Antara Si Lokal & Si Import. . . . .

Import vs Lokal

 

Ngomong-ngomong soal Lokal & Import, Apa yang pertama kali ada di pikiran Brosist ?? Beras, Buah, Kendaraan, Makanan atau Benda Lainnya ??

 

Yaaa, Memang terkadang problematika soal “Si Lokal” & “Si Import” memang selalu membahana, Terutama bila yang dibahas adalah sisi kualitas. . . Banyak yang bilang bahwa kualitas Si Import jauh lebih baik dibanding Kualitas Si Lokal, Tapi tak sedikit pula yang beranggapan bahwa Kualitas Si Lokal tak kalah mentereng dibanding Si Import. . . Yahh, Sebenarnya sih terserah yang memiliki pendapat saja. . . Toh, “Feeling” dan “Pengalaman” masing-masing Individu kan berbeda-beda juga. . .

 

Kalau difikir-fikir sih, Keduanya pasti punya sisi baik & buruknya. . . Si Import “Katanya” berkualitas mumpuni tapi sayang harganya mahal, Sedangkan Si Lokal yang berharga lebih murah tapi sayang Kualitasnya “Katanya” Masih dibawah Si Import. . . Dan anehnya mayoritas SDM Si Lokal menganggap demikian, Entah karena gengsi atau ada hal lain. . .

Memang sih Si Import dari suatu “Daerah” kadang juga dipertanyakan kualitasnya, Bahkan Si Import yang berasal dari “Daerah” yang tenar akan kualitasnya pun tak selamanya Yahud & Jempolan. . . Tercatat Banyak juga Produk Si Lokal yang justru terbukti lebih baik. . . Tapi sayangnya selama ini itulah faktanya, Si Import dianggap lebih WAH Dibanding Si Lokal justru oleh para SDM (Sumber Daya Manusia) Si Lokal sendiri. . .

 

Padahal seharusnya, SDM Si Lokal mampu Membuatnya Lebih ataupun Setara Kualitasnya dengan Si Import !!

 

Lantas Apa yang Kurang dari Daerah Si Lokal ini ??

 

Apakah Karena SDA (Sumber Daya Alam) ?? Ahhhhh, Itu sudah tak perlu dipertanyakan lagi, Daerah Si Lokal sangat kaya akan Materi SDA-nya ! Bahkan saking Kaya-nya, Si Import pun sampai-sampai mengimpor SDA dari Si Lokal untuk diolah dan hanya untuk dijual kembali pada Si Lokal dengan harga selangit. . . What the hell happen ??

Atau Mungkin Karena SDM ?? Rasa-rasanya tidak juga deh, Buktinya SDM Si Lokal mampu koq bersaing & berkarya di Bidang Ilmu pengetahuan. . . Malah, Kadang SDM Si Import sering dibuat takjub dengan pencapaian SDM Si Lokal. . .

Lah, Terus Apa Penyebabnya ??

 

Entahlah………………… Mungkin hanya Tuhan YME yang punya jawaban sah terhadap semua problematika ini. . . Namun, Apapun itu, Keadaanya kini sudah semakin mendesak ! Otomatis Si Lokal pun dituntut untuk bisa melebihi kualitas Si Import dan sesegera mungkin merubah paradigma SDM Si Lokal terkait kualitas Si Lokal vs Si Import. . . Semuanya tak perlu ada Konspirasi, Intervensi ataupun Tetek Bengek lainnya, Cukup Maju Terus untuk berkarya dan beri Pembuktian Langsung di Lapangan saja !!!

 

So, Apa Pendapatmu Brosist ?? Atau Malah Pusing/Mumet Membacanya ?? Ya Sudah, Kalau Pusing ya Lupakan Saja. . . 😀

Iklan

16 comments

  1. indonesia oh indonesia.. susah menjabarkan panjang lebar mengenai import n lokal, dan sebenernya hal itu ga perlu dijabarkan lg karna sudah menjadi rahasia umum

    contoh kecil buat sdm mungkin pak habibie dah cukup mewakilkan, buat sda salah satunya freeport n itu yg lokal

    kalo yg import, sda pasti pangan, lha kalo sdm, rata2 kerjaan sama, menang title dikit sih dari sdm lokal tapi payrol bisa berlipat dari sdm lokal dgn skill yg sama

    kalo bicara motor, emang ada yg murni lokal indonesia? sdm mungkin iya, laba?

  2. btw warnanya kebalik tuh kang… 😀
    harusnya “si lokal” warna biru “si import” warna merah.. wkwkwk 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s