Kawasaki Ninja 250 RR Mono vs Honda CBR250R, Perbandingan Spesifikasi !

rr 1.jpeg
cbr250 m.jpeg

Setelah kemarin EA’s Blog mempublish Artikel Sekelumit Pembahasan Ninja 250 RR Mono , , , Kini kita akan melakukan Komparasi antara Ninja RR Mono dengan Sport Fairing yang harganya kini melonjak Gila-gilaan yakni Honda CBR250R. . .

Mengapa CBR250R ? ?

Yupp, , Seperti kita ketahui CBR250R adalah satu-satunya Sport di Indonesia yang langsung Head2Head dengan Ninja RR Mono. . .
– Inazuma ? ? Beda Genre Kangbroo….
– Sedangkan Yamaha & Suzuki Indonesia lainnya ? ? masih “Miskin Sport Tulen”. . .
Seperti apa Kelanjutanya ?
Here it is Brosist. . . . . !!

Aspek Engine & Power

rr engine.jpeg
cs250 re.jpeg

Baik CBR ataupun RR Mono sama-sama menggunakan Base Mesin Motor Trail, Dengan Platform 250cc Satu Silinder Liquid-Cooled DOHC 4V. . . Namun yang perlu Diperhatikan, , Ternyata Power RR Mono lebih unggul sedikit dibanding CBR :

CBR250R : 26,2 HP
N250 Mono : 27,6 HP

Sementara untuk Karakter Max Torsi nya CBR masih lebih mumpuni. . .

CBR250R : 22,9 N.m
N250 Mono : 22,6 N.m

Namun disisi yang paling signifikan saat duel Power yang hampir seimbang, , Yakni Berat Kosong Tunggangan. . . RR Mono Kembali menunjukkan Tajinya karena hanya memiliki Bobot jauh lebih ringan dibanding CBR250R

CBR250R : 161 Kg
N250 Mono : 151 Kg

Hasilnya dari keseluruhan Power & Engine, , , Diatas kertas Ninja RR Mono ini mampu mengandaskan CBR250R . . . Bahkan dilihat dari sisi Power berbanding Berat kendaraan, , CBR cukup tertinggal Jauh dibanding RR Mono. . .

Engine + Dry Weight RR Mono = Awesome !

Aspek Desain

rr 5.jpeg
cbr250r rwb.jpeg

Berbicara soal Aspek Desain sih sebenarnya Relatif bagi yang memandang. . . Tapi disini EA’s Blog coba untuk memberikan *pendapat terkait Sisi yang cukup memberikan kesan mendalam di Motor tersebut. . .

CBR250R mengambil base desain dari VFR1200 yang merupakan genre Sport-Tourer, , So yang jelas CBR ini berdesain Simple, Elegan namun Berotot layaknya VFR. . .
Sementara itu, , Desain RR Mono adalah kebalikan CBR250. . . Desain nya sangat Pure Racy banget Brosist. . . Lekukan Desain Tajam, Agresif, Compact, Keren, Gagah, Mewah & Eyecatching pun Lengkap berada di Motor baru milik Kawasaki ini. . .

* Kalau boleh memberikan pendapat, , EA’s Blog lebih suka karakter Desain RR Mono yang lebih Uptodate & Merupakan penggabungan Dua Karakter. . . Lebih jelasnya RR Mono ini Berjantung City Bike namun Bertampang Racing Bike, , Josss !!

Aspek Detail

Disisi detail kita bahas dari depan ke belakang ya Brosist !

rr front.jpeg
cbr250 front.jpeg
– Baik RR Mono ataupun CBR sama-sama menggunakan Single Headlamp, , Bedanya Headlamp CBR berdimensi lebih Besar. . .

rr dash.jpeg
cbr250r speedometer.jpeg
– RR Mono tampil lebih Trendy dengan Speedometer Full Digital model Terbarunya, , Sementara CBR menggunakan Speedo Kombinasi Digital-Analog. . .

– CBR250 memiliki Kapasitas Tangki BBM 13 Liter, , Tentunya lebih besar dibanding RR Mono yang hanya 11 Liter saja. . .

rr 8.jpeg
cbr frame.jpeg
– Frame RR Mono terlihat lebih menjual dengan Trellis Frame yang kekar “ala” Motor Eropa, , Sementara CBR menggunakan base Frame yang mirip RR Mono, Namun dibuat lebih Simple. . .

rr shock.jpeg
cbr rims.jpeg
– Velg Cast RR Mono identik dengan kakaknya Ninja 250 Twin, , , Yang Berarti jauh lebih Trendy dibanding Velg Cast CBR yang hanya berpalang 5 biasa. . .

– CBR Menggunakan Ukuran ban lebih besar yakni 110/70-17 Depan & 140/70-17 Belakang, , , Sementara RR Mono harus puas dengan 100/80-17 Depan & 130/70-17 Belakang. . .

– Ukuran Keseluruhan RR Mono lebih Minimalis & Imut untuk ukuran Sport 250cc dengan ukuran (P x L x T : 1.935 x 685 x 1.075 mm
), , Sementara CBR lebih Bongsor dengan ukuran (P x L x T : 2030 x 709
x 1127 mm)

So, , Disisi Detail keduanya boleh dikatakan Seimbang koq Brosist !!

Aspek Harga

cbr250r rwb2.jpeg
rr 6.jpeg

Nah ini yang akan menjadi penentu utama di segmen 250cc Single Cyilinder. . .
Harga Ninja RR Mono dibanderol Mulai 40 Juta saja (OTR Jakarta, , , Belum jelas 40 juta untuk varian mana), , Sementara CBR250 STD kini dibanderol 49 Juta (OTR Jakarta, Daerah lain sih katanya sampai 51 juta lebih) dan harus terus berlomba dengan Kurs Rupiah dikarenakan CBR adalah barang Import dari Thailand. . .

So, Dengan differensiasi harga 9 Jutaan, , , Ninja 250 RR Mono memiliki Value yang Jauh jauh jauh lebih tinggi dibanding CBR250R . . . So, , Lagi-Lagi RR Mono mampu Melibas & Mengandaskan CBR250 yang telah 3 Tahun lamanya mengaspal di Jalanan Indonesia. . .
Good Work Kawi !! 2 Thumbs Up !!

Last . . . Dengan Spesifikasi Teknis yang Identik dan Persis sama, , , Pada Kenyataannya Ninja RR Mono & CBR250 memiliki Karakter yang Jauh Berbeda dan Harga yang Jauh berbeda Pula (Sebenernya sih dulu CBR250 STD juga seharga 40juta, Namun karena kurs menggila ya mau nggak mau CBR harus ikutan gila juga πŸ˜€ ). . . So, Keuntungan Kawasaki dengan mampu Merakit RR Mono di Indonesia akan menjadi Tebasan Pedang yang dalam pada CBR250R. . .
Kesimpulannya, , Ninja RR Mono saat ini Jauh Lebih Value dibanding CBR250R !
Yang kita harapkan, , Semoga RR Mono mampu menyamai Kualitas Honda CBR250 yang telah teruji sebelumnya. . . Joss !!

So, , Bagaimana Honda ? ?

Nampaknya sih Honda anteng-anteng saja, , Lahwong “cuma” barang Impor koq. . . Isu terdekatnya adalah CBR300R (Bisa juga termasuk CBR250) Dual-Keen HL yang sedang digodok oleh Honda Pusat, , Harus molor hingga Akhir 2014 nanti. . . . Karena kehadiran RR Mono kah ? Atau Karena Hal Teknis Saja ? ? Time will Tell Brosistt…

cbr300r front.jpeg

Oke, , Demikian yang bisa EA’s Blog bagikan dalam artikel sederhana kali ini. . .
Berikan pendapat & Masukannya di Kolom Komentar ya Brosist. . .
Semoga Bermanfaat…..

Posted By EA’s Blog

39 comments

  1. joss artikelnya…
    kl tuk sport di indo masih jos kawasaki. tp tuk bebek msh bagus honda..
    sbgai pemake cbr ane ngiler jg liat ninja rr mono. tp dah puas dgn cbr…
    salam kenal. semoga semakin sukses..
    keluarin artikel2 motor jadul yg joss..

    • Haturtengkyu kangbroo, , , Salam kenal juga… Tenang artikel history (Jadul area) bakal terus eksis. . . πŸ˜€
      Btw, RR Mono memang joss begeteee… Tapi cbr juga ga kalah jospoll koq kang…

  2. dulu kluar ninja 250 twin engine wlaupun ccnya sma tp katanya g imbang klo d bandingkan dngan cbr yg cma satu silinder..skrang kawasaki kluarin ninja versi mono jga CBR tetap g sebanding n tetap harus rela d asapin oleh sang ninja hehehehe….
    Thank’s artikelnya Bro….

  3. Hahahahaaa….klo bicara teknologi kawak mah blm ada apa2nya sama si honda!!! Btw dengan bobot si ninin lebih ringan toh di buktikan ajah lajunya dan top speednya…masih jauh ketinggalan si ninin mono sama si cibi 250 πŸ˜€ tetap cibi 250 melaju dgn cepat baik di jalan raya dan sirkuit πŸ˜€

      • kalo diliat gelagatnya dgn mundurnya tim ART dari kejurnas250 bisa dikatakan kalah sebelom perang,
        ane yakin kalo panitianya fair cibi akan diasepin rr mono
        perlu pembuktian dsentul

      • ART mundur ya masbro ? ? Welehweleh, gempar nih…. Hehehee
        Oiya, Udah dapet info RRMono jadi turun nyentul gak masbro ??
        Soalnya rada ragu juga, Stroke RRMono rada panjang… Otomatis Piston Speed nya jadi minim RPM tinggi….

  4. haha wong sama honda NSR yang kelas 2 tak aja kalah , yang ini lagi mau di adu sama kelas 4 tak CBR ,, yah ketinggalan jauh lah honda dari tahun jebot mendesain motor sport dan pasti mengetahui seluk beluk road race maupun drag race, jadi ojo dumeh for ninin karena baru bisa desain untuk motor sport..

  5. soal penampilan ninin SL dan hrg oke, tp soal speed ninin SL msh di bwh cibi 250. tp kalo sdh di jln umum mah nga berlaku speed tinggi bro. so kalo mau bw cibi ngebut jgn di jln umum ya masbro, di sentul tempat nya. hihi… yg penting slamat di jln dan smpi di tujuan. ane pemakai cibi bro.
    peace one heart.
    tks rgrd.
    sesama pemakai jln.

  6. Sebentar lagi Yamaha akan meluncurkan R25 yang kabarnya harganya di bawah 40 juta dan sudah dual cylinder, kira-kira mana yang paling layak beli disesuaikan dengan harga serta kemampuannya?

  7. Kabarnya pertengahan tahun ini Yamaha akan meluncurkan R25 dengan harga di bawah 40 juta dan sudah dual cylinder. Berdasarkan harga dan fitur2nya, kira2 yang mana yang paling layak untuk dipinang?

  8. Mas Bro…
    Mau tanya2 nieh,
    Motor Sport (Fast) but Daily Use itu yg mana yah?
    CBR150, R15, N250RR Mono, CBR250, N250R?

    Note:
    Estimasi my Budget only IDR 40.000.000 πŸ˜€

  9. Ninja itu kurang bagus apa lagi pengendaranya arogan tambah jelek deh seperti yang aku alami , kalau hanya produk seperti ninja saja pabrikan besar seperti yamaha dan honda bisa buat, itu hanya masalah image saja yang sudah ditanamkan di anak mudanya(konsumennya) sehingga dia merasa wah gitu…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s