Honda CBR150R Lokal (Versi AHM), Antara Dilema & Galau

cbr150 repsol old.jpeg

CBR150R, Salah satu Motor Impian EA’s Blog dari Jaman Masih Unyu-unyu (Kapan tuh ya ? πŸ˜€ ). . . Kalau Brosist tak percaya bisa baca Disini , hhheee. . . Namun kini Honda CBR150 tengah meradang. . . Bukan karena motor ini tak identik lagi dengan Kalangan Speedlovers, , , Tapi karena kini Banderol Harganya yang terlampau Kemahalan alias “Overprice”. . . Terlebih dengan segera datangnya serbuan Yamaha R15 yang akan dibanderol 30jutaan, , , Maka disinyalir jelas Baby CBR ini akan semakin terlihat aura “Overprice” nya. . . Nah, Isu yang sedang hangat yakni CBR150R Lokal buatan AHM pun kini makin terlihat jelas pergerakan halusnya. . .
Apa saja Serba-serbi di CBR150R Lokal Nanti ? ? ? Yuk kita bahas bersama Brosist…. Check This One Out !

cbr150 main.jpeg

Honda CBR150R , , , Nama yang begitu familiar di kalangan pencinta Sport 150cc. . . Kabar burung ” Pelokalan ” Motor ini sebenarnya sudah membahana bahkan sebelum CBR150R Bertransformasi menjadi Versi Injeksi layaknya sekarang. . . Namun ditunggu hingga bertahun-tahun, , Ternyata Hingga saat ini CBR tetap saja diimpor dari Negara Tetangga kita Thailand. . . Entah apa Masalahnya, , Namun AHM Terkesan enggan menancapkan taringnya lebih dalam di Kelas Sport Tanah Air (Boleh Dicatat). . . .

– Pertanyaan Terbesarnya Adalah, , Apa Sebabnya CBR150R Begitu Sulit Diproduksi di Tanah Air Kita ini ? ? ?

cbr150r repsol new.jpeg

Setelah Kabar R15 memanas, , , AHM seakan langsung “Kebakaran Jenggot” dan dikabarkan berencana ingin memboyong si DOHC 150cc Super ini untuk Diproduksi di Tanah Air. . .

– Pertanyaan Terbesarnya Adalah, , , Dari Dulu Kemana Aja Pak/Bu Para Petinggi AHM ? ? Apakah Harus Selalu Dipancing Kompetitor Terlebih Dahulu Layaknya CBR250R & CB150R ? ?

cbr vs r15.jpeg

Sejak CB150R Streetfire dirilis dan Akhirnya mengalami banyak “Masalah” disana-sini, , , Serta berbau aroma “Prematur” akibat Memaksakan Melawan Kompetitor yang telah menyiapkan Jagoan barunya. . . Hasilnya Engine 150cc DOHC 4V Gen CBR ( Yang Jujur EA’s Blog Favoritkan ini ) Kini Layak untuk Dipertanyakan Kualitasnya (Kecuali Kualitas Old CBR150R & New CBR150R yang Oke Punya). . . Jika memang akhirnya CBR150R jadi akan segera Diproduksi di Indonesia atau lewat AHM,

– Pertanyaan Terbesarnya Adalah, , , Mampukah Kualitas CBR150R Lokal/AHM Mengimbangi (Bukan Menyamai loh, Hanya sekedar mengimbangi) Versi Impor CBR150R asal Negeri Gajah Putih ? ? ?

mesin cb.jpeg

Seperti Kita ketahui bersama CB150R & CBR150R seharusnya adalah dua Produk yang berbeda Gen & Kelas, , , Namun seharusnya dua produk ini adalah Identik layaknya kakak seniornya CBR500R & CB500R serta CBR650F & CB650F ( CBR1000RR & CBR600RR berbeda karena berlabel RR/Fireblade ). . . Sesuatu yang mungkin agak menyimpang di Darah CBR150R & CB150R, , , Entah apa Masalahnya. . . Mungkin saja bisa dikarenakan beda ” Bapak/Ibu ” (Silahkan diartikan sendiri). . .

– Pertanyaan terbesarnya adalah, , , Apakah CBR150R Versi Lokal akan Mengikuti “Garis” Edisi Impor atau Justru akan Kembali Menyimpang dengan Mengikuti “Garis” CB150R ? ? ?

cbr300r.jpeg

Last , Secara Pribadi Tanpa Mengesampingkan Brand Lain, , , EA’s Blog berharap CBR150R yang akan segera diproduksi di dalam Negeri ini akan Mampu Seperti para Pendahulunya yang Punya Jejak Rekam T.O.P di sisi Desain, Kualitas & Performa. . . Meskipun CBR150R FI agak sedikit melenceng disisi Desain dan Kini Harganya Menanjak Terus, , , Namun Kualitas dan Performanya Masih Layak diacungkan 2 Jempol. . . Jangan sampai di Versi Baru ini CBR150R Justru Kehilangan Semua Keunggulannya hanya karena “Desakan” Kompetitor dan Embel-embel Banderol Terjangkau. . .

Nah demikian Tadi yang bisa EA’s Blog Share. . . Bagi Sobat Brosist atau Para Pencinta CBR150R (Layaknya EA’s Blog) yang Memiliki Jawaban & Pendapat dari Pertanyaan diatas tadi, , , Monggo di Share di Kolom Komentar ya. . . Tanpa berbau BC, SARA atau Menghina, Mari sampaikan Opini, Saran & Kritik kita secara Cerdas, , , dan Semoga saja AHM Sudi Membaca Blog sederhana milik Orang Kere ini. . . Amin

Tetep Update terus bareng EA’s Blog ya Brosist !
Semoga Bermanfaat…

Posted By EA’s Blog

55 comments

  1. sebenarnya semua pabrikan mampu bikin motor berkualitas.
    masalahnya, di luar riset, mereka ma(mp)u atau tidak memakai komponen yg bagus buat motornya.

    kasus cebe, di banyak bagian rompal, bisa diketahui lah sebenarnya motor ini memakai material yg seperti apa kualitasnya.
    serta pantas gak dihargai dg banderol yg sekarang.

    ahm untung gede banget seandainya cebe kualitas murah harga mahal laku banyak.

      • tergantung.
        kalau AHM mau meninggikan biaya produksi buat material termasuk menggandeng vendor pembuat komponen yg bagus ya bisa saja kasus cebe gak terulang.
        toh pernah dalam sejarahnya Honda Indonesia bikin motor bagus & awet: Vario CW gen awal, Supra X 100cc, astrea grand.
        cebe secara spek bagus, tapi komponennya payah.
        dan AHM terkesan “membohongi” dg menjualnya dg banderol seharga kompetitor dg kualitas part yg lebih rendah, terkesan berniat r*kus meraup untung.
        atau bisa diartikan hanya menjual spek tapi kualitas rendah.
        meskipun ane jg percaya gak semua cebe bermasalah, tp pasti waswas kl mau meminangnya.

      • Yapp betul, , pastinya tak semua cebe yang memiliki “masalah”… Moga kasus” yang ada di cebe jadi pelajaran u/ ahm & gak sampe terulang lagi di cebeer…. Amin
        Karena semakin banyak pilihan bagus & berkualitas, konsumen kita juga yang diuntungkan (untung gak ya ? πŸ˜€ )

        Oke sipp, , , Pendapat ditampung dan siap u/ diolah ke next artikel cbrpekgo…. tengkyu kangbro…

  2. permasalahannnya sdh jelas sprti yg telah bro eno paparkan di artikel2 sblumnya, mslh yg mndasar sbnrnya ahm blm mndapatkan kpercayaan oleh princple jepang utk memproduksi sndiri sport brfairing, dlm tahap ini sbnrnya wajar, karena stlh era kejayaan tiger, blm ada lg sport produksi ahm yg fenomenal, ahm terbiasa dgn sport2 batangan berdesain aman utk market lokal, prtanyaannya, smp kpn ahm mau tunduk kpd principle jepang, market sport kita sungguh2 berbeda dgn belahan dunia lain, selera akan desain sport yg agresif dgn performa yahud sdh spt hrga mati dsni, dmn faktor knyamanan mnjadi no kesekian stelah desain dan performa.

    ahm tdk perlu panas&terburu buru mnanggapi gmpuran2 sport2 kompetitor, survey secara kontinu utk mndapatkan feedback sbanyak-bnyknya dr konsumen yg di kmudian hari bs di daya gunakan utk riset&mndesain sport2 lokal yg pny desain ciamik dan performa mumpuni..

    • Yapp betul kangbroo, , , Sudah seharusnya ada revolusi besar2an di lini produksi sport ahm, Baik dari desain, material atau hal kecil lainnya. . . Pada dasarnya jika ahm meluncurkan tigy & cbr150 dengan form yang “biasa-biasa” aja, , , Maka hasilnya bisa ditebak kangbro sendiri deh pastinya. . . Apalagi tigy & cbr150 punya kesan tersendiri di hati konsumen setia Honda. . .

      Thanks buat pendapatnya kangbro, , Kalau masih ada pendapat lain monggo saya persilahkan… πŸ˜€

  3. Knp kalau utk Indonesia Honda seakan menunggu dipancing oleh merk lain dulu baru bergerak?

    Ya kembali ke urusan bisnis saja, sepanjang sejarah kemerdekaan Indonesia, Honda adl market leader R2 (bener ga nih? tanpa data soalnya), mulai ’90 ke sini makin gila dominasinya, intinya mrk terbiasa berada di zona aman, shg buat apa repot2 RND & nelurin produk baru yg belum ketahuan respon pasarnya, lha setelah ada “pancingan” yg ternyata sambutannya warrr biasa, barulah mrk ikut2an bergerak, dan lagi2 hanya mengandalkan konsumen loyal fanatik buta saja mrk sudah bs jualan laris manis di segmen baru tsb..

    *fyi, tanggapan ini saya tulis dengan penuh tendensi, with no respect for them πŸ˜›

    • Pendapat pertama saya nilai ada benarnya kang…
      *lah wong dari dulu motor yang ane liat honda, honda & honda lagi,,, nyampe dikampung ane di purbalingga sana motor itu bahasa jawanya Honda *D ckckck…

      Pendapat lainnya mari kita diskusikan disini kangbroo… Karena pabrikan juga perlu kita kritik pedas, supaya bisa berkembang…
      Tapi kalo nama bessar cebeerpekgo bakal kecoreng gara2 ahm,, bener2 keterlaluan deh… Imho

      • Banyak alasan mengapa konsumen honda bisa menjadi fanatik buta…faktor pengalaman yg panjang,keawetan mesin,desain yg diterima disegala usia, motor yg user friendly (nyaman) dan produk yg banyak pilihan,membuat honda bs mnjadi nama teratas dalam industri motor didunia.

        Kalo saya perhatikan,rata-rata kekecewaan,caci maki dan sumpah serapah para fb terhadap honda cuma pada masalah desain motor sport..honda dinilai trlalu kalem,ga agresif dan sporty sperti rival mreka,yamaha dan kawasaki…nah disini saya cuma brpendapat, walo para fb demo bakar motor honda didpan pabrik skalipun,honda tak akan bergeming…honda tak akan mngubah ideologi perusahaannya (kcuali kalo barang dagangannya ga dibeli satupun)

      • Urusan desain sih relatif bagi yg memandang masbroo… Asal honda ga terlalu nyeleneh kaya CS1 or CBR150R CBU, ane rasa konsumen juga bakal tertarik koq -imho-… πŸ˜€

  4. Cb150r itu baru percobaan awal.
    Kalo udah lulus baru cebeer di “ijin” kan oleh honda jepang utk diproduksi disini.
    πŸ™‚

    Viksion edisi awal jg banyak masalah (sailen rekal) terutama diskitar kopling sampe dituker mesinnya.
    Hayoo yg pernah dikasih kompensasi 25rb/hari sm bengkel yamaah tunjuk tangan.
    πŸ™‚

    • Yapp bener,, Apalagi yang masalah komstir itu ya kangbro parahbgt… πŸ˜€
      Tapi “masalah” di cebe ane nilai secara pribadi udah terlalu kompleks kang,,, Ane pribadi juga ngerti kalau mesin cebe itu jauh lebih rumit dibanding nvl… Tapi harusnya kan ada persiapan, Endurance test, Trial & error dsb,,, Ini pabrikan sekelas ahm loh padahal…
      Nah, akhirnya masalah ga berhenti di bagian mesin yang kompleks aja deh,,, Terakhir yang ane denger sampe pro-link segala rusak…

      Ada pendapat lain kangmas,,, Saya hargai pendapatnya yang tadi, 2 Thumbs up for you… Silahkan diisi kembali πŸ˜€

  5. kalau saya menilai juga demikian masbro,ahm seperti bereksperimen hampir di setiap lini produknya,sport,bebek,matik.diluar kasus cebe,tipe supra 125 pun juga tak seperti di awal kemunculan,keluaran yg baru2 banyak suara2 aneh dari mesin(klotok klotok), o iya produk ahm yg bagus ga cm tiger lo,ada era gl juga yg saya juga masih punya sampe sekarang,gl pro lansiran 1994(black) dari baru sampe sekarang belum rompal tuh,seker jg baru sekali ganti,pengapian masih orsi,,,jadi harapan kedepan,honda khususnya AHM bisa membenahi produk2nya dan jangan jadikan konsumen sbg kelinci percobaan,,,,ingat!honda besar karna konsumen juga lho,,

    • Wiss mantap kangbro,,, 2 Thumbs up buat pendapatnya….

      HSX125 mungkin suara tek tek tek gitu ya dari silinder head atau beda lagi ? *pengalaman benerin
      Yapp bener, , , tiger, gl-pro, astrea legenda, supra-x100, Vario110mmc contoh produk oke dari ahm… Bahkan almarhum supra fit ane yang jadi bahan ejekan di kancah blogger juga mantep pisann deh awet & iritnya…. Sekarang gatau kenapa jadi demikian, , , Kalau di skutik & bebek sih gaung “masalah” nya sangat kecil bahkan masih lebih kecil dibanding kompetitor. . . Tapi waktu masuk segmen sport, , , no comment. . . Jangan sampai nanti si legend (tiger) & Cebeerpekgo lokal jadi bahan eksperimen selanjutnya, , , karena fans nya bener2 ga sedikit …..

    • Yupp betul kang, , di blog kang haji waktu duluu ada berita sasis twinspar yg lagi dipajang di pabrik ahm (*nyampe mesem bacanya) eh jebulnya pake frame cebe…. Jadi rada gimanaaaa gitu…. πŸ˜€

  6. semoga ahm gak buat blunder utk ke2 kalinye, solae nyang ngidam cbr150 CKD sangatlah besar termasuk ane sndiri so wait n see aj kira2 bagaimana ntr…, tp klo hemat saya, jika frame sma dengan cbsf mka akan jelas beda dengan cbr cbu artinya ni motor memang bkan CBR CKD tp mrpakan pengembangan dri cbsf it sndiri dengan perbedaan tuning & power ( mgkn menyamai/ diatas cbr it sndiri )

    • Aminn… Yang ngidam CBR CKD ya termasuk ane juga kang…. πŸ˜€ , , , Dari 2008 malah….ckckck

      Ya betul, Mungkin bisa jadi pengembangan dari CBSF + Tuning di gigi 6 yang loyo banget. . . Walaupun pake basic CBSF + tambahan tadi, Kalo kualitasnya bisa mengimbangi thai pastinya layak beli kang buat speedlovers & modipers kaya ane….. Tapi kalo kualitasnya ngekor “masalah” CBSF, , Jadinya cuma sekedar merusak nama besar cebeerpekgo saja…. πŸ˜€

  7. Kan udah jelas cbr150 lokal adalah cb150r yg dipasang fairing doank, jadi bentukny ya sma kyak cb150r dan pastiny mesin si CB yg dpsg bukan mesin cbr thai. bca d iwb atau tmc ada kog artikelnya.

    • Sorry, , , Your Comment must be Edited….

      Yapp, , mungkin kangbro lebih ngerti bocorannya….
      Btw, , , Disini juga ga ngebahas CBR lokal pakai Mesin CBR Thai kok kangbro… Yang dibahas soal serba-serbi, garis desain & kualitas mesin & motornya. . . Ane pribadi juga pembaca setia blogger senior tadi koq, So keep calm and leave your opinion here brother… Salam

  8. kalo menurut ane kalo mslh knp ahm hrs di pancing dulu ma kompotitor, itu merupakn sbagian strategi ahm tuk melihat sebrp jauh prodk kompttor(desain,mesin,harga,dn dmam knsumen)dan kalo mang segmeny gurih baru ahm nlurin prodk tandingn wlau contek dikit.

    • kl gt knp ahm rilis cs1 instead of sonic buat ngkut psarnya fu? sy kira dsini ad ke-arogan-an ahm.. trmasuk d kasus cb150. mreka sngt ykin bs jngkalin kmpttor dgn prdk tsb..

      • Mungkin supaya bebek supernya nanti bisa langsung head2head bahkan lebih unggul dari aspek mesin kang. . . Soalnya secara marketing, , Pasar segmen Satria FU & NJMX lumayan bagus tuh…

  9. kalo menurut ane kalo mslh knp ahm hrs di pancing dulu ma kompotitor, itu merupakn sbagian strategi ahm tuk melihat sebrp jauh prodk kompttor(desain,mesin,harga,dn dmam knsumen)dan kalo mang segmeny gurih baru ahm nlurin prodk tandingn wlau contek dikittt

  10. banyak kasus di CB adl banyaknya subcont yg di miliki oleh level tinggi di ahm, yg dgn kekuasaannya meloloskan produknya yg di bawah standard kualitas…..imho

  11. banyaknya kasus CB adl ulah pemilik subcont yg dimiliki oleh petinggi ahm itu sendiri….hingga produk di bawah standard terpaksa di lolosin drpd jd masalah…..

  12. Insinyur AHM masih belum bisa menemukan solusi untuk mendowngrade kualitas DOHC sang CBR karena ini motor sport dan kualitas material mesin harus nomor wahid atau minimal setara. Lihat saja CB150SR masih banyak keluhan sana sini.

    • Yup, , Bisa jadi kangbroo. . . Soalnya emang build quality CBR150 udah melekat bgt dari 2004 dulu. . . So, sekarang waktunya AHM buat serius bikin CBR150. . . Kan kalo jadi lumayan bisa hemat harga. . . πŸ˜€

  13. nyong ya kie wong purbalingga.
    Ning kene wis kbiasaan,,ri tuku motor ya ngmnge tuku honda.
    Nyilih motor ya ngmnge nyilh hondane.
    Wong purbalingga unik bin lucu.
    Tp nyong seneng dadi wong pbg.
    Panganane enak enak.

  14. setelah saya baca2 artikel + komennya, ternyata masih banyak yg punya pikiran seperti itu (susah dijelaskan)
    😦
    intinya jngn berharap seperti kanak2
    krn produsen, A-hm terutama, itu gak seperti yg om TS bayangkan

    sudah, jngn berharap terlalu banyak sama produsen lokal
    masih lebih worth beli cbr old yg barang simpanan, kalo mang niat pasti bisa nemu
    πŸ˜‰

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s