Belum Bisa Tembus 100K, Suzuki Butuh Volume Maker Tambahan?

Ngomongin market share, nggak perlu panjang lebar lah… Honda tetap nomor wahid, dan Yamaha makin kokoh diposisi kedua. Sekian. Tapi, gimana dengan Suzuki?

Kiprah Suzuki di 2018

Suzuki GSX150 Bandit

Kalau dibandingkan era kegelapan Suzuki ditahun 2016 silam, 2 tahun belakangan ini memang terlihat ada kenaikan market share dari pabrikan asli Hamamatsu ini. Dari cuma 56 ribuan unit di 2016, naik ke 72 ribu unit di 2017, hingga akhirnya jadi 81 ribu unit sepanjang Januari – November 2018 (Desember belum kehitung lho ya).

Kesimpulan dari kacamata matematis? Lumayan.

Kesimpulan dari kacamata blogger partneran mereka? Gila. Luar biasa. Angka amazing!

Kesimpulan dari EA’s Blog? What a piece of sh*t, let’s get MOOOOREE!

Kenapa? Karena Suzuki bahkan belum mampu memecahkan angka penjualan tahun 2015 yang mencapai angka 105 ribuan unit. Angka yang didapat dengan HANYA mengandalkan Suzuki Satria F150 sebagai tulang punggung penjualan… Ayago hyper-underbone yang penjualannya langsung drop ketika Honda memperkenalkan Sonic 150R, plus blunder desain Satria Injeksi (meskipun mesinnya amazing).

Suzuki NEX II

Tahun 2018 lalu, Suzuki bukan hanya berdiam diri. Faktanya, mereka bahkan merilis 2 motor yang bisa disebut sebagai ‘volume maker’: Nex II & GSX150 Bandit. Meski yang disebutkan terakhir bisa dibilang sebagai epic fail di tahun lalu, tapi Nex II punya potensi yang lumayan.

Dan hal tersebut direfleksikan ke data market share Suzuki yang mulai mengalami kenaikan, dari yang sekitar 5 ribuan unit di periode Januari-Juni, menjadi rata-rata 9 ribuan unit periode Juli-November 2018. Sayang, saat ini AISI makin ‘pelit’ data soal distribusi per unit, jadi kita nggak bisa lihat mana produk yang memberikan progress kenaikan paling signifikan.

Menatap 2019?

Kalau melihat dari progress diatas, Suzuki tentu bisa memaksimalkan market share domestik menjadi lebih dari 100.000 unit pada tahun 2019 ini – bahkan bisa melewati catatan mereka pada 2015 lalu. DENGAN CATATAN, kalau distribusinya lancar kayak periode Juli-November 2018. Bye, Kawasaki!

Suzuki Nex II First Ride

Tapi kalau segitu terus ya susah dong mengembalikan nama besar Suzuki yang sekarang tenggelam oleh dominasi Honda & Yamaha? Iya nggak? Oke, Suzuki mungkin sulit mengembalikan market share mereka pra-2010 yang bahkan bisa tembus SEJUTA unit pertahun (penurunan Suzuki beneran crazy, isn’t it?)… Tapi ya 300-500K bukan hal mustahil lah!

Market Share Sepeda Motor Suzuki

Market Share Sepeda Motor Suzuki 2008 – 2018. Data via triatmono.info & blog AISI lain, klik untuk memperbesar

Hitung-hitung ambil 5-10% kue market share dari Honda, Yamaha, khususnya Kawasaki yang kelihatannya HARUS diberikan shock therapy.

New Volume Maker?

Suzuki Burgman 400

Ngarep jualan 500K tapi tanpa produk anyar? Sama saja seperti mengharap Aura Kasih dateng ke rumah kalian sambil pakai gincu tebal & dress merah… Mustahil! Dan bukan sekadar produk anyar, tapi Suzuki juga membutuhkan volume maker lainnya di 2019 ini.

Suzuki Burgman 400

Contohnya apa? Metik entry-level sudah, naked-bike 150cc sudah nggak bisa diapa-apain lagi… Jadi yang paling terdekat ya maxi-scooter! Mengingat konsumen Indonesia belakangan ini lebih suka yang berkesan premium, mahal, ekslusif – meskipun sisi ekslusifitasnya sendiri patut dipertanyakan karena tergolong pasaran dijalan.

Suzuki Burgman lokal? Silahkan tanyakan ke blogger yang sering dapet bocoran langsung dari manajemen PT. SIS.

Apapun produknya, saya sebagai blogger sih cuma bisa mengingatkan jangan lagi setengah-setengah dalam mendevelop produk baru. Desain keren, fitur mutakhir, pertahankan rideability & engine, plus harga setara kompetitor. And that’s it! Jangan lagi ada celah yang seperti desain GSX150 Bandit & fitur Nex II yang jadi bahan candaan.

Bahkan dengan keunggulan mutlak seperti yang disebutkan diatas, Suzuki tergolong masih punya poin minus lho… Ya, merknya bukan HONDA atau YAMAHA. Bagaimana cara mengembalikan nama besar mereka seperti era 2000-an silam? Nah, itu sebabnya EA’s Blog tulis artikel ini.

27 comments

  • sellu cadas seperti biasanya kang eno… mantabs!

  • goezman

    Saya termasuk yg kecewa suziku malah nelurin bandit bukannya burgman 180 itu

  • Firly

    masa masa paling susah suzuki dealernya udah pada tutup , mau keluarin GSX R250 telat tapi masih ada harapan jika harganya mepet mepet ke R25

  • Enang21

    Sebagai salah satu mantan pemakai Suzuki Shogun SP edisi pertama, bebek paling mantep di zaman nya, saya berharap Suzuki bs seperti dulu lg!!!!

  • sapudendennis

    Jaman smp pengen shogun sp (bebek paling keren di jamannya menurut saya), jaman sma pengen satria(thn 2010 booming bgt di daerah saya), jaman kuliah pengen gsxr150. Udah kerja duitnya dipake hal lain, blm keturutan euy pernah pake produk sijuki cuma thunder 125 waktu sma wkwk

    • mirip-mirip lek kisah kita, cuman kayaknya tuaan saya sitik, jaman 2007-2010an Shogun SP dan Satria paling gagah buat anak sekolah, sekarang??? what happened to Suzuki yang dulu berjaya?

      akibat Shogun jadi Axelo, Smash jadi Shooter, Skywave jadi Hayate atau Skydrive atau mboh lah, Let’s yg gagal, Nex yang cungkring…
      sekarang GSX-S dan bandit yang… ya gitulah.

      intinya sejak otomotif kita bergeser ke era matic, Suzuki gagal ngasih produk oke dan drop drastis,
      belom lagi sport nya yang telat melulu, giliran keluar modelnya ketinggalan jaman.
      contoh GSX150 keluar saat sport 150 mulai useless (orang pilih maxi-scoot, yang emang demen sport mending ambil kelas 250)
      nanti kelas 250 baru keluar ketika party is over, CBR aja cuman kebagian remah remah, hadeeh

  • Bobi

    Pernah mau satria fu tapi tidak keturutan gegara Vixion hehehe
    Tapi sebelum nya pernah make Shogun kebo yang sebelum sp,
    Suzuki itu masalahnya kurang diskusi aja sama customer nya jadi kalau men design ga melibatkan calon pembeli nya yang pada akhirnya ada banyak titik kekurangan yang bisa diterima sama calon pembeli nya, selebihnya bagus .

    • Suzuki Survei kok bang dengan “costumernya” . temen saya yang saya racunin biar beli motor satria fu fi satu tahun sebelum gsx r150 lahir dia ikutan kena survei tentang motor fairing suzuki dan dapet gantungan kunci dari kulit gratis wkwkkw . yah cuman itu masalahnya suzuki surveinya bukan ke calon costumen tapi ke costumer yang udah pake produk suzuki.

  • Miaw

    Sayangnya SIS lebih fokus ke export kayak TVS, jadi gini aja:
    1. Matic entry level 125 & 125 bagasi besar kayak address
    2. Maxi 150 tapi disain burgman 400 atau skywave 250
    3. Bebek 150 alias shogun mesin fufi buat export, sisanya buat sekedar ada disini
    4. Main moge lagi, biar dikit tapi tetap dicari
    5. Walaupun lagi down, masukin aja sport 250
    6. Motor Adventure, dikit2 tapi laku
    7. Trail dan supermoto 150 dan 250
    8. Tambah dealer, banyak yg mau beli tapi gak tau beli dimana
    9. Ini yg paling berat, disetujui orang2 hamamatsu. Jualan dikit tapi minta ini itu wkwkwk

  • krisandra

    masih menunggu satria facelift, biar sonic ikutan facelift juga wkwkwkwk

  • Tercydux

    No doubt, suzi emang plg joss mesinnya. Shogun 2002 punya adik saya aja masih no problem sampe skrg kecuali cat yg udah kemakan usia aja. Mesin? Masih ecess.. gsx r150 saya udah bolak balek ngasepin fairing 150 tetangga yg pake knalpot racing. Ngajakin bleyer2 di lampu merah tp ketinggalan jauh menanggung malu.

  • emblue

    Jualan gampang maintainya gmn? Ex suzi crystal dan shogun110 sy( motor terlaris di eranya) resale valuenya nyungsep bahkan legend fxr,satria120. Beda dgn motor sekelas merk sebelah, Bisa ga suzu niat mempertahankan eksistensinya? Itu aja dulu

  • goezman

    Btw kang eno, pernah coba poll kecil2an gak pake parameter jumlah komen ama hubungannya dgn penjualan? Misal kyk skrg bahas suziku relatif adem ayem berarti beginilah kira2 tanggapan mayoritas konsumen terhadap suziku. Trus waktu bahas esmosion jg n naked eksotis lainnya kyknya biasa aja. Tp giliran bahas merek/jenis/genre tertentu komentarnya rame. Yah walaupun misal cuma gontok2an. Berarti kan ada perhatian kesitu.

    Komen yang Di blog kang eno ini aja

  • Setdah

    Mantap…sadis tulisanya…
    Biar suzuki melek..

  • Zaqi47

    Kang, buat artikel tentang W175 biar KMI sadar :v #KamiSukaUlasanAnda :v

  • Hasbuy

    Kang eno, bahas MT 15 dong

  • tho

    matik gambot is a must.. jgn sampe ga punya sizuki… jgn lupa kl mau gempur gempuran trail bareng yamaha. masa honhon enak enak aja main trail mesin odong odong sendirian.. eh ada kawasaki dink..

  • Rick thorne

    Halo Suzuki…
    Address 115 udah bagus mesinnya, cuma tlng donk fitur penting…ban tubeless kek, charger usb. dijamin klo pinter ngejualnya bakalan laku dah.

    masa kalah sama beat, yg joknya bikin pantat mati rasa klo jalan jauh wkwkwk….

  • Slow rider

    Kang Eno…where are you ? Kok lama ngilang ?

  • Jadi teringat jaman Satria Fu jadi idaman para cabe-cabean dulu

  • Arjun

    Kang Eno, blog nya jangan ikut2an kaya juki dong, butuh volume maker juga. Saya sebagai pembaca setia, tiap pagi dan sore selalu kemari tp artikelnya blm muncul2 juga yg baru :v

  • Maxy

    Lho bukannya suzuki nex II desainnya selalu dibangga banggain blogger lain bang? Hahahahaha

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.