Part 1:Opini Tentang New Vixion Lightning vs CB150R Streetfire, Apa Pendapatmu ?

headlamp cb vs nvl.jpeg

Di awal tahun 2013 silam, Jagad roda dua tanah air gempar dengan hadirnya produk Sport Commuter 150cc andalan masing-masing Pabrikan. Yamaha New Vixion Lightning (Baca:NVL) & Honda CB150R Streetfire (Baca:CBSF) adalah dua produk itu. Hingga tulisan ini dibuat, Banyak sekali persaingan opini panas yang ditujukan pada kedua tunggangan ini, Bahkan opini Menjatuhkan, BC, Hingga berbau SARA (Bahkan kadang sampai menghina yang membuat tulisan) justru malah lebih banyak keluar daripada membahas plus minus persaingan dari kedua tunggangan ini, Alias lebih banyak komentar & pendapat OOT.

Tetapi kali ini EA’s Blog coba untuk memberikan Pendapat/Opini untuk kedua motor 150cc ini dari tiga sisi pengamatan yakni desain, performa & sisi lainnya Berdasarkan pengamatan pribadi, Jadi buat yang tidak setuju silahkan beri masukkannya. Tanpa panas-panasan, Tanpa jatuh-menjatuhkan, Tanpa hina-hinaan, Tanpa berbau SARA, Tanpa Sales-salesan. Langsung aja kita mulai dari yang pertama, Here we go !

1. Sisi Desain :

vixion-lightning.jpeg

NVL : Dilihat dari Sudut Samping Kiri, Kanan, Buritan saya berani mengatakan Design NVL jauh uuh uuh lebih bagus dibandingkan CBSF .
Bahkan sekalipun disandingkan dengan adiknya Yamaha Byson yang dikenal Biker memiliki tampang sangat Macho, NVL masih jauh lebih baik (Jempol EA’s Blog buat desainer Yamaha). Mulai dari Desain Shroud, Desain Buritan, Tailight, Tangki BBM, Velg Cast, Ban Ukuran Lebar hingga Pernak-pernik lain, NVL seakan mengerti keinginan Bikers Indonesia untuk memiliki Tunggangan Keren, Dinamis nan Sporty dengan harga terjangkau.

Kekurangan terbesar Desain NVL sendiri EA’s Blog rasa ada di bagian Headlamp yang tak sesuai dengan garis dinamis body nya (Pendapat EA’s Blog, Lebih mantap pakai Headlamp Yamaha Byson), ditambah posisi pemasangan plat nomer yang berada di atas Headlamp (Gampang kok. Tinggal buka tuh web forum NVL, Sudah banyak tutorial ganti posisi plat nomer). Kekurangan juga terlihat di sisi perpaduan sasis deltabox dan mesin yang tergolong berukuran mini lantaran masih menggunakan teknologi SOHC, Akibatnya mesin seolah menggantung dan terlihat banyak celah (Gampang ngatasinnya, Beli aja Cover Engine Ori NVL dari Yamaha, Tampilan dijamin makin berisi, Makin Joss)

cb150.jpeg

CBSF : Sementara itu Desain CBSF terkesan minimalis mengarah ke elegan (Searah dengan prinsip desain Honda Global), Atau EA’s Blog bisa bilang desainnya standar honda saja, Tak banyak bagian yang mampu membuat mata melirik (Walau banyak yang bilang mirip ini mirip itu, Tapi kita kembalikan ke pakem Pabrikan, Toh mereka juga enggak saling bakar-bakaran). Namun CBSF justru terlihat lebih baik di bagian Headlamp dan Sisi perpaduan trellis frame dengan Mesin yang berukuran besar di ukuran 150cc, Akibatnya sektor ini terlihat padat dan berisi (Mungkin ini satu-satunya sisi desain yang bisa bikin mata melirik).

Sementara kekurangan terbesarnya ada di bagian Tangki BBM yang masih mengadopsi model tutup jendul ala motor jadul (Kenapa tidak pakai tangki BBM CBR150R Old ya ? Tanya kenapa ?). Kekurangan lainnya ada di warna trellis frame yang terlalu kalem (dilabur cat merah ala ducati pasti langsung bikin mata melirik), Shroud yang biasa-biasa saja & Kaki-kaki yang masih mengadopsi ukuran standar (Harusnya sih bannya bisa diperbesar 1 ukuran, Velg nya its OK lah).

Nilai berdasarkan pendapat EA’s Blog di sisi Desain :
NVL : 8,5
CBSF : 7

2. Sisi Performa :

nvl engine.jpeg

NVL : Harus diakui dari pengalaman EA’s Blog “ngejajalin” NVL, Output Power jalanannya masih sekelas dibawah CBSF. Powernya juga EA’s Blog rasa masih dibawah Satria F150 lansiran 2012 yang pernah EA’s Blog Cicipi, Bahkan dari pengalaman menyicip Old Vixion 2012 milik rekan di Karawang, Perbedaan power yang dirasakan tak terlalu signifikan perubahannya (Maybe karena Ukuran Bannya yang tergolong lebar mempengaruhi Bobot Motor dan berimbas ke Power realnya, Maybe Yes Maybe No).

Namun untuk ukuran Kenyamanan Mesin & Keiritan BBM dibanding CBSF, Motor ini Juaranya Bro ! Dibawa santai OK, Selap-selip juga OK, Tapi tidak untuk Trek Pantura yang selalu main High RPM. Beda konsumsi BBMnya pun juga lebih Mantap bila dibandingkan CBSF, Terlebih NVL lebih aman dikasih minum BBM Premium dibanding CBSF(Tidak dianjurkan). Sayang suara knalpotnya tak jauh berubah dari Old Vixion (EA’s Blog sih ngarep suaranya halus mirip New Jupiter MX).

cb150r engine.jpeg

CBSF : Nah, Ini dia faktor utama yang menarik mata & hati konsumen, Mesinnya pakai Liquid Cooled, 4Valve DOHC ala CBR150R Brosist ! Performa tarikan CBSF menurut EA’s Blog masih sekelas diatas NVL . Bahkan dari pengalaman Nyicip CBR150R FI Repsol Edition 2012 milik Partner Kerja di Karawang, EA’s Blog berani pegang CBSF di trek 300 meter dengan kondisi sama-sama standar dan BBM pertamax ( Setelah 300 meter brosist yang pernah nyoba pasti tau lah bagaimana powerfull nya CBR150R FI ). Begitupun feeling DOHC di CBSF ini cukup kental juga loh brosist, Dan sukses membuat Bikers seperti Saya saat nyicipin CBSF selalu ingin turunkan posisi perseneling & gantung RPM lebih lama, Dibanding harus tahan posisi persneling di low RPM. Nah, Mungkin ini ya alasan AHM berani membuat Ajang Balapan OMR CB150R di Sirkuit Sentul, Karena memang disektor inilah keunggulan utama CBSF. xixixi

Tapi ada kekurangan besar dibalik superioritas mesinnya, Yakni lebih boros BBM dibanding NVL. EA’s Blog juga berfikir motor ini HARUS pakai BBM oktan 92 keatas (Cth:Pertamax, Shell Super dll), Resiko CBSF Knocking pakai BBM premium sangat tinggi Brosist. Bahkan EA’s Blog pikir resikonya jauh lebih tinggi dibanding kasus Satria F150 pakai BBM premium. Jika terus menerus dipaksakan menggunakan Premium maka tau kan akibatnya ? Duit Melayang Brosist !!!

Nilai berdasarkan pendapat EA’s Blog di sisi Performa :
NVL : 7,5
CBSF : 8,5

Bersambung ke Part 2, Faktor Lain & Kesimpulan NVL vs CBSF

Posted By Gadget EA’s Blog

23 comments

  1. Ok..nah terus gmana boz..dgn hasil tes deno,yg hasilnya power unggul nvl..??
    (mudah2an gak ada sales lewat y boz,hanya kita brdua..hayah…!)

    • Jangan2 ane dianggap sales “Y” nih karena hasilnya menang “V”, wkwkwk….
      Hasil dyno sih ada banyak yang pengaruhin, begitupun tes jalanan. Jadi sebelum coba tarik gasnya sendiri belum mau bikin artikel kaya gini, Sekalian aja dicompare sama motor yang lainnya yg pernah dicoba sndiri. Tapi grafik powertrain pas dites dyno itutuh, ane lebih suka grafik CB. Kalo ditanya mau beli yang mana, Ane pilih ditabung aja, Cz udah seneng spacy…. Hheee

  2. Perbandingan cbsf vs nvl, stndart sbnarny gak berimbang satu grojokan bensin lebih gede (cbsf) dri satunya (nvl).. performa beda tpis..

    *Ukuran lubang klep & throtle*

    Lubang klep standart (perhatikan klep in, klep out)

    CBSF/CBR150
    Panjang :——
    Diameter as : 3,5mm
    Diameter klep in : 24mm
    Diameter klep ex : 21mm

    MX/Vixion/NVL/R15
    Panjang : —–
    Diameter as : 4,5mm
    Diameter klep in : 19mm
    Diameter klep ex : 17mm

    R15 OMR
    Diameter klep in : 22mm
    Diameter klep ex : 19mm

    CB150 OMR
    Diameter klep in : 24mm
    Diameter klep out : 21mm

    sumber
    tmbahin http ://

    infobalapliarjakarta.blogspot.com/2012/07/ukuran-kleep-motor-standar.html?m=1

    motogokil.com/2013/12/02/bocoran-informasi-spek-racing-yzf-r15-bandingkan-
    dengan-hasil-analisis/

    motogokil.com/2013/12/03/biarkan-mesin-cb150r-standart-pada-omr

    Throtle Body (TB)
    throtle R15/Vixion standart : 28 mm
    throtle cbr150/cbsf standart : 30 mm

    throtle R15 OMR : 30,4 mm
    tbrotle cbsf OMR : 30 mm

    sumber :
    http://pertamax7.com/2013/01/19/yamaha-new-vixion-unggul-diatas-dynotest-namun-honda-cb150r-unggul-dijalan-raya-performa-mirip-silakan-galau

      • dlm keadaan standartny di sini grojokan bensin cbsf > nvl, output power malah sebaliknya, coba klw ukuran lubang klep dn throle nvl disamain dngn cbsf, bijimane power output nvl?

      • Kalo TB vixi masih mungkin digedein, Kalo klep yang digedein sih pasti malah kedodoran powernya, Secara pistonnya mini. CMIIW
        Yang punya cb kalo mau pakai pertamax atau v-power wajib remapping pengapian dulu setelah beli, kalo ga gitu kurang gigit tenaganya. Yang punya vixi patut berbangga dijalan, cz motornya ganteng poll…

  3. nvl pke ban gmbot aj performanya cm bda tipis dgn cbsf, nah aplagi nvl pke ban kecil ky v-ixion lawas, mngkn bsa mnyamai performanya x! slut dh bwt yamha yg wlwpn nvl pke ban gambot tp performanya gk bda jauh dgn cbsf..!

  4. Ane mo beli salah satunya…. Untuk pake kerja… Jarak 35 km. Jln kelok naik turun agak rame tapi jg gak rame2 amat. Macet jg gak… Pertimbangan… Hemat… Tapi tetap nyaman dikendarai….. Jg bisa diajak kompromi saat waktu mepet … Biar gak telat…. Satu lagi… Purna jualnya bgs yg mana….. Tk sebelumnya

    • NVL lebih cocok masbroo. . . Lebih efisien mesinnya kalo memang masbroo orangnya hemat, Plus purna jualnya oke & harga sekennya gak anjlok jauh 😀

  5. Maaf mungkin Out Of Topic kang.
    Saya bingung mau nanya kmn lagi hahaha 😀
    Apa benar kalo motor FI saya NVL kalo jatuh dari standar tengah pas mau landing ( ciyee landing hahaha ) miring ke kanan gag kuat jatuh deh gara2 kondisi tanah nya nggak rata sangat mempengaruhi kinerja FI sebelumnya? Lebih parahnya rusak dan harus diganti baru?
    Mohon pencerahannya 😀

    ^_^

    Fb : Rif’an Undergod

  6. Batok Cb150 spt pedagang sate ayam, batok vixion l nopol pindah bawah dlam akan lebih cakep kalo g pake koyo

  7. ane pingin punya salah satunya…buat pake kerja, jarak tempuh sekali jalan 20km (40km pergi-pulang), jalur pantura, baiknya pilih mana ya, yang bisa diajak ngirit tapi juga bisa diajak wuuzz-wuzz kalau pas bangun kesiangan…makasih gan…

  8. Aku sudah 2,5 tahun pake CBR150R, sebelumnya pake Vixion lama, ternyata CB150R Streetfire jauh lebih mantap dan bebas getaran alias nyaman, dan sudah 2X tour dari Bali ke liling Malang dan seputar Jatim serta ke Jawa tengah kaki gunung lawu, wah sangat nyaman, untuk ngebut kecepatan 120m/h masih stabil dan nyaman…. coba aja.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s