Yamaha YZF R25 vs Kawasaki Ninja 250 FI, Duel Spesifikasi Sport 2 Silinder !

 

R25 vs N250 1

 

enoanderson.com |  Kedatangan Yamaha YZF R25 memang membuat panas dan bergetar siapapun, Apalagi bila melihat spesifikasi powernya yang mampu mencapai 36 PS, Pasti W.O.W banget deh. . . Entah Pabrikan pesaing, Pengamat otomotif, Media otomotif, Bikers “Netral”, Hingga Bikers yang “kental dengan satu merk” pun sampai geger oleh dinamika R25. . .

Nah, Pada kesempatan kali ini EA’s Blog akan mencoba untuk mengkomparasikan R25 dengan seteru terdekatnya yakni Ninja 250 FI. . . Seperti apa kelanjutanbattle terpanas 250cc” ini ?? Yuk langsung saja kita mulai Brosist. . . Cekdisott !!

 

 

ASPEK DESAIN, DIMENSI & DETAIL

 

R25 vs N250 4

 

 

– Tak mau kalah oleh Ninja 250 FI (N250FI) yang tampil gagah nan sangar “ala moge”, Yamaha YZF R25 (R25) yang hadir belakangan tampil dengan desain yang tak kalah apik. . . R25 mengusung tampilan yang lebih fresh dan headlamp yang lebih garang dibanding N250FI, Sisi buritan gak usah ditanya lagi Brosist, Keduanya sama-sama “nungging” koq. . . Lantas apakah R25 menang telak atas N250FI disisi desain ??

Meskipun jawabannya adalah RELATIF atau sesuai selera yang memandang, Tapi EA’s Blog coba untuk mengutarakan pendapat. . . Menurut EA’s Blog, Overall Desain N250FI justru masih terlihat lebih baik dibanding R25, Lantaran Aura Gagah-nya jelas terpancar dari semua aspek. . . Anyway Hanya sebatas opini saja ya Brosist. . .

 

R25 vs N250 6

 

– Di sisi Dimensi, R25 tampil sedikit lebih gambot dibanding N250FI. . . Meskipun gambot, Tapi bobot R25 justru malah lebih ringan dibanding N250FI, Hal ini dibuktikan dari spesifikasi teknis dari masing-masing pabrikan. . . Nih dia perbandingannya :

Dimensi P x L x T  YZF R25  :  2.090 x 720 x 1.120 mm |  Berat : 166 Kg

Dimensi P x L x T   N250FI  :   2.010 x 715 x 1.115 mm  |  Berat : 172 Kg

 

 

– Sisi Frame keduanya Nyaris sama, Yakni menggunakan model Pipa Tubular. . . Meski absen Frame Twinspar layaknya Moge, Namun frame jenis ini juga tak kalah rigid loh Brosist. . . Selain itu, penggunaan frame jenis ini mampu mengurangi cost secara signifikan yang akhirnya berpengaruh ke sisi harga jual kedua motor ini. . .

 

R25 vs N250 Speedo

 

– Speedometer R25 ataupun N250FI sama-sama menggunakan model kombinasi digital-analog. . . Hal ini menjadi keuntungan bagi keduanya, Lantaran visualisasi nya yang lebih mumpuni, terlebih saat riding high speed. . . Kelengkapannya ? R25 sedikit lebih lengkap Brosist. . . Tapi Modelnya koq lebih oke N250FI yaa ?? Ahh hanya sebatas opini EA’s Blog sajaa. . . hehehee

 

R25 vs N250 5

 

– Desain Velg, Keduanya memiliki desain yang sama-sama keren Brosist, Pokoknya ala moge banget deh. . . Tapi, Model velg Y-Shape milik R25 terlihat lebih menggoda dibanding model velg N250FI. . . Keseluruhannya, Keduanya sama-sama oke punya koq Brosist. . .

 

Suspensi

 

– Untuk bagian suspensi, Keduanya sama-sama menggunakan suspensi Teleskopik di bagian depan dan Monoshock di bagian belakang. . .

Di bagian depan, R25 lebih unggul berkat hadirnya Teleskopik Fork yang lebih gambot (41mm) di bagian depan dibandingkan N250FI yang menggunakan model yang sama namun berukuran lebih mungil (37mm). . . Bergeser ke bagian belakang, R25 justru harus bertekuk lutut terhadap N250FI lantaran masih menggunakan monoshock (monocross) tanpa link, Sementara N250FI sudah dibekali Monoshock dengan Link (Unitrak) yang tentunya akan membantu stabilitas motor secara keseluruhan. . . Namun tak begitu dengan Swingarmnya, R25 unggul berkat Swingarm Asimetris dibanding N250FI yang memiliki model Box biasa. . .

Sementara itu untuk ukuran ban, Keduanya sama-sama menggunakan karet bundar berukuran 110/70 – 17 di bagian depan & 140/70 – 17 di bagian belakang. . .

 

Lanjut Ke >> ASPEK ENGINE & POWER

41 comments

  1. klu menurut ane, pemikiran orang awam di indonesia tentang motor baru bisa di klompokan 2 macam, yg satu takut knapa2 karna masih baru n blom ketauan juntrungannya, n satunya lagi ga peduli bibit bebet n bobotnya yg penting bangga bisa pake motor model teranyar wkwkwk..

    n ane ga termasuk diantara keduanya, coz akurapopo :p

  2. Betull mang, Makanya saya tulis berdasarkan spek resmi pabrikan masing-masing. . . Tinggal pembuktian performa di lapangan 😀
    Wahh, haturnuhun mang yadi. . . :mrgreen:

  3. dari segala aspek memang R25 menang telak dari ninja cuma satu yang minus dimata ane ya bagian fairing sama buritan kalo diliat dari samping masih cakepan ninja dengan desain sirip2 dibanding r25….buritannya juga kalo dari samping masih keren ninja….

  4. “Setelah membandingkan semua aspek diatas tadi, Jelas Sport 250cc Terbaru Racikan Yamaha ini mampu menyingkirkan Nama Besar Ninja 250 di kelas Premium ini. . . Meski masih kalah di sisi desain (menurut EA’s blog) – edited

    karena ngga semua orang berpendapat sama kaya ente, masalah selera ngga bisa dipaksakan…

  5. R25……166 kg (berat isi)
    Ninja250……172 kg (berat kosong)

    R25…….154 km/j pada 11rb RPM (sisa 3rb rpm)
    N250……154 km/j pada 12rb RPM (sisa 1rb rpm)

  6. “Diameter piston N250FI lebih besar dibanding N250FI, Yang artinya sebenarnya N250FI masih mampu meraung hingga kitiran RPM yang lebih tinggi lagi plus tak cepat kehabisan nafas saat mengail top speed dibanding R25. . . ”

    Pernyataan ini tidak benar. Korelasi antara diameter piston dengan HP/KW dan torsi adalah semakin besar diameter piston,berbanding terbalik dengan besaran HP, berbanding lurus dengan besaran torsi. Top speed itu diraih dengan HP maksimal artinya semakin besar HP semakin tinggi potensi top speed-nya, begitu juga dengan potensial putaran RPM. Baca lagi ulasan anda mengenai spesifikasi mesinnya.

  7. Wah klo ane pake motor yg berfairing dah ga jaman…coba diusulin biar ada yg versi non fairing ato nakednya….ok ane tunggu jawabnye….

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s