Yamaha Siap Hadirkan R15, Honda Harus Sabar

r15.jpeg

Well, Gertakan yamaha di awal tahun 2014 ini memang sangat mengejutkan. Diawali dengan launching skutik 125cc nan ganteng Xeon GT 125, Kini yamaha mulai menggebrak dengan membuat ancang-ancang siap memasarkan produk sport 150cc yang telah lama ditunggu para fans yamaha. Ya apalagi kalau bukan Yamaha YZF R15. Bagaimana kira-kira peluangnya ?Bagaimana juga sikap kompetitor mengantisipasi pergerakan agresif Yamaha di awal tahun 2014 ini ? Kita bahas lagi Brosist.

Yamaha YZF R15 adalah produk 150cc unggulan yamaha yang berbasis di India. Banyak bikers yang berkata bila R15 masuk ke Indonesia, Maka pasar CBR150R yang merupakan satu-satunya produk Sport Fairing 150cc dari kwartet Pabrikan jepang akan diambil alih. Bukan tanpa sebab, Melihat respon dan animo para pencinta roda dua terhadap produk ini memang cukup besar. Rasa-rasanya tak aneh memang, mengingat motor ini memiliki garis design agresif dan sporty mirip sang leluhur yakni YZF R1.

yzf r1.jpeg
Yamaha YZF R1, Mirip R15 gak Brosist ?

Info dan selentingan kabar yang masuk dari para blogger senior Tanah Air, Menyatakan bahwa R15 ini akan dijual dengan harga tidak melebihi 30juta rupiah Brosist (Busyet kebayang ga tuh kalo dihargai segitu, Bakal laris manis pastinya). Tetapi apabila motor ini juga dihargai demikian, Maka potensi untuk merusak pasar New Vixion juga akan semakin besar. Tengok saja harga NVL yang kini menyentuh hampir 23juta, Bila R15 dibanderol dibawah 30juta maka konsumen setia Yamaha pastinya akan lebih memilih meminang R15 dibanding New Vixion. Apalagi Indonesia yang sistem pembelian nya rata-rata masih menggunakan Kredit. Walhasil dengan perbedaan sangat mepet maka EA fikir R15 lah yang akan lebih banyak dipilih.

EA’s Blog pun sedikit bingung akan seperti apa Model, Desain dan Bahan Baku R15 ala indonesia yang akan dibanderol murah tersebut. Memakai model dan bahan plek seperti R15 India, Rada bingung di urusan cost dan materi bahan bakunya. Yang sangat masuk akal adalah R15 yang akan diboyong ke Indonesia dengan menggunakan basis inti dari Yamaha Vixion (Sehingga bisa dibilang sebagai Vixion Berfairing). Nah untuk perbedaannya dengan Vixion bisa berada di sektor Fairing, Buritan, Stang & Mesin. Secara menurut EA sih, NVL sudah cukup ganteng untuk dibuat versi fairingnya.

nvl.jpeg
New Vixion Lightning

Lantas, Bagaimana dengan kompetitor ?

Kawasaki sih EA rasa belum akan bermain di kelas Sport Fairing 150cc paling tidak hingga di medio semester awal 2014 ini. Produk yang menjadi andalan di awal tahun ini adalah gebrakan Ninja 250 1 Silindernya Brosist.

Suzuki EA Blog prediksi akan membuat gebrakan baru sebagai pesaing di kelas 150cc Baik Naked ataupun Fairing Sport. Desas-desus sedang diracik nya produk unggulan 150cc suzuki yang bakal berlabel klan GSXR ini memang sudah mencuat sejak tahun lalu. Meskipun nanti yang terlebih dahulu dilaunching adalah Versi Naked atau Klan GSR, Kehadiran duet Sport 150cc ini memang sudah ditunggu sejak lama untuk memanaskan persaingan sport 150cc.

Honda adalah kompetitor yang paling merasakan dampak kehadiran R15 ini. Bagaimana tidak, Harga CBR150R Import yang kini harganya melejit diatas 40 juta ini sudah seharusnya dipertanyakan. Terlebih apabila harga R15 jadi dijual di bawah 30 juta, Maka pasar CBR jelas akan langsung diambil alih R15. Produk CBR150R lokal adalah jawaban terbaik bagi dilema Honda yang satu ini.
cbr150r.jpeg
Basicnya AHM tinggal pilih dari CBR150R Import atau CB150R buatan AHM sendiri. Namun, Desas-desus kuat yang menyatakan bahwa CBR150R lokal akan segera hadir dalam waktu dekat ini, Membuat EA sedikit berfikir lebih dalam. Apakah Honda akan langsung meladeni agresifnya Yamaha dengan fasilitas produksi yang kini sudah penuh sesak oleh jajaran produk Entry Level Honda lainnya ? Sementara pabrik baru di Karawang yang berkapasitas lebih dari 1 juta unit pertahunnya pun masih belum rampung. Sebaiknya sih Honda agak menahan diri dan tidak terpancing gertakan Yamaha. Sebab kita semua tahu saat CB150R hadir untuk melawan NVL, Sangat terasa Honda terlalu memaksakan produknya untuk segera brojol. Akhirnya CB150R pun EA Blogs rasa telah lahir secara prematur, Hanya karena ingin meladeni agresifnya yamaha kala itu dengan New Vixion nya. Akibatnya pun terasa, Inden mengular, Produksi dipaksa terus digenjot di posisi yang memang sulit untuk bergerak, Sehingga faktor kualitas menjadi sedikit berkurang. Lebih baik apabila AHM melakukan Respon & Riset kepuasan konsumen terhadap R15 terlebih dahulu. Nah jeda waktu yang ada dapat dimanfaatkan AHM untuk membuat sebuah unit Sport Fairing 150cc yang tak keluar dari Pakem Honda juga Pakem klan CBR dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen, Selain itu jeda waktu Juga dapat digunakan untuk meracik ramuan jitu ala AHM dari strategi Market Produk CBR150R lokal tadi.

r15 vs cbr150.png

Nah demikian tadi artikel singkat tentang Sport 150cc tanah air, Silahkan tambahkan Masukan, Saran ataupun Kritik pada kolom komentar dibawah.
Jangan lupa stay Updated with EA’s Blog ya,
Semoga Bermanfaat….

Posted By EA’s Blog

8 comments

  1. mslhnya, stlh era kejayaan tiger brakhir, ahm spt tkut utk mnjadi first mover di segmen sport&slalu mnunggu gebrakkan kompetitor. mlh terkesan asyik mnggarap segmen matic&bebeknya, pdhl segmen itu relatif stabil&aman dr gempuran lawan.

    saya prcaya, ahm psti tau keinginan konsumen loyalnya&slalu ingin mberikan motor sport trbaik, tp spt kita sm2 ktahui bawasannya tdk smua keinginan ahm bs dgn mudah di approve oleh principle jepang, dampaknya adalah dlm mngambil kputusan ahm tdk bs seleluasa yimm.

    saya spendapat dgn bro eno, ahm tdk prlu trpancing meladeni yimm dlm hal ini trburu buru meladeni lahirnya R15 di Indonesia, yg terbaik utk dilakukan saat ini y memang meriset keinginan konsumen, mau spt apa desain&performa cbr150 apabila dilokalkan smbil mendesak principle honda jepang, “kaya gni lho” keinginan konsumen sport fairing 150 di Indonesia.

    dgn bgtu tdk ada lg anggapan motor sport honda lahir prematur spt pd kasus cb150.

    smua hanya opini ngawur saya sbagai konsumen, smakin sering pabrikan berjibaku di setiap segmen, yg smakin di untungkan y konsumen, tentunya dgn mberikan produk2 berkelas&berkualitas.

    • Betul sekali bro, konsumen jangan hanya dimanjakan produk matic & bebek nya yg bagus2. Sepertinya honda terlalu asik meraup keuntungan, hhhheee….

      Honda sebaiknya nyantai aja liat yang lainnya mamer produk baru, Setelah pabrik baru jadi, Langsung deh keluarin tuh peluru buat segment sport.

    • jgn diulagi kebiasaan ahm jiplak motor, soeri niru vixi, ini malah jdi negatif image, ujung2ny mlah jdi kurang penjualannya. Yg bener bikin desain sendiri tanpa nyontek tpi bagus scr penampilan

      • Betul kang, Sepertinya CB harus ambil image kakaknya CB1000F/CBR1000RR/CBR600RR, Diluar negeri kakak2nya juga dibully karena design yang biasa2 aja dibanding ZX, YZFatau GSXR Series (Dari sebuah forum mybike US)… Tapi begitu nyobain motornya langsung pada kalap, Nelen ludah sendiri…. Harusnya AHM juga bisa bikin image sama kaya Honda Global, Desain biasa2 aja ga niru2 sana sini tapi fitur dan teknologi nya 2 jempol keatas kang….

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s