Catatan EA’s Blog Mengenai Kehadiran Yamaha YZF R15

– Artikel agak “Panas”, Sikapilah dengan kepala dingin ya Brosist….

r15 rw.jpeg

Motor Sport yang sedang menjadi buah bibir di kalangan Jagad Otomotif Dunia Maya ini memang sangat fenomenal Brosist. . . Dari mulai perkenalan secara “Tidak Langsung” oleh YIMM, Adu Konfirmasi antar pencinta otomotif, Hingga yang paling hot yakni Kejar-kejaran dengan unit test R15 hanya untuk mendapatkan spyshotnya (Weleh-weleh, Tapi ane ijin minta gambarnya yak ? Xixixi :D). . . Well, , Memang demam R15 ini sepertinya sedang dirasakan dimana-mana ya Brosist. . .
Tapi kali ini kita nggak akan membahas “Confirmed” atau sejenisnya yang lagi nge-hits koq Brosist. . . Setelah sebelumnya kita Membahas Catatan Next CBR150R Lokal (* Atau bisa dibilang kritikan pedas tentang CBR 😀 ), , , yang akan kita bahas kali ini adalah Catatan mengenai Sport Ganteng asal India ini. . .
Apa saja sih itu ? ? Yuk kita cek bersama-sama aja….

1. Catatan Tentang Harga

r15_spyshot.jpeg
Pic from tmcblog

Banyak berita yang merumorkan si Sport asal India ini akan dibanderol dibawah 30 Juta (29,999,999 termasuk loh 😀 ). . . Tentunya hal tersebut adalah kabar yang sangat membahagiakan bagi para konsumen Indonesia, , Mengingat kompetitornya kini justru malah berjibaku melawan harga jual yang lebih dari 40 jutaan. . .

Namun yang perlu dicatat adalah harga yang dibanderol di R15 haruslah memiliki gap/selisih dengan New Vixion (*Menurut EA’s Blog 7-7,5 Jutaan cukup lah). . . Jika tidak demikian alias harganya terlalu mepet, , Maka bukan tidak mungkin R15 akan memakan pasar NVL. . .
Ini bukan soal sesama Yamaha, Lalu artinya ga pengaruh loh !
Tapi perlu diingat, , Faktanya Pasar NVL adalah tulang punggung Sport Yamaha. . . Jadi (*Menurut Opini EA’s Blog) Sedikit pencederaan terhadap Pasar NVL adalah pencederaan pada Segmen sport yamaha secara keseluruhan. . . Ada benernya gak Brosist ? ?

So, Tak mau kasus Market Share Sport Januari 2014 Terulang lagi di Bulan berikutnya kan ? ?

2. Catatan dari Segi Tampilan

r15.jpeg

Perlu diketahui, , , EA’s Blog berikan acungan Jempol pada desainer asli YZF R15 ini . . . Lekukan dan desain fairing serta Buritannya itu Loh, , Sesuatu yang Eyecatching banget Brosist ! (Walaupun bagian Headlampnya agak “kegedean”). . . Meski tak se-keren desain R125 dan Ergonominya agak bikin pegel, , , Namun R15 sudah mampu dibilang jauh lebih keren dibanding Kompetitornya. . .

Eitss , Tapi bukannya ini Model Versi India yang sudah sejak 2011 lalu ya ? ?
Bukannya Kompetitor akan segera Berganti Wajah ya ? ?
Lagipula, Bukannya R15 Wannabe alias Modifikasi mirip R15 sudah Banyak ya ? ?
Ini bukan masalah asli atau palsu lho Brosist, , , Tapi Sejujurnya yang jadi pertanyaan dan sekaligus catatan terbesar disektor ini adalah…

Mengapa YIMM tidak menciptakan R15 yang Desainnya Fresh untuk Pasar Indonesia ? ? ?
* Masa iya pabrikan sebesar YIMM hanya mampu memberikan diferensiasi dengan Versi India di Lampu Sein, Posisi Stang dan pernak-pernik Kecil ? ?

3. Catatan Mengenai Timing Kehadiran di Indonesia

old r15.jpeg
Old YZF R15 / R15 v.1

Nah kalau yang ini sih YIMM bisa dibilang agak ” Keterlaluan ” nih. . . Sejak akhir tahun 2010-an (*Seingat EA’s Blog) membaca artikel di Web Otomotif, , , Pasti ada deh artikel yang menyinggung kapan R15 akan dijual ke Indonesia melalui YIMM (*Mungkin ada yang lebih jadul lagi tuh artikelnya). . .

Ini menandakan apa ya ? ?
Apakah Yamaha baru menyadari pasar Sport Indonesia menjanjikan di tahun 2014 ini ? Ahh… alasan ini kayanya gak logis deh, , , Buktinya Yamaha merasakan Vixion & New Vixion laris manis tuh dari sebelum 2014. . .
Ataukah Terhalang Masalah Internal yang Lain ? I Don’t Know…..
Bukankah dengan kasus seperti ini menjadi ada yang merasa hadirnya R15 ke Indonesia merupakan ” Pelarian Pasar ” dari India ke Indonesia ? ? ? (Apalagi ditambah catatan point 2)

Anyway, , , Lebih baik terlambat sih dari pada enggak sama sekali. . .
Tapi kalau bisa tepat waktu, Kenapa harus terlambat ? ? Ya nggak ?

Nah sekian tadi Catatan Pribadi EA’s Blog mengenai Si Tampan asal India. . . Monggo dipersilahkan berikan pendapat atau Opininya di kolom komentar. . . Tapi ingat ! (*Ini hanya Catatan/Opini Pribadi EA’s Blog) Meskipun artikelnya agak “Panas” tetap jaga Sopan santun ya….

Always Keep Updated with EA’s Blog ya Brosist . . .
Semoga Bermanfaat….

Posted By EA’s Blog

6 comments

  1. “Eitss , Tapi bukannya ini Model Versi India yang sudah sejak 2011 lalu ya ? ?
    Bukannya Kompetitor akan segera Berganti Wajah ya ? ? ”

    kompetitor juga jualan motor dengan desain mirip kompetitornya sendiri yang sudah ‘eksis’ hampir 4 tahun lalu..

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s