New Honda Blade, 125cc + Kopling Manual Makin Asoy !

honda blade r .jpeg

Hayo pada lihat modelnya atau lihat blade nya ? (xixixi 😀 ). Nah, Pada kesempatan kali ini EA’s Blog ingin membahas soal bebek ganteng nya Honda, Yups Honda New Blade ! Sejak direfresh dari tahun 2011 lalu menggantikan versi sebelumnya, Penjualan motor ini bisa dibilang, Lumayanlah. Nah, Dikarenakan program Honda (AHM) yang ingin menginjeksikan semua Produknya yang masih memakai penyuplai BBM karburator, Sekarang memang sudah waktunya untuk Honda New Blade mengalami refreshment + Penambahan Fuel-Injection (PGM-FI). Untuk itu langsung saja kita bahas seksama Brosist !

honda blade repsol.jpeg

Dari rumor yang sedang membahana di jagad Blogsphere, Yang paling tercium wanginya adalah Perubahan kubikasi mesin Honda New Blade ini dari 110cc ke 125cc . Bisa dibilang ini termasuk sesuatu yang membahagiakan di kancah bebek Indonesia, Mengingat Kompetitor Beratnya Yamaha Jupiter Z1 hanya memiliki kapasitas mesin 115cc. Akan tetapi kabar kenaikan kubikasi ini belum disertai kabar jenis mesin apa yang akan dipakai Oleh Bebek Ganteng AHM ini. Nah, Kita urai yuk jenis mesin 125cc apa yang kira-kira dipakai si New Blade ini.

1. Base Mesin Honda Supra 125

mesin supra 125.jpeg

Basic mesin ini bisa dibilang paling memungkinkan dan paling logis untuk dipakai di New Blade. Akan tetapi tentu saja harus ada penyesuaian, Mengingat New Blade adalah Bebek Entry level yang lebih mengutamakan Performa dibanding Kenyamanan. Nah dari Basic mesin ini semestinya hal yang bisa direvisi adalah Rasio Kompresi dan Perbedaan Mapping ECU dengan Supra 125 PGM-FI yang nantinya juga akan direfresh AHM.

2. Base Mesin Vario 125 PGM-FI

vario engine.jpeg

Lah KangMasBro ? Ini kan Mesin Skutik ?
Iyaa Brosist Base Mesin ini memang mesin Skutik. Tapi coba ingat korelasi saat AHM memperkenalkan Vario 110, Beat 110 & Revo 110 beberapa tahun silam. Yapp, Benar dari sana bisa disimpulkan bahwa sebenarnya basic mesinnya adalah sama alias itu-itu saja, Namun diberi differensiasi agar tetap masuk di kelas & kasta masing-masing. Bukan tidak mungkin kan, Hal tersebut terulang ? Mengingat Vario 125 memang didesain untuk Kenyamanan sekaligus Performa Lumayan. So, Bisa saja nanti Mesin 125cc SOHC Overstroke Liquid Cooled ini dipasang di New Blade dengan Revisi Mapping ECU agar performanya makin optimal.

3. Base Mesin Honda CS1/ Nova Sonic

mesin cs1.jpeg

Nah, Kalau bahas jenis mesin ini pasti pada nyengir-nyengir deh, hhheeee 😛 .. Mesin 125cc SOHC Overbore Liquid Cooled ini memang terkenal bengis di urusan performa. Tapi apa iya bakal mungkin dipasang di New Blade ?
Jawabannya Masih Mungkin Brosist ! Masih ingat rumor reborn nya Honda CS1 dengan Mesin 150cc DOHC 4Valve Gen CBR disini ? Nah, Karena CS1 akan berganti platform mesin, Maka bukan tidak mungkin New Blade ini akan mendapat lengseran mesin CS1 ditambah suntikan PGM-FI baru. Bukankah Mesin CS1 sesuai dengan karakter yang dibangun di New Blade ? (Cek aja iklannya, Dulu kalau nggak salah sampe bawa-bawa team Repsol motoGP). Jika sudah paham, Maka jawabannya : Masih mungkin !

Nah tadi kan bahas sektor mesin, Sekarang kita bahas sektor yang lain.

1. Fitur.

Sisi ini haruslah dikembangkan dari Honda New Blade edisi sekarang, Penambahan Kapasitas BBM sepertinya bisa diutamakan selain update PGM-Fi.

2. Kopling Manual.

blade rwb.jpeg

Yapp, Kalo EA’s Blog boleh saran ke AHM sih, New Blade harusnya diberikan Opsi/Varian Manual-Clutch ( Lirik AHM ). Jangan hanya terus berikan differensiasi di Stripping, Warna, Rem Belakang ataupun bagian yang membosankan semata. Bukankah New Blade memang Bebek yang mengutamakan Performa ? Jika benar demikian mengapa tidak diberikan Opsi Manual-Clutch ?

3. Desain Buritan.

honda blade repsol.jpeg

Yapp, Desain Blade keseluruhan sudah sangat menawan, Hanya tinggal satu hal yang perlu diperbaiki. Buritannya ! Kan nggak lucu kalau Desain Depan, Samping sudah Sangat Sporty tapi buritannya bisa blenduk kaya modifikator keabisan akal. Oleh karena itu untuk bersaing dengan lekuk desain kompetitor, Refresh Buritan New Blade adalah Harus !

Nah kira-kira Brosis ada yang mau menambahkan soal Update New Honda Blade ini ?
Kalo ada, Monggo saya tunggu di kolom komentar.

Sekian dulu artikel tentang Honda New Blade dari Blognya Orang Kere ini. Harapannya, Semoga New Blade nanti akan menjadi bebek yang Sporty baik dari desain atau Performa. Nah dengan begitu dijamin kompetitor akan meriang siang malam 😀 dan akhirnya melakukan refresh. Pada akhirnya, Konsumen atau kita jugalah yang diuntungkan karena banyaknya produk-produk bermutu. Horeeeeee…… 😀

Tetep Update bareng EA’s Blog ya Brosist….
Semoga Bermanfaat !

Posted By EA’s Blog

Iklan

11 comments

  1. Yang sip itu kalo bagian depan dibuat mirip2 jupiter mx, terus yg belakang tetap aja pakai punya CS-1. Utk dapur mesin yg pas ya hrs pakai punya CS-1 jg spy sama berdiri jg dgn jupi mx. Nah nanti lawan jupi mx yg new blade ini, saya kira sepadanlah

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s