lagi akan kita bahas pada 2 Point pembahasan selanjutnya. . .

 

 

Satu Pembalap, Dua-Tiga Kelas Berbeda

 

 

Rossi & Giacomo

 

Brosist tahu salah satu Rekor yang tak mampu dipecahkan oleh Valentino Rossi ?? Yap ! Rekor tersebut adalah Gelar Juara dunia terbanyak yang sampai saat ini dipegang oleh Giacomo Agostini dengan catatan gelar 15 kali Juara Dunia (Valentino Rossi 9 Kali). . . Tahukah Brosist mengapa Sang Senior Opa Giacomo bisa lebih hebat dari Om Vale ??

Yap ! Selain karena memang konsistensi dan kehebatannya, Giacomo Agostini juga pada masanya mampu ikut GrandPrix hingga 2 Kelas sekaligus. . . Jadi jangan heran kalau Opa Giacomo mempunyai Koleksi Gelar yang bejibun bersama MV-Agusta. . . Tak hanya Giacomo Agostini, Pembalap Legendaris lainnya seperti Mike Hailwood malah pernah ikut Ajang GrandPrix di 3 kelas sekaligus (250, 350 & 500cc) !! Wedyan….. !

 

 

2-Tak vs 4-Tak !!

 

 

2-Tak vs 4-Tak

 

Pada era sekarang ini Regulasi telah diatur sangat ketat hingga kadang terjadi polemik antara Pabrikan & pihak penyelenggara MotoGP. . . Kelas di MotoGP mengharuskan Pabrikan menciptakan Motor 4-Tak 1000cc yang “Gila” & Super power, Begitupun di kelas Moto2 4-Tak 600cc & Moto3 4-Tak 250cc. . . Tapi sesuatu yang lebih Edyan pernah terjadi pada era dulu Brosist !!

Dulu Regulasi memperbolehkan Motor 4-Tak untuk bersaing melawan Motor 2-Tak, Hingga akhirnya kita kenal beberapa Motor yang legendaris karena mampu mengalahkan teori dengan Spesifikasinya yang diluar akal pikiran ataupun dengan kelebihan lainnya. . . Jagoan 4-Tak yang dimaksud, Sebut saja MV-Agusta 500-3 & 350-3 dengan Durability nya yang Luar Biasa, Lalu ada Motor Spek Gila layaknya Moto Guzzi V8, Honda RC166, Honda RC149 & Honda RC116 yang mampu mengalahkan Konsep Teori 2-Tak vs 4-Tak. . . Tapi tak hanya itu Brosist !! Demi menyaingi motor 4-Tak dengan ability tinggi tersebut, Pabrikan yang mengandalkan 2-Tak juga membuat sesuatu yang “Gila” seperti 14-Speed milik Suzuki RK67. . . Ini baru Battle Edan Brosist !!!

 

Selanjutnya >> Safety & Teknologi !

Sebelumnya << Model/Desain & Jumlah Starter !

50 comments

  1. motor eropa ramai2 mundur tahun 70an karena kalah adu teknologi dengan motor jepun bro….malah sebagian besar merk yang pernah ikut grandprix itu sudah gulung tikar karena produk2nya gak laku

  2. Muz juga ikutan, dulu pabrikan kecil bisa ikutan balapan berkat engine two stroke. semua sampai ke era 80 an. tercatat sampai 40 stater di GP 500 ketika itu. sampai era 94 an, sampai 32 stater. terus berkurang di era 97 an, sampai kemudian Honda mengembangkan NSR 500 V Twin, dan di pakai oleh tim kecil. mesin nya bukan sewa tapi di jual.

    tercatat ada FCR, Polini, Millar dan sebagai nya.

  3. Keren dulu mas, peserta pabrikan dan pembalap lebih banyak, aturan lebih longgar. Klo sekarang kebanyakan aturan, yah mungkin karena masalah biaya juga sih, sekarang kan sangat mahal biaya untuk membangun motor MotoGP.

    Nitip, Rolling RACE BMW S1000RR Menang Lawan Lamborghini Aventador dan Bugatti Veyron | prasetyo676.wordpress.com
    http://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/31/rolling-race-bmw-s1000rr-menang-lawan-lamborghini-aventador-dan-bugatti-veyron/

  4. Regulasi dulu sangat menguntungkan 2tak, itulah kenapa pabrikan eropa berjatuhan setelah pabrikan jepang serius mengembangkan 2tak, honda akhirnya juga beralaih ke 2tak yang pada awalnya honda inilah salah satu pabrikan jepang yang balap pake mesin 4tak. Bayangakan saja, dikelas 500cc bebas 4 atau 2tak…dan jumlah piston dibatasi 4, kalo boleh lebih mungkin masih bisa 4tak bejaban.

  5. Salah satu motor gila: nr500 motor pertama berpiston oval 32 klep, radiator samping. tp bnyk masalah hehehe mulai dari engine brake yang ekstrim ciri khas 4 tak menyebabkan roda blkng mengunci, karakter 4 tak dgn torsi putaran bawah yang besar menyulitkan saat cornering mengakibatkan hilangnya waktu dan bobot motor secara bertahap terus meningkat saat tim berjuang meningkatkan endurance motor. bobot mesin telah naik 20 kilo… akhirnya pihak Honda menutup pengembangan NR500 pada 1981 dan merakit NS500 2 tak.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s